Menu

Cara Penetesan (Drupping) dan Penyuntikan (Inoculation) Pada CAM | Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio

Wednesday, June 12, 2019

Cara Penetesan (Drupping) dan Penyuntikan (Inoculation) Pada CAM | Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio. Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan bagian-bagian telur ayam dan juga telur yang berembrio serta bagian-bagiannya dalam Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio. Pembelajaran bagaimana cara pembiakan virus pada artikel ini yaitu bagaimana melakukan penetesan (drupping) dan bagaimana melakukan penyuntikan pada media telur sebagai media pembiakan virus

Cara Penetesan (Drupping) dan Penyuntian (Inoculation) Pada CAM

Proses Penetasan (Drupping) dan Penyuntikan (Inoculation) 

Ambil telur berembrio, lalu periksa di kamar gelap. Lihat ruang udaranya lalu diberi tanda, kemudian lihat pula pembuluh darah besar maupun yang kecil. Pilihlah tempat yang tidak ada pembuluh darahnya, lalu diberi tanda pula. 
https://www.backyardchickens.com

Selanjutnya di tempat yang telah ditandai tadi, dibersihkan dengan kapas dan alkohol. Pada bagian ruang udara tusuklah dengan alat bor yang steril sampai menusuk selaput kulit telur. Jika ada pecahan kulit telur, bersihkan tapi jangan ditiup untuk menghindari kontaminasi. 

Pada tanda yang tidak ada pembuluh darahnya, ditusuk lagi tapi jangan sampai menembus selaput kulit telur. Kemudian teteskan buffer steril dengan pengisap karet. Bila tetesan buffer terus masuk, ini menandakan CAM telur turun. Kemudian ambil pena steril, tusukkan tegak lurus kemudian miringkan diantara selaput lendir telur dan kulit telur (supaya selaput lendir telur tidak tertusuk). Jika ada perdarahan berarti CAM tertusuk. 

Pada lubang ruang udara masukkan pengisap karet, isaplah semua udara yang ada sampai habis, sehingga akan didapatkan ruang udara buatan. 

Setelah diperiksa lagi di kamar gelap dan CAM telah berhasil diturunkan, lalu ambil virus yang akan diperiksa dengan spuit steril sebanyak 0,1-0,2 ml, lalu tusukkan pada lubang bagian CAM. Setelah itu lubang-lubang ditutup dengan selotip. Telur harus selalu dalam keadaan terbaring, lalu digoyangkan perlahan-lahan, kemudian dieramkan pada suhu 37C selama 2-3x 24 jam. Setelah itu baru diperiksa. 

Cara Pemeriksaan

Ambil telur dalam keadaan terbaring. Buka selotip pada lubang ruang udara, lalu siapkan gunting yang steril. Salah satu ujung gunting tersebut dimasukkan ke dalam lubang udara, lalu gunting sekelilingnya dan semua isi telur akan jatuh dan CAM akan tertinggal pada kulit telur yang terpegang. Balikkan CAM yang tertinggal, lalu ambil dengan pinset yang steril, letakkan dalam cawan petri, lalu amati. Jika virusnya positif (+), maka akan terlihat pocks atau plaques. 

Sifat Pocks atau Plaques pada Beberapa Virus 

Sifat Pocks Virus Variola

Bentuk bundar, diameter +1 mm, berwarna putih keruh, menonjol pada permukaan CAM.

Sifat Pocks Virus Vaccinia

Berwarna putih jernih, berukuran besar, tidak begitu menonjol pada permukaan CAM.

Sifat Pocks Virus Cowpox

Ukurannya sama dengan pocks virus Vaccinia, warnanya putih yang ditengahnya terdapat warna merah karena adanya perdarahan.

Sifat Pocks Virus Fowlpox

Ukurannya jauh lebih besar dari pocks virus Vaccinia, warnanya sama dengan pocks virus Vaccinia tapi lebih menonjol pada permukaan CAM.

Sifat Plaques Virus Herpes Simplex

Warnanya sama dengan pocks Vaccinia, tapi sama sekali tidak menonjol pada permukaan CAM, dan ukurannya lebih kecil dari pocks Variola. 

Sumber : 
  • Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan. 1989. Virologi Umum ; Buku Pegangan Untuk Sekolah Menengah Analis Kesehatan. Depkes RI : Jakarta. 
Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

Baca juga : 
  1. Uji Kelompok Enterovirus (Serum) - Seri Pemeriksaan Laboratorium Klinik
  2. Composite Bacterial Infection Index - Seri Edukasi Teknologi Laboratorium Medik
  3. Pembiakan Virus Pada Hewan Percobaan
  4. Cara Penetesan (Drupping) dan Penyuntian (Inoculation) Pada CAM | Pembiakan Virus Pada Telur BerembrioPembiakan Virus Pada Telur Berembrio

Contact Form

Name

Email *

Message *

Info Lainnya