Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Profesi "Tersembunyi" yang Menyelamatkan Nyawa

Posted by On 1:32 AM


Infolabmed.com. Tulisan ini akan menggambarkan Kita, Ahli Teknologi Laboratorium Medik, yang bekerja dibelakang suatu tegaknya diagnosa terhadap pasien. Dan kitalah penentu obat dan tindakan apa yang akan diberikan kepada pasien. Kemarin, Admin mendapatkan share link tentang " The hidden profession that saves lives - Medical Laboratory Science (also called Clinical Laboratory Science) is one of the most under-recognized health professions – with excellent job prospects". ATLM mungkin yang belum banyak orang tahu, tapi posisinya sangat membantu dokter dalam menentukan diagnosa.


Tulisan tersebut di terbitkan oleh Rodney E. Rohde, PhD, dan Kami tidak akan menyajikannya dalam sebuah artikel lengkap bagaimana perjalanan karir beliau ketika memulai terjun sebagai Ahli Laboratorium Medik. Ketika kita lulus, ATLM di Indonesia juga harus tersertifikasi yaitu dengan mengikuti uji kompetensi, jika kita lulus maka akan diterbitkannya Surat Tanda Registrasi, dan di ikuti dengan penerbitan Surat Izin Praktek untuk ATLM. 

Ahli Laboratorium Medik, melibatkan pengujian laboratorium diagnostik dari A - Z. Para profesional ini melakukan segalanya dari memberikan hasil pengujian kanker Anda, melakukan uji antibiotik sehingga tidaka da kesalahan dalam meresepkan antibiotik yang benar, juga melakukan uji terhadap darah Anda ketika akan melakukan operasi. Ahli Ilmu Laboratorium Medik Profesional memberikan jawaban atas keputusan hidup dan mati setiap hari. 

Apa yang dimaksud dengan Profesional Laboratorium Medik?

Ilmuan Laboratorium medik (Medical Laboratory Scientists / MLS) dan Teknisi Laboratorium Medik (Medical Laboratory Technicians / MLT) - juga dikenal sebagai Ilmuan Laboratorium Klinik (Clinical Laboratory Scientists / CLS) - di Indonesia dikenal dengan Analis Kesehatan atau Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) - Melakukan pemeriksaan laboratorium pada sampel pasien  untuk memberikan informasi yang dubutuhkan untuk mendiagnosa atau memantau pengobatan. Sebagai contoh dalam pemeriksaan laboratorium medik adalah pemeriksaan untuk mendeteksi anemia, mendiagnosa diabetes dan radang tenggorokan, dan lain sebagainya.


Tugas para profesional Laboratorium Medik adalah :
- Dapat mengoperaskan alat secara komputerisasi
- Mengidentifikasi sel abnormal
- Menjamin transfusi darah yang aman terhadap pasien
- Dapat melakukan Kultur dan identifiaksi bakteri dan virus
- Hasil laboratorium yang dikelaurkan korelasi dengan kondisi pasien
- Memilih dan mengevaluasi peralatan laboratorium
- Memilih, mengiorientasi dan mengevaluasi karyawan
- Memonitor kualitas hasil laboratorium.

Apakah Profesi ATLM ini tepat Untuk Anda, ikuti Tips berikut ini :
- Memiliki minat yang kuat dalam science
- Menginginkan pekerjaan dalam bidang kesehatan, tapi sedikit kontak dengan pasien
- Menyukai tantangan dan tanggung jawab
- Suka untuk memecahkan masalah
- Dapat bekerjasama sebagai tim
- Berkerja dengan baik dibawah tekanan
- Selalu memotivasi diri
- menikmati pekerjaan dengan sistem komputer
- Bersedia bertahan untuk menemukan jawaban yang tepat.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »