Pemeriksaan Darah Rutin Pada Leukemia

Pemeriksaan Darah Rutin Pada Leukemia. Leukemia adalah penyakit keganasan yang ditandai oleh proliferasi dan penimbunan sel-sel hematopoetik muda dalam sumsum tulang dan jaringan hematopoetik lainnya. Leukemia digolongkan menjadi akut dan kronik. 
Pemeriksaan Darah Rutin Pada Leukemia 1
Pemeriksaan Darah Rutin Pada Leukemia

Leukemia akut terdiri dari Leukemia Mieloblastik Akut (LMA) dan Leukemia Limfoblastik Akut (LLA). Sedangkan Leukemia Kronik terdiri dari Leukemia Limfoblastik Kronik (LMK) dan Leukemia Limfositik Kronik (LLA). Insiden semua jenis leukemia adalah 10 per 100.000 populasi per tahun, dan hampir separuhnya adalah leukemia kronik. Insiden leukamia akut adalah 4 per 100.000 populasi pertahun. 

Pemeriksaan Darah Rutin Pada Leukemia

Pemeriksaan darah rutin pada leukemia berupa hitung jumlah sel darah (eritrosit, leukosit, trombosit) dan kadar hemoglobin. Pemeriksaan darah rutin menggunakan alat automatic cell couter memberikan beberapa hasil parameter yang berbeda-beda, tetapi umumnya terdiri dari parameter ;
- Hemoglobin
- Hitung jumlah eritrosit, lekosit dan trombosit
- Hematokrit
- MCV (Mean Corpuscle Volume)
- MCH (Mean Corpuscle Hemoglobin)
- MCHC (Mean Corpuscle Hemoglobin Consentrate)
- RDW (Red Cell Distribution Width)

Persiapan pasien : Tidak memerlukan persiapan khusus. 
Persiapan sampel :
- Sampel darah EDTA sebaiknya tes dilakukan selambat-lambatnya 2 jam.
- Sampel dapat disimpan sampai 24 jam di kulkas dengan suhu 4 derajat celcius. 

Prinsip Pemeriksaan Darah Rutin dengan alat automatic cell couter 

Tes Hemoglobin :
Metode : Sianmethemoglobin
Prinsip : hemoglobin yang dilepaskan akibat lisis eritrosit akan bereaksi dengan kalium sianida membentuk campuran sianmethemogblobin kromogenik yang kemudian diukur dengan spektrofotometer. 

Tes WBC (White Blood Cell)/Sel Darah Putih
Metode : Impedans
Prinsip : sampel yang diencerkan dengan larutan elektrolit dialirkan melalui micro-apertura yang telah dikalibrasi. Dua elektroda yang diletakkan di masing-masing sisi apertura dialiri secara kontinyu. Pada saat sel melewati apertura, tahanan listrik dua elektroda akan meningkat sesuai volume sel. 

Cara Kerja alat automatic cell couter 

  • Siapkan alat hematologi analyzer, buat program tes darah rutin.
  • Sampel darah EDTA dimasukkan dalam tabung reaksi sebanyak 3 mL, dihomogenkan, kemudian dekatkan tabung dengan jarum pengisap sampel. Selanjutnya tes berjalan secara automatik.
  • Hasil tes akan tampak pada layar / print out. 

 Nilai Rujukkan Pemeriksaan Darah Rutin

WBC                    4.0-10.0 10^3/mm^3
RBC                     4.00-6.00 10^6/mm^3
HGB                    12.0-16.0 g/dL
HCT                     37.0-48.0 %
MCV                    80-97 mm^3
MCH                   26.5-33.5 pg
MCHC                31.5-35.0 g/dL
RDW                   10.0-15.0 %
PLT                      150-400 10^3/mm^3
MPV                    6.5-11.0 mm^3
PCT                     0.150-0.500 %
PDW                   10.0-18.0 %
Lymfosit              20.0-40.0 %
Monosit               2.0-8.0 %
Netrofil               52.0-775.0 %
Eosinofil             0.0-3.0 %
Basofil                0.0-1.0 %

Interpretasi Hasil Pemeriksaan Darah Rutin Pada Leukemia

  • LMA : Hampir selalu disertai anemia, trombositopenia dan leukositosis. Jumlah leukosit dapat normal bahkan leukopenia. 
  • LLA : Umumnya anemia. Dapat terjadi leukositosis, leukopenia ataupun jumlah leukosit yang normal. Hitung trombosit dapat normal tetapi umumnya trombositopenia. 
  • LMK : Anemia ringan sampai berat. Umumnya leukositosis, trombosit dapat normal tetapi sering dijumpai trombositosis. 
  • LLK : Anemia pada kurang lebih 50% kasus. Limfositosis dengan hitung limfosit absolut > 15x10^3/mL. Trombositopenia ringan pada kasus 40% kasus.
Sumber : 
  • Hardjoeno. H, dkk. 2003. Interpretasi Hasil Tes Laboratorium Diagnostik bagian Dari Standar Pelayanan Medik. Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin (LEPHAS) ; Makassar


Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.