Cara Penyuntikan Intra Yolk Sac | Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio

Cara Penyuntikan Intra Yolk Sac | Pembiakan Virus Pada Telur BerembrioPada pembahasan Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio ini, banyak metode yang digunakan dalam pengembangbiakannya. Pada artikel sebelumnya sudah di jelaskan bagaimana Cara Penetesan (Drupping) Dan Penyuntikan (Inoculation) Pada CAMCara Penyuntikan Intra Allantois  dimana pada artikel kedua dalam pengembangbiakan virus ini adalah dengan Cara Penyuntikan Intra Yolk Sac
Cara Penyuntikan Intra Yolk Sac
Cara Penyuntikan Intra Yolk Sac

Cara Penyuntikan Intra Yolk Sac

Untuk cara ini dipilih umur telur dimana yolk sac-nya masih besar, jadi embrionya masih muda, yaitu sekitar 5-6 hari. Karena embrionya masih kecil, letaknya pun masih belum menentu.

Periksa telur di kamar gelap, ruang udara diberi tanda. Telur dibersihkan dengan kapas alkohol. Buat lubang di tengah bagian ruang udara. Suntik dengan jarum no. 23 (panjangnya sekitar 4,5 cm) sebanyak 0,5-1,0 ml virus.  Setelah penyuntikan lubang ditutup dengan selotip, eramkan 35 derajat celcius selama 3-8 hari tergantung dari jenis virus yang ditanam. Beri tanggal, nama serta nomor. 

Cara Membongkar Telur Pada Penyuntikan Intra Yolk Sac
Gunting dengan gunting steril lubang udara dengan garis tengah +1 cm. Selaput kulit luar dirobek dengan pinset yang steril. Cairan amnion diisap (jangan dibuang). Kuning telur (Yolk Sac) diisap dengan pipet, lalu disimpan untuk diperiksa. 

Virus yang ditanam dengan cara ini adalah : Virus Japanese B Encephalitis, Rickettsia, Trachoma dan Lymphogranuloma venereum. 

Sumber : 
  • Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan. 1989. Virologi Umum ; Buku Pegangan Untuk Sekolah Menengah Analis Kesehatan. Depkes RI : Jakarta. 
Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

Baca juga : 
  1. Pembiakan Virus Pada Hewan Percobaan
  2. Cara Penetesan (Drupping) dan Penyuntian (Inoculation) Pada CAM | Pembiakan Virus Pada Telur BerembrioPembiakan Virus Pada Telur Berembrio
  3. Cara Penetesan (Drupping) Dan Penyuntikan (Inoculation) Pada CAM | Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio
  4. Cara Penyuntikan Intra Allantois | Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio
  5. Cara Penyuntikan Intra Amnion | Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.