Menu

Nilai Normal Hitung Jenis Leukosit [Diffcount]

Tuesday, July 2, 2019

Nilai Normal Hitung Jenis Leukosit [Diffcount]. Leukosit (Sel Darah Putih, White Blood Cell) merupakan bagian dari komponen darah yang berfungsi dalam membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Jumlah leukosit dapat meningkat yang disebut sebagai Leukositosis. Leukosit yang meningkat menandakan adanya suatu proses infeksi atau reaksi radang akut, seperti pada keadaan pneumonia atau radang paru-paru, meningitis atau radang selaput otak, apendiksitis atau radang usus buntu, tonsilitis, tuberkulosis (TBC), dan peradangan lainnya. 
Nilai Normal Hitung Jenis Leukosit [Diffcount]
Nilai Normal Hitung Jenis Leukosit [Diffcount]

Pemeriksaan Leukosit

Leukosit dapat diperiksa di laboratorium klinik baik laboratorium sederhana ataupun laboratorium canggih. Pemeriksaan leukosit membutuhkan spesimen darah lengkap yang dicampur dengan zat additif yang umumnya digunakan adalah EDTA. 

Untuk pemeriksaan secara manual, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan untuk pemeriksaan dengan menggunakan alat canggih, hematology autoanalyzer biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit. Proses pengerjaan ini berlaku untuk satu spesimen, jika spesimen yang diperiksa banyak, kemungkinan waktu selesai pengerjaannya juga akan bertambah. 

Satuan leukosit dinyatakan dalam jumlah sel/mm3. Sedangkan nilai rujukkan leukosit untuk dewasa yaitu 4.000 - 10.000 sel/mm3. 

Nilai Normal Hitung Jenis Leukosit [Diffcount]

Hitung jenis leukosit adalah penghitungan jenis leukosit yang ada dalam darah berdasarkan proporsi (%) tiap jenis leukosit dari seluruh jumlah leukosit. Tipe leukosit yang dihitung ada 5 yaitu basofil, eosinofil, neutrofil, monosit, dan limfosit (Price,1992) .

Untuk melakukan hitung jenis leukosit, pertama membuat sediaan apus darah yang diwarnai dengan pewarna Giemsa, Wright atau May Grunwald. Amati di bawah mikroskop dan hitung jenis-jenis leukosit hingga didapatkan 100 sel. Tiap jenis sel darah putih dinyatakan dalam persen (%) (Hoffbrand,2012).

Nilai Normal Hitung Jenis Leukosit [Diffcount]
Nilai Normal Hitung Jenis Leukosit [Diffcount]

Pemeriksaan hitung leukosit total atau hitung jenis leukosit ini dapat menjadi bagian pemeriksaan Darah Lengkap dalam Pemeriksaan Kesehatan. Selain itu, pemeriksaan hitung jenis leukosit ini dapat membantu diagnosis suatu penyakit dan memonitor pada penyakit atau kondisi yang dapat mempengaruhi nilai satu atau lebih dari jenis leukosit dengan melihat jumlah dari sel darah putihnya, apakah lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai normal/rujukkan yang ada.

Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

Contact Form

Name

Email *

Message *