Pewarnaan Kapsul Metode Burry Gins

Pewarnaan Kapsul Metode Burry Gins. Kapsula merupakan lapisan polimer yang terletak diluar dinding sel, jika lapisan polimer ini terletak berlekatan dengan dinding sel maka lapisan ini disebut kapsula. Tetapi jika polimer atau pilisakarida ini tidak berlekatan dengan dinding sel maka lapisan ini disebut lendir.
Pewarnaan Kapsul Metode Burry Gins

Bakteri merupakan organisme prokariot. Umumnya ukuran bakteri sangat kecil, bentuk tubuh bakteri baru dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop dengan pembesaran 100x atau lebih. Sel bakteri memiliki panjang yang beragam, beberapa spesies dapat berukuran 100 kali lebih panjang daripada sel spesies yang lain. Bakteri merupakan makhluk hidup dengan ukuran antara 0,1 sampai 0,3 μm. Bentuk bakteri bermacam – macam yaitu elips, bulat, batang dan spiral.

Pewarnaan bakteri bertujuan untuk memudahkan melihat bakteri dengan mikroskop, memperjelas ukuran dan bentuk bakteri, untuk melihat struktur luar dan struktur dalam bakteri seperti dinding sel dan vakuola, menghasilkan sifat-sifat fisik dan kimia yang khas daripada bakteri dengan zat warna, serta meningkatkan kontras mikroorganisme dengan sekitarnya (Kusnadi,2014).

Prinsip Kerja
Kapsul pada kuman tidak dapat mengikat zat warna, sehingga pada pemberian cat tinta cina dan carbol fuchsin terlihat bulatan terang atau transparan dengan latar belakang gelap dan badan kuman berwarna merah dari fuchsin.

Cara Kerja

  1. Disiapkan 2 buah objek glass yang bersih dan bebas lemak
  2. Difiksasi diatas nyala api
  3. Pada ujung sebelah kanan dari objek glass, letakan 1 ose suspensi bakteri
  4. Pada suspensi itu ditambahkan 1 ose tinta cina campurkan sampai homogen
  5. Dengan ujung objek glass yang lain, buat hapusan, dibiarkan kering dan fiksasi
  6. Digenangi dengan carbol fuchsin selama 1 menit
  7. Sisa cat dibuang dan sediaan dikeringkan diudara dengan posisi miring, atau  diserap dengan kertas tissue
  8. Diperiksa dibawah mikroskop dengan perbesaran 10x & 100x
Pewarnaan Kapsul Metode Burry Gins
Foto : https://paramedicsworld.com



Interpretasi hasil
Didapatkan hasil pengecatan, Kapsul bakteri tidak berwarna, badan bakteri berwarna merah, latar belakang sedikit hitam.

Bakteri Pneumococcus berbentuk coccus (bulat), bersifat kapsul positif, badan bakteri berwarna merah, dengan susunan berpasangan.




Sumber : 
  1. Arniansyah, E. 2016. Jurnal Praktikum Bakteriologi I. Akademi Analis Kesehatan An Nasher :  Cirebon
  2. Azizah, N. 2015. Pewarnaan Negatif dan Pewarnaan Kapsul. [Online]. Tersedia : https://www.academia.edu/11875566/pewarnaa_bakteri (15 Agustus 2019)
  3. Hendro. 2012. Pewarnaan Kapsul Bakteri. [Online]. Tersedia : http://analisbantul.blogspot.com/2012/09/pewarnaan-kapontosul-bakteri.html. (15 Agustus 2019)
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.