Menu

Cara Penyuntikan Intra Allantois | Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio

Tuesday, June 18, 2019

Cara Penyuntikan Intra Allantois | Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio. Pada pembahasan Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio ini, banyak metode yang digunakan dalam pengembangbiakannya. Pada artikel sebelumnya sudah di jelaskan bagaimana Cara Penetesan (Drupping) Dan Penyuntikan (Inoculation) Pada CAM dimana pada artikel kedua dalam pengembangbiakan virus ini adalah dengan Cara Penyuntikan Intra Allantois
Cara Penyuntikan Intra Allantois

Cara Penyuntikan Intra Allantois pada umumnya digunakan telur berembrio berumur 10-11 hari. Telur diperiksa di kamar gelap. Ruang udara diberi tanda dengan pinsil. Lihatlah pembuluh darah pada tempat sekitar 2 mm dibawah ruang udara, berilah tanda pada tempat yang tidak ada pembuluh darahnya. Kemudian dibor dengan alat bor steril pada tempat yang telah diberi tanda tadi, yaitu 1-2 mm dibawah ruang udara, bor sampai menembus selaput kulit telur yang ada dibawah nya. 

Bahan yang akan diperiksa di isap dengan spuit steril, lalu suntikkan sebanyak 0,1-0,2 ml pada lubang tadi sedalam kurang lebih 0,5 cm, lalu lubang di tutup dengan selotip beri nomor dan tanggal, lalu eramkan pada suhu 35 derajat celcius selama 2 sampai 3 x 24 jam dalam keadaan berdiri.

Cara Membongkar Telur Penyuntikan Intra Allantois

Seluruh daerah ruang udara dibersihkan dengan kapas beralkohol. Ambil gunting yang steril, lalu buat lubang dengan ujung gunting pada bagian tengah ruang udara dengan diamter kurang lebih 2 cm. Bila ada kulit telur yang terjatuh, ambil dengan pinset steril sampai bersih. Kemudian dengan pipet pasteur yang steril tusuk selaput kulit telur melalui lubang tadi, lalu isap cairan allantoisnya, kumpulkan pada tabung sampai semua cairan allantoisnya tersebut habis. 

Virus yang biasa disuntikan dengan cara ini adalah : Virus Influenza, Virus Herpes Simplex dan Virus Mumps


Sumber : 
  • Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan. 1989. Virologi Umum ; Buku Pegangan Untuk Sekolah Menengah Analis Kesehatan. Depkes RI : Jakarta. 
Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

Baca juga : 
  1. Uji Kelompok Enterovirus (Serum) - Seri Pemeriksaan Laboratorium Klinik
  2. Composite Bacterial Infection Index - Seri Edukasi Teknologi Laboratorium Medik
  3. Pembiakan Virus Pada Hewan Percobaan
  4. Cara Penetesan (Drupping) dan Penyuntian (Inoculation) Pada CAM | Pembiakan Virus Pada Telur BerembrioPembiakan Virus Pada Telur Berembrio
  5. Cara Penetesan (Drupping) Dan Penyuntikan (Inoculation) Pada CAM | Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *