Tes Coomb's [Persiapan Pasien, Prinsip, Alat dan Bahan, Cara Kerja, Interpretasi Hasil]

Tes Coomb's [Persiapan Pasien, Prinsip, Alat dan Bahan, Cara Kerja, Interpretasi Hasil]Tes Coomb's diindikasikan pada pasien dengan dugaan Anemia Hemolitik Autoimun (AIHA). AIHA adalah kelainan yang ditandai oleh pemendekan umur eritrosit yang disebabkan oleh adanya antibodi dalam serum penderita yang bereaksi dengan eritrosit penderita itu sendiri. Autoantibodi tersebut dapat berupa imunoglubulin G (IgG) atau imunoglobulin M (IgM).
Tes Coomb's

Persiapan pasien : Catat daftar obat yang sedang dikonsumsi pasien. Obat yang dapat mempengaruhi tes ini adalah : penisilin, sefalosporin, antihipertensi dan lain-lain.

Persiapan sampel : hindari sampel hemolisis, sampel darah dengan antikoagulan natrium sitrat 3,8%. Tes sebaiknya dilakukan selambatnya 2 jam.

Prinsip : Penambahan serum Coomb's (serum hewan yang mengandung antibodi spesifik terhadap globulin manusia) pada eritrosit yang tersensitisasi / eritrosit yang terbungkus dengan imunoglobulin atau komplemen akan menimbulkan suatu aglutinasi.

Alat dan bahan :
Alat : Tabung reaksi
           Pipet tetes
           Sentrifus
           Inkubator
           Kaca obyek dan kaca penggeser
Bahan : Darah sitrat (1:9)
            Larutan NaCl fisiologis (0,9%)
            Reagen Coomb's

Cara kerja :
  1. Sebanyak 0,5 ml darah yang diperiksa dimasukkan ke dalam tabung reaksi
  2. Lakukan pencucian eritrosit 4 kali berturut-turut dengan setiap kali dilakukan sentrifus kemudia plasma dibuang.
  3. Buatlah suspensi eritrosit yang tertinggal dalam tabung setelah sentrifus terakhir dengan menambah sekian banyak NaCl fisiologis sampai suspensi eritrosit mempunyai nilai hematokrit 2%.
  4. Ke dalam tabung 75 x 10 mm, masukkan 1 tetes suspensi tadi kemudian tambahkan dengan 2 tetes reagen Coomb's.
  5. Campur kemudian inkubasikan pada suhu 37^0C selama 30-50 menit
  6. Kocok dengan hati-hati tabung tersebut lihat adanya aglutinasi, konfirmasikan dengan menggunakan mikroskop
  7. Jika hasilnya negatif lakukan sentrifus kembali dengan 1000 rpm selama 1 menit
  8. Periksa kembali adanya aglutinasi seperti langkah 6
  9. Bandingkan hasil tes dengan kontrol positif dan kontrol negatif.

Nilai rujukan : Negatif

Terjadi aglutinasi membuktikan adanya antibodi yang melapisi eritrosit. 
Tes Coomb's positif ditemukan pada :
  • Penyakit hemolitik pada bayi baru lahir Anemia hemolitik autoimun
  • Anemia hemolitik karena obat-obatan Reaksi transfusi hemolitik

Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dan Imaduddin Badrawi, Amd.AK. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" 
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.