Menu

Cara Pembuatan Biakan Jaringan Cara Perfusi

Wednesday, July 17, 2019

Cara Pembuatan Biakan Jaringan Cara Perfusi. Bagi rekan-rekan ATLM yang sudah membaca artikel bagaimana cara membiakkan virus pada artikel yang sudah kami buat sebelumnya. Pada pembuatan biakan jaringan ini, ada dua cara yaitu cara A dan cara B. Cara A yaitu dengan membuat biakan jaringan pada ginjal kera
Cara Pembuatan Biakan Jaringan Cara Perfusi
Cara Pembuatan Biakan Jaringan Cara Perfusi

Cara B atau Cara Perfusi hewan yang digunakan adalah Kera. Kera disuntik dengan obat tidur (obat bius), lalu di ikat, dinding perut kera di sayat, lalu cari ginjalnya. Cairan tripsin-sitrat dimasukkan ke dalam pembuluh darah serta langsung memasuki ginjal, kemudian menghancurkan jaringan-jaringan antar sel di dalam ginjal tersebut. 

Cairan ini akan keluar dari ginjal melalui vena cava. Setelah cairan tripsin-sitrat habis (pada volume tertentu) kedua ginjal kera tersebut diambil. 

Pengolahan selanjutnya pada ginjal tersebut, sama dengan cara pembuatan biakan jaringan pada ginjal kera

Biakan jaringan yang berasal dari manusia maupun hewan terdiri dari :

Primary Cell Culture

Primary cell culutre adalah sel-sel yang dibuat langsung dengan cara pembuatan biakan jaringan tersebut (cara A dan cara B). 

Misalnya :
- Biakan jaringan ginjal kera.
- Biakan jaringan ginjal kelinci. 

Stable Cell Line

Stable cell line diperoleh dengan passage primary cell (sel primer), sehingga sifat sel tetap tidak berubah.

Contohnya :
- Sel He La
- Sel FL, berasal dari jaringan amnion manunsia. 
- Sel BHK, berasal dari Hamster  yang berumur kurang lebih dua minggu, lalu dipassage beratus-ratus kali.
- Sel KB, berasal dari jaringan kanker pada hidung. 

Sumber : 
  • Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan. 1989. Virologi Umum ; Buku Pegangan Untuk Sekolah Menengah Analis Kesehatan. Depkes RI : Jakarta. 
Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

Baca juga : 
  1. Cara Penetesan (Drupping) dan Penyuntian (Inoculation) Pada CAM | Pembiakan Virus Pada Telur BerembrioPembiakan Virus Pada Telur Berembrio
  2. Cara Penetesan (Drupping) Dan Penyuntikan (Inoculation) Pada CAM | Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio
  3. Cara Penyuntikan Intra Allantois | Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio
  4. Cara Penyuntikan Intra Amnion | Pembiakan Virus Pada Telur Berembrio
  5. Cara Pembuatan Biakan Jaringan Pada Ginjal Kera
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *