Pemeriksaan Laju Endap Darah (LED) (Darah) (Westergren)


Laju Endap Darah (LED) digunakan untuk mengukur kecepatan endap eritrosit dan menggambarkan komposisi plasma serta perbandingannya antara eritrosit dan plasma. Ada tiga fase LED, yaitu fase pengendapan lambat pertama yang terjadi 1-30 menit, beberapa menit setelah pemeriksaan dimulai, eritrosit dalam keadaan melayang-layang sehingga sulit menurun. Fase pengendapan cepat yang terjadi 30-60 menit, terjadi setelah sel darah saling berikatan membentuk rouleaux. Permukaan relatif kecil dan massa menjadi lebih berat. Fase pengendapan lambat kedua yang terjadi 60-120 menit, terjadi setelah sel darah mengendaap, menempat didasar tabung.
 

Metode     : Westergren   
Prinsip     
Mengukur kecepatan pengendapan sel darah merah didalam plasma. Satuannya adalah mm/jam.

Alat dan Bahan
  1. Pipet westergren
  2. Rak tabung untuk pipet westergren
  3. Darah Na sitrat atau EDTA
Prosedur     :
  1. Sebelum pemeriksaan dilakukan, homogenkan darah terlebih dahulu.
  2. Isi pipet westergren dengan darah sampai garis tanda 0.
  3. Letakkan pipet pada rak dan perhatikan supaya posisisnya betul-betul tegak lurus. Jauhkan dari cahaya matahari dan getaran.
  4. Biarkan selama 1 jam. Setelah tepat 1 jam baca hasilnya dalam mm.

Interpretasi Hasil / Nilai Rujukkan :
  • Laki-laki       < 10 mm/jam
  • Perempuan    < 15 mm/jam
Nama Lain :
  • ESR : Erythrocyte Sedimentation Rate
  •  BSE :  Bezinking Erytrocyt Ssnelheid (Jerman)

Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya



DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments