Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Leukosit dalam Urin

Posted by On 8:27 AM


Leukosit merupakan sel darah putih yang berfungsi mengatasi infeksi pada tubuh. Dalam rangka untuk mendiagnosa tingkat leukosit dalam urin seseorang, adalah penting untuk melakukan urinalisis. Kehadiran leukosit dalam hasil urinalisis adalah cara terbaik untuk mengkonfirmasi jika kadar telah meningkat. Tingkat leukosit, jika berlebihan, dapat mempengaruhi ginjal dan kandung kemih. 
Apa Saja Penyebab Leukosit dalam Urine?

Seperti disebutkan, sel darah putih dalam urin akan menunjukkan adanya kondisi tertentu. Berikut ini adalah penjelasan rinci tentang kemungkinan penyakit yang berhubungan dengan leukosit dalam urin.
Infeksi atau Iritasi kandung kemih:
Infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyebab umum leukosit dalam urin, seperti iritasi kandung kemih (atau sistitis). Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, dan diperkirakan 10% sampai 20% dari semua wanita setidaknya setidaknya satu orang mengalami ISK setiap tahunnya. Kadar bakteri dan leukosit tinggi dianggap sebagai tanda infeksi atau iritasi. Sistitis interstisial adalah iritasi kandung kemih yang sering terjadi yang tidak disebabkan oleh infeksi. Hal ini juga disebut sindrom kandung kemih yang menyakitkan. Kadar sel darah putih tinggi dalam urin juga akan ada pada sistitis interstisial. 

Batu ginjal:
Jumlah sel darah putih yang terlalu tinggi dari biasanya dalam urin juga merupakan tanda batu ginjal. Kebanyakan batu ginjal mengandung garam kalsium, dan mereka mengganggu jalur urin di uretra, yang menyebabkan infeksi bakteri.

Infeksi ginjal:
Infeksi ginjal (pielonefritis) dapat menyebabkan tingkat sel darah putih yang lebih tinggi dalam urin. Gejala yang terkait dengan infeksi ginjal meliputi mual, muntah, demam, kelelahan, dan sakit parah. Pyelonefritis dimulai di saluran kemih dan menyebar ke ginjal.
Kehamilan:
Adanya leukosit dalam urin saat hamil biasa terjadi. Tetapi jika kadar sel darah putih yang meningkat ini sering menjadi masalah, kunjungilah dokter Anda untuk memastikan apakah itu infeksi kandung kemih atau sesuatu yang lain.
Menahan Kencing :
Menahan kencing dalam jangka waktu lama dapat melemahkan kandung kemih, dan akibatnya, sulit untuk mengosongkannya sepenuhnya. Bila urin ekstra tetap berada di kandung kemih terlalu lama, infeksi bakteri bisa terjadi, dan jika tidak, Anda juga akan melihat tingkat sel darah putih yang lebih tinggi dalam urin.
Penyumbatan Saluran Kemih:
Penyumbatan saluran kemih adalah penyebab lain dari leukosit dalam urin. Batu kandung kemih, batu ginjal, trauma panggul, atau tumor pelvis semuanya bisa menyebabkan penyumbatan saluran kemih. Anda mungkin juga menemukan darah dalam urin Anda.


Pemeriksaan Urin
Penting untuk memahami penyebab leukosit dalam urin. Leukosit adalah nama lain untuk sel darah putih (WBC). Sel-sel ini adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh, yang berfungsi melindungi tubuh terhadap penyerbu asing dan penyakit menular.
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Sumber :
  1. Doctor Health Press. (2017). Leukocytes in Urine: Natural Treatments. [Online]. Tersedia ; http://www.doctorshealthpress.com/general-health-articles/leukocytes-in-urine-natural-treatments. (20 Mei 2017). 
  2. Blog

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »