Menu

Pemeriksaan Laju Endap Darah (LED) Cara Wintrobe

Saturday, July 20, 2019

Pemeriksaan Laju Endap Darah (LED) Cara Wintrobe. Laju endap darah (LED) adalah mengukur kecepatan sendimentasi sel eritrosit di dalam plasma. Satuannya mm/jam. Hasil pemeriksaan LED dapat dilakukan dengan dua metode yaitu metode westergren dan metode wintrobe. Kedua metode tersebut sebenarnya tidak seberapa selisihnya jika nilai LED masih dalam batas normal. Tetapi jika nilai LED meningkat, maka hasil pemeriksaan dengan metode Wintrobe kurang menyakinkan. 
Pemeriksaan Laju Endap Darah (LED) Cara Wintrobe

Dengan metode Westergreen bisa didapat nilai yang lebih tinggi, hal itu disebabkan panjang pipet Westergreen yang dua kali panjang pipet Wintrobe. Kenyataan inilah yang menyebabkan para klinisi lebih menyukai metode Westergren daribada metode Wintrobe. Selain itu, International Commitee for Standardization in Hematology (ICSH) merekomendasikan untuk menggunakan metode Westergren.

Pre Exam Pemeriksaan Laju Endap Darah (LED) Cara Wintrobe

Persiapan Penderita: tidak memerlukan persiapan khusus
Persiapan sampel: Darah EDTA
Prinsip: mengukur kecepatan sendimentasi sel eritrosit di dalam plasma. Satuannya mm/jam.
Alat dan bahan: 
     a. Tabung Wintrobe  
     b. Pipet Kapiler

Exam Laju Endap Darah (LED) Cara Wintrobe

  1. Campur isi spesimen baik-baik supaya homogen
  2. Isilah tabung Wintrobe dengan pipet kapiler sampai tanda 0
  3. Letakkan tabung pada rak dengan posisi tepat tegak lurus
  4. Biarkan selama 1 jam. Setelah tepat 1 jam, catatlah penurunan eritrosit dalam mm/jam
Tabung Westergren Cara Wintrobe
Tabung Westergren Cara Wintrobe

Post Exam Pemeriksaan Laju Endap Darah (LED) Cara Wintrobe

Nilai rujukan :
- Laki-laki : 0– 20 mm/jam
- Perempuan: 0– 15 mm/jam

Faktor yang Mempengaruhi Temuan Laboratorium

  • Faktor yang meningkatkan LED - Kehamilan (trimester kedua dan ketiga); menstruasi; obat (Lihat Pengaruh Obat); keberadaan kolesterol, fibrinogen, dan globulin.
  • Faktor yang mengunangi LED: bayi baru lahir (penurunan kadar fibrinogen); obat (lihat Pengaruh Obat); gula darah tinggi, albumin serum; dan fospolipid serum.
Sumber : 
Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

Contact Form

Name

Email *

Message *