Menu

Ion Selective Electrode (ISE)

Thursday, September 26, 2019

Ion Selective Electrode (ISE). Elektrode selektif ion (Ion Selective Electrode/ISE) adalah salah satu jenis elektrode (half-cell) yang digunakan dalam potensiometri untuk mengukur jumlah ion terlarut dalam suatu larutan (D’Orazio dkk, 2012). Sesuai dengan namanya, ISE memiliki selektivitas yang tinggi. Selektivitas ISE ditentukan oleh komposisi membrannya. Idealnya membran hanya membiarkan satu ion spesifik untuk ditangani. Ion analit dapat bersifat kation atau anion. Tiga komponen utama untuk membuat pengukuran ISE adalah larutan referensi internal (standar) dan larutan analit luar (sampel) yang dipisahkan oleh memban tipis. Potensial yang muncul pada membran adalah hasil dari apakah itu proses pertukaran ion atau proses transport ion yang terjadi pada permukaan antara membran dan larutan (Gross dkk 1998).
Ion Selective Electrode (ISE). Elektrode selektif ion (Ion Selective Electrode/ISE)

Prinsip Kerja Ion Selective Electrode (ISE)

Ion Selective Electrode (ISE) adalah mengubah aktivitas ion dalam larutan menjadi tegangan listrik yang dapat diukur dengan voltmeter atau pH-meter. Tegangan listrik yang dihasilkan tergantung pada logartima konsentrasi ion sesuai dengan rumus Nemst. 

Jenis-Jenis Elektroda

Elektroda Gelas
Elektroda gelas dibuat dari formula gelas khusus yang terdiri dari SiO2 dengan penambahan dari beberapa oxida logam. Membran dengan komposisi bervariasi dari gelas dibuat dengan selektivitas langsung untuk H+, Na+, K+, Li+, Rb+, Cs+, Ag+, Ti+ dan NH4+3. Umumnya membran mempunyai ketebalan 10-100 um. 

Elektroda Bentuk Padat
Elektroda bentuk padat dibuat dari membran homogen yang terdiri dari kristal tunggal atau membran heterogen yang terdiri dari substansi aktif dari inert matrix. 

Ion-exchange Electrode 
Larutan ion-exchange electrode adalah pelarut yang di dalamnya dilarutkan substansi ion selektif. Baik pelarut maupun substansi yang terlarut di dalamnya sebaiknya tidak larut dalam air dan ditempatkan pada matrix Polyvinylchlorida (PVC). Contohnya adalah larutan ion K+, NH4+, Ca2+, H+, Cl-, HC)3-. 

Elektroda Gas
Elektroda gas dibuat secara khusus untuk pengukuran gas spesifik dalam larutan atau campuran gas. Contohnya, adalah elektroda CO2 dan elektroda NH3. 

Elektroda Enzim
Elektroda Enzim adalah variasi dari bentuk elektroda dimana elektroda dilapisi oleh lapisan enzim yang dikatalisir oleh reaksi kimia dan dapat dimonitor dengan elektroda. Respon dari kimia elektroda ini sangat kompleks karena dipengaruhi oleh kecepatan difusi dari substrat ke dalam lapisan enzim dan kecepatan reaksi dari enzyme catalyzed. Contoh elektroda ini adalah elektroda urea dan elektroda glukosa. 

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *