Total Pageviews

Check Page Rank

Persiapan Pemeriksaan Laboratorium Medik ; Peran Anda

Posted by On 2:22 AM



Infolabmed.com. Salah satu faktor paling penting dalam menentukan akurasi dan keakuratan pemeriksaan laboratorium Anda adalah Anda, pasien. Kemudian setelah itu adalah sampel dari tubuh Anda (darah, urine, atau spesimen lain) di mana pemeriksaan akan dilakukan. Oleh karena itu, adalah penting bahwa Anda melakukan hal berikut untuk memastikan bahwa hasilnya akan berguna dan diinterpretasikan dengan benar oleh penyedia layanan kesehatan Anda :

Perilaku tertentu dapat mempengaruhi beberapa hasil pemeriksaan, seperti setelah berolahraga atau berlebihan, tidak mengambil cukup cairan (dehidrasi), makan berlebihan, atau aktivitas seksual baru-baru ini. Anda mungkin diminta untuk menahan diri dari beberapa kegiatan ini untuk pemeriksaan tertentu.

Perlu dicatat bahwa banyak tes tidak memerlukan persiapan khusus. Tetapi bagi mereka yang melakukan, pastikan untuk mematuhi petunjuk yang diberikan. Jika Anda tidak memahami instruksi petugas laboratorium, ajak saudara atau kerabat untuk memastikan instruksi yang diterima adalah benar. Jika Anda tidak diberikan instruksi oleh petugas sebelum melakukan pemeriksaan, harap tanyakan terlebih dahulu kepada petugas apakah ada persiapan khusus pada pemeriksaan yang akan dilakukan.

Persiapan pemeriksaan laboratorium yang umum dilakukan adalah fasting (puasa) selama beberapa jam atau semalam sebelum pemeriksaan dilakukan. Pada pemeriksaan tertentu, mungkin Anda akan diharuskan untuk menambah atau mengurangi  jumlah yang Anda minum selama 10 sampai 12 jam sebelum dilakukan pemeriksaan. 

Mungkin Ada makanan  atau obat - obatan tertentu yang perlu Anda hidnari. Atau Anda akan diminta untuk tidak merokok sebelum dilakukan pemeriksaan, bahkan dilarang untuk menikmati teh herbal favorit Anda untuk sementara waktu.Jika Anda mengumpulkan sampel di rumah (Urin, tinja, atau air mani) Anda dapat meminta prosedur cara penanganan/pengiriman sampel dari rumah ke laboratorium pada petugas. 

Beberapa contoh dibawah ini pemeriksaan laboratorium yang memerlukan persiapan lanjuta, yaitu : 
  • Glukosa Toleransi, Puasa, 2 jam setelah makan (2 JPP) ; diperlukan persiapan Puasa atau makan pada waktu tertenu. 
  • Serum lipid (trigliserida, kolesterol, dll): diperlukan puasa selama 9-12 jam.
  • Pemeriskaan Darah Samar pada feses : makanan tertentu dan / atau pembatasan obat mungkin diperlukan. 
  • Kortisol ; melakukan jeda sebelum dilakukan pemeriksaan dan, jika yang dikumpulkannya adalah sampel air liur, mungkin jangan dulu untuk makan ataupun minum, menyikat gigi sampai dilakukannya pemeriksaan. 

Sebagai penyedia informasi media online, Kami tidak menganjurkan Anda untuk sepenuhnya mengambil informasi yang ada pada website ini. Kami menyarankan agar Anda mengikuti anjuran dokter Anda sebelum melakukan pemeriksaan laboratorium, dikarenakan setiap pemeriksaan laboratorium berbeda cara mempersiapkannya. 

Akhirnya, dengan pemeriksaan laboratorium, seperti aspek lain dari perawatan medik, sangat penting bagi Anda utnuk terbuka dan jujur pada penyedia layanan kesehayan yang Anda kunjungi. Seperti Anda harus memberikan informasi Anda secara lengkap, kesehatan, dan riwayat keluarga, Anda juga harus menginformasikan kepada petugas obat - obatan yang terakhir Anda konsumsi, ataupun suplemen dan atau vitamin karena hal ini dapat berpengaruh pada hasil tes Anda. 

 


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »