Pemeriksaan Hitung Jumlah Trombosit Manual

Pemeriksaan Hitung Jumlah Trombosit. Hitung jumlah trombosit (platelet, PLT) adalah pemeriksaan untuk menentukan jumlah trombosit dalam 1 µl darah. satuan yang digunakan untuk hitung jumlah trombosit adalah Sel/mm3, x 10*3 sel/mL, x 10*6 sel/L.

Pemeriksaan Hitung Jumlah Trombosit Manual


Penentuan jumlah trombosit pada dasrnya sama dengan hitung jumlah eritrosit, sehingga cara yang dapat digunakan yaitu menggunakan hemoitometer (kamar hitung) pada kotak eritrosit atau secara otomatis menggunakan hematology analyzer. Pengenceran yang digunakan sama dengan hitung jumlah eritrosit, perbedaannya terletak pada penggunaan reagen.

Terdapat dua jenis reagen yang dapat digunakan dalam pemeriksaan hitung jumlah trombosit, yaitu reagen Rees Ecker atau Brech Cronkite. perbedaan reagen tersebut terletak pada kemampuan melisiskan sel selain trombosit dan kemampuan mewarnai sel trombosit.

Reagen Rees Ecker mengganung pewarna brilliant cresly blue (BCB), sehingga reagen ini dapat mewarnai sel trombosit tetapi tidak melisiskan sel selain trombosit. tingkat kesalahan pemeriksaan menggunakan Reagen Rees Ecker berkisar dari 16% sampai 25%. Reagen Brecher Cronkite dipasarkan sebagai larutan Amonium Oksalat 1% karena reagen tersebut mengganung Amonium Oksalat 1% yang digunakan sebagi larutan pengencer dan berfungsi melisiskan sel. Hasil penggunakan amonium oksalat 1% memberikan hasil tanpa adanya sel eritrosit karena dilisiskan dan trombosit tampak jernih. Tingkat kesalahan pengenceran ini lebih kecil dibandingkan denagn Reagen Rees Ecker karena hanya berkisar antara 8 sampai 10%.

Prinsip kerja
darah ditambah dengan Ammonium Oxalat 1%, maka sel-sel trombosit akan lisis.

Tujuan
  1. Menentukan jumlah trombosit.
  2. Memantau jumlah trombosit selama pengobatan.
Cara Kerja
  • Metode Haemometer
  1. dengan mempergunaka Pipet Thoma Eritrosit, Isap darah sampai tanda 1,0, bersihkan sisa darah pada bagian pinggir pipet dengan kertas tissue.
  2. Kemudian isap larutan ammonium oksalat 1% secara perlahan-lahan sampai tanda 101. hati-hati jangan sampai ada gelembung udara.
  3. Angkatlah pipet dari cairan. Lepaskan karet penghisap, dan pegang pipet dengan jari telunjuk dan ibu jari.
  4. Kocok Campuran darah-larutan ammonium oksalat 1% dalam pipet tersebut perlahan-lahan, dengan gerakan membuat angka delapan, selama beberapa kali.
  5. Penganceran ; Jumlah seluruh cairan yang turut mengencerkan darah dibagi jumlah darah yang dihisap, yaitu : 100:1 = 100 kali.
  • Metode Tabung
  1. Disiapkan alat dan Bahan
  2. Ditambahkan Reagen Ammonium Oksalat 1% 490 µl
  3. Dimasukkan Reagen Ammonium Oksalat 1% kedalam tabung steril dan bersih
  4. Diambil 10 µl darah EDTA dengan menggunakan mikropipet
  5. Dimasukkan darah EDTA kedalam tabung yang sudah berisi  Reagen Ammonium Oksalat 1%, Dihomogenkan
  6. Dari tabung dimasukkan ke kamar hitung
  • Mengisi Kamar Hitung
  1. Kamar hitung harus dalam keadaan bersih dan kering
  2. Letakan kaca penutup kamar hitung pada tempatnya. Buang 3-4 tetes pertama pada pipet eritrosit
  3. Isi kamar hitung dengan menyentuhkan ujung pipet ke pinggir kaca penutup sampai terlihat cairan menutup seluruh sisi sebelah dalam bilik
  4. Kamar hitung setelah diisi dimasukkan kedalam cawan petri tertutup yang telah berisi kapas basah dan biarkan selama 20 menit agar trombosit dalam kamar hitung mengendap
  5. Menghitung Jumlah trombosit yang ada pada bidang besar yang ditengah (sama dengan 25 bidang ukuran 0,2x0,2 mm). Sehingga volume yang dihitung adalah luas bilik yang dihitung x tinggi kamar hitung = 1mm2 x 0,1 mm3 = 0,1 µl

Foto: Infolabmed.com
Perhitungan
∑  Trombosit yang dihitung x faktor pengenceran
      Volume yang dihitung
Keterangan :
  • Jumlah trombosit yang dihitung misalkan : N
  • Volume yang dihitung : 0,01 µl
  • Faktor pengenceran a perbandingan jumlah seluruh cairan dalam pipet thoma eritrosit yang mengencerkan darah, dengan jumlah darah yang dihisap yaitu : 100 : 1 = 100, darah yang dipipet 10 µl dengan 490 µl = 10 : 500 = 500 : 
sehingga :
Jumlah trombosit / µl =   N   x 100 atau
                                       0,1
Perhitungan Metode Haemometer : 
Jumlah trombosit /  µl = 1000 N

Jumlah trombosit / µl =   N   x 50 atau
                                       0,1
Perhitungan Metode Tabung :
Jumlah trombosit /  µl = 500 N

Nilai Rujukan :
  1. Prematur            : 100.000 - 300.000 sel/mm3
  2. Bayi Baru Lahir : 150.000 - 300.000 sel/mm3
  3. Bayi                    : 200.000 - 475.000 sel/mm3
  4. Dewasa               : 150.000 - 400.000 sel/mm3
Sumber
  1. Nugraha, G & Badrawi, I. 2018. Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik. Trans Info Media : Jakarta 
  2. Oktafirani, A. 2015. Hand Out AAK AN Nasher. Cirebon

Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dan Imaduddin Badrawi, Amd.AK. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" 
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.