Pemeriksaan Hitung Jumlah Eritrosit Metode Kamar Hitung

Pemeriksaan Hitung Jumlah Eritrosit Metode Kamar Hitung. Eritosit adalah jenis sel darah yang paling banyak dan berfungsi mengikat oksigen yang diperlukan untuk oksidasi jaringan-jaringan tubuh lewat darah dalam hewan bertulang belakang. Terdapat kira-kira 5 juta sel darah merah per mm3. Bagian dalam eritrosit terdiri dari hemoglobin, sebuah biomolekul yang dapat mengikat oksigen. Hemoglobin akan mengambil oksigen dari paru-paru dan insang, dan oksigen akan dilepaskan saat eritrosit melewati pembuluh kapiler. Warna merah sel darah merah sendiri berasal dari warna hemoglobin yang unsur pembuatnya adalah zat besi. Pada manusia, sel darah merah dibuat di sumsum tulang belakang, lalu membentuk kepingan bikonkaf. Di dalam sel darah merah tidak terdapat nukleus. Sel darah merah sendiri aktif selama 120 hari sebelum akhirnya dihancurkan. 

Pemeriksaan Hitung Jumlah Eritrosit Metode Kamar Hitung

Hitung jumlah eritrosit (red blood cell, RBC) adalah pemeriksaan untuk menentukan jumlah eritrosit dakam 1 µl. Satuan yang digunakan untuk hitung jumlah eritrosit adalah sel/mm3, sel/µl, x 10*3 sel/mL, x 10*6 sel/L.

Penentuan jumlah eritosit pada dasarnya sama dengan hitung jumlah Leukosit, sehingga cara yang dapat digunakan yaitu menggunakan hemositometer (kamar hitung) atau secara otomatis menggunakan hematology analyzer. Perbedaan terletak pada pengenceran dan penggunaan reagen. Hitung jumlah eritrosit menggunakan reagen Hayem.

Larutan pengenceran Hayem tersusun dari berbagai macam garam sehingga menghasilkan kondisi yang isotonis yang dapat mempertahankan eritrosit agar tidak lisis, akan tetapi ketika homogenisasi dengan pengenceran, perlu kehati-hatian dalam pengocokan karena eritrosit mudah lisis.

Prinsip Kerja
Darah diencerkan dengan larutan Hayem, maka sel-sel selain sel eritrosit akan lilis

Tujuan
  1. Menentukan jumalh eritrosit dalam darah
  2. Memantau jumlah eritrosit dalam darah
Alat dan Reagen
  1. Hemositometer Improved Neubauer
  2. Mikroskop
  3. Mikropipet
  4. Tabung Reaksi
  5. Larutan Hayem, Terbuat Dari : Natrium Sulfat 2,05 Gram, Natrium Chlorida 0,5 Gram, Mercuri Chlorida 0,25 Gram, Aquades add 10 mL
Cara Kerja
  • Metode Tabung
  1. Disiapkan alat dan Bahan 
  2. Diambil 2990 µl Reagen Hayem dengan menggunakan mikropipet
  3. Dimasukkan Reagen Hayem kedalam tabung Reaksi steril dan bersih
  4. Ditambahkan 10 µl darah EDTA dengan menggunakan mikropipet
  5. Dimasukkan darah EDTA kedalam tabung yang sudah berisi  Reagen Hayem, Dihomogenkan
  6. Dari tabung dimasukkan ke kamar hitung
  • Menghitung Sel Eritrosit
  1. Hitung eritrosit dibawah mikroskop dengan pembesaran 40 kali
  2. Hitung eritrosit pada 16m kotak kecil, dengan ukuran 0,05 mm x 0,05 mm pada 5 kotak sedang eritrosit dengan ukuran 0,20 mm x 0,20 mm (bagian tengan kamar hitung). Bagian kotak sedang yang dihitung adalah kanan atas, kanan bawah, kiri atas, kiri bawah dan tengan.
  3. Eritrosit dihitung secara zig-zag dengan aturan kiti-atas atau kanan-bawah.
Foto : Infolabmed.com

Perhitungan 
Jumlah Sel Eritrosit Per mm3 = P x V x N
dimana :
P : Pengenceran
     Rumus Pengenceran = Jumlah Larutan Turk yang dipipet + Jumlah darah EDTA yang dipipet
                                                      Jumlah darah EDTA yang dipipet
: Volume Bilik Hitung
      Rumus Volume = P x L x T x Jumlah kotak
                                =  1  mm x  1  mm x  1   x 5
                                    5             5             10
                                =   5     =   250 / mm3
                                   250          5
N : Jumlah Sel Eritrosit yang dihitung

Nilai Rujukan
  1. Bayi Baru Lahir : 4,8 - 7,2 Juta sel/mm3
  2. Anak                  : 3,8 - 5,5 Juta sel/mm3
  3. Pria Dewasa      : 4,6 - 6,0 Juta sel/mm3
  4. Wanita Dewasa : 4,0 - 5,0 Juta sel/mm3
Sumber
  1. Anonym. 2020. Sel Darah Merah. Tersedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Sel_darah_merah 
  2. Nugraha, G & Badrawi, I. 2018. Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik. Trans Info Media : Jakarta 
  3. Oktafirani, A. 2015. Hand Out AAK AN Nasher. Cirebon
Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dan Imaduddin Badrawi, Amd.AK. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" 
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.