Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Bagaimana Sinyal Masuk ke dalam Sel Kanker dan Memacu Pertumbuhan Secara Agresif

Posted by On 5:40 PM


 Sofia Merajver, MD, PhD

Infolabmed. Bagian luar sel kanker dibombardir oleh sebuah sinyal. Sinyal tersebut berasal dari sistem kekebalan tubuh, jaringan pendukung dan struktur lainnya. Tetapi bagaimana sinyal-sinyal itu berdampak pada kanker?

Sebuah penelitian terbaru memberikan sebuah model yang mengejutkan dari sebuah proses dimana sinyal-sinyal tersebut masuk dan mempengaruhi sel. Temuan itu bisa membuka paradigma baru yang potensial untuk mengejar terapi baru melawan kanker.



“Bagaimana sinyal-sinyal itu memasuki bagian dalam sel dan mempengaruhi berbagai aspek utama dari apa yang membuat sel normal menjadi sel kanker: respon dan kemampuannya untuk melakukan responnya dengan berkembang biak dan bergerak. Kami telah menemukan hubungan antara sel kanker melakukan 'swallowing' molekul tertentu dan kemampuannya untuk mengaktifkan gen supresor tumor,” menurut peneliti ini, Sofia Merajver, MD, PhD, profesor penyakit dalam dan epidemiologi di University of Michigan.

Laboratorium Merajver di Rogel Cancer Centre bekerja sama dengan Michigan Engineering team yang dipimpin oleh Allen Liu, Ph.D., dan peneliti lain yaitu postdoctoral Luciana Rosselli-Murai, PhD. Mereka fokus pada protein yang disebut clathrin, yang mempengaruhi bagaimana metabolit, hormon dan protein lainnya masuk ke dalam sel. Clathrin-coated  membentuk sedikit lekukan ke dalam pada permukaan sel yang melipat pada diri mereka sendiri dan menginternalisasi molekul-molekul ini.

Dalam studi ini, yang diterbitkan dalam Journal of Cell Science, para peneliti mengamati sel-sel kanker payudara yang tidak mengekspresikan PTEN, sebuah protein yang diketahui termutasi atau dihapus sekitar sepertiga dari kanker payudara. Para peneliti tersebut menemukan PTEN memainkan peran penting dalam dinamika lubang Clathrin-coated.  Dengan mengubah dinamika ini dengan menghapus PTEN menghasilkan lubang  shorter-lived.

Lubang clathrin-coated yang tidak hidup lebih dari 20 detik secara historis dianggap tidak penting. Tetapi kami menemukan bahwa itu adalah yang penting untuk membawa sinyal dari luar sel ke dalam sel,” menurut peneliti Joel Yates, PhD, seorang ilmuwan peneliti di lab Merajver.

Banyak kanker berkembang karena masalah sinyal sel. Sinyal harus keluar dari luar sel ke nukleusnya untuk menghasilkan protein. Jika sinyal diubah, itu mengubah apa yang dibuat sel, yang kemudian mengubah bagaimana sel tumbuh. Studi ini menemukan bahwa lubang atau lorong short-lived clathrin-coated digunakan untuk membantu mengendalikan sinyal yang memasuki sel. Selain itu, PTEN mengubah sinyal dari lubang clathrin-coated yang membuat kanker lebih agresif.

“Pekerjaan kami memberikan bukti yang menantang paradigma saat ini bahwa lubang short-lived clathrin-coated adalah abortive structures, selain itu Kami juga menemukan bahwa alih-alih mereka dapat mampu mendorong sinyal tersebut,” kata Liu, asisten profesor teknik mesin dan teknik biomedis di U-M.



PTEN dan gen penekan tumor lainnya adalah target yang diinginkan untuk terapi kanker, tetapi mereka telah terbukti sulit dipahami: belum ada obat yang ditemukan untuk mengembalikan fungsi gen yang bermutasi atau yang dihapus ini. Para peneliti berharap bahwa dengan memahami peran PTEN pada tingkat mekanistik - apa langkah-langkah yang menyebabkan PTEN untuk memodulasi bagaimana sel-sel kanker berkomunikasi dengan luar sel - itu bisa memberikan pendekatan baru untuk menargetkan konsekuensi dari penurunan fungsi penekan tumor kritis ini. .

“Temuan ini membuka pandangan baru terhadap peran potensial PTEN tentang bagaimana kanker memodulasi dunia luar dan seberapa agresif yang mereka dapatkan. Ini berpotensi membuka cara berpikir baru tentang cara menyerang kanker dan mencegahnya menjadi lebih agresif, ”kata Merajver.

Para peneliti berencana untuk melihat sinyal pada kanker jenis lain di mana PTEN berperan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dampak pensinyalan ini. (Sumber : mlo-online)

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Baca juga :
  1. Berita Pekan TLM 2018 DPW Patelki Lampung   
  2. Semarak Pekan TLM 2018 DPC PATELKI Makassar  
  3. Para Peneliti Menemukan 44 Variasi Gen Penyebab Depresi  
  4. Sebuah Terapi Gen dapat Memicu Detak Jantung yang Sehat  
  5. Meningkatkan Efek Vitamin D untuk Mengatasi Diabetes 


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »