Total Pageviews

Check Page Rank

Prodi Magister (S2) Sains Laboratorium Medik UNIMUS Tinggal Menunggu Izin Menristekdikti

Posted by On 7:16 AM


 
Kampus Unimus
Infolabmed. Seperti dikutip dari halaman Unimus, Pada tahun 2016 Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) melalui  “Lokakarya Pendirian Magister Terapan Teknologi Laboratorium Medik” menginisiasi pendirian Magister Teknologi Laboratorium Medik (TLM) yang dihadiri oleh beberapa elemen penting seperti Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti (Dr. Totok Prasetyo, B. Eng., MT.), Ketua DPP PATELKI saat itu adalah (Entuy Kurniawan, S.Si., MKM.), dan Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Analis Kesehatan Indonesia (Dra. Estu Lestari, MM.), kegiatan lokakarya dibuka oleh Rektor Unimus (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.) didampingi Dekan FIKKES Unimus (Edy Soesanto, SKp., M.Kes.).



Diatur dalam Permenkes no. 42 tahun 2015 mengenai aspek kewenangan ahli teknologi laboratorium medik yaitu melakukan verifikasi dan validasi hasil pemeriksaan laboratorium, sehingga kompetensi lanjut berupa kemampuan menganalisis metoda pemeriksaan sangat dibutuhkan dan hal ini dapat diperoleh melalui pendidikan lanjut Magister terapan

Profil Magister Teknologi Laboratorium Medik (TLM) terdiri dari peneliti terapan, konselor bidang teknologi laboratorium medik, inovator, manager laboratorium medik, dan tenaga pendidik.

Setelah di inisiasi oleh UNIMUS, seperti kami kutip dari halaman berita Tribun Jateng, Rabu (23/5/2018), menurutnya, saat ini pihaknya hanya tinggal menunggu diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Menteri Ristekdikti RI Prof Mohamad Nasir.  

“Tahun ini rencananya, kami akan resmi membuka prodi baru yakni Prodi Magister (S2) Sains Laboratorium Medik. Prodi itu sudah disetujui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI,” kata Wakil Rektor I Dr Sri Darmawati.



“Jika SK tersebut kami peroleh, itu bakal menjadi program studi pertama di Indonesia dan ada di Unimus. Mohon doa restunya. Di sela waktu menunggu SK terbit, kami juga sedang mempersiapkan pendirian 3 prodi baru,” jelasnya.

Demikian Infolabmed merangkum berita adanya pendirian pendidikan lanjutan yang dilakukan oleh organisasi profesi ATLM yaitu PATELKI untuk menginisiasi adanya program magister (S2) yang saat ini bekerjasama dengan kampus UNIMUS. 

Bravo ATLM Indonesia.

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Baca juga :
  1. Sebuah Terapi Gen dapat Memicu Detak Jantung yang Sehat  
  2. Meningkatkan Efek Vitamin D untuk Mengatasi Diabetes 
  3.  Bagaimana Sinyal Masuk ke dalam Sel Kanker dan Memacu Pertumbuhan Secara Agresif 
  4. Studi Kasus Mikrobiologi: Pria Berusia 51 Tahun dengan Pembengkakan di Jarinya
  5. Studi Kasus Kimia: Hiperkalsemia dalam Sarcoidosis 


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »