-->
Menu

Berapa Biaya Cek Hematologi Lengkap di Fasilitas Kesehatan

Saturday, February 27, 2021

Berapa Biaya Cek Hematologi Lengkap di Fasilitas Kesehatan. Hematologi, dapat dieja juga sebagai haematologi (dari bahasa Yunani yaitu αἷμα , haima "darah," dan -λoγία, logi "ilmu"), adalah cabang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan studi, diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan darah. (Infolabmed)

Berapa Biaya Cek Hematologi Lengkap di Fasilitas Kesehatan



Dalam bukunya, Gilang Nugraha menuliskan pengertian Hematologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari kondisi normal dan patologis darah yang meliputi struktur darah, komponen darah, fungsi darah dan pembuluh darah. (Gilang, 2017:1)

Tujuan Pemeriksaan Hematologi Lengkap


Dalam kanal Alodokter, berikut ini adalah beberapa peran penting tes hematologi lengkap, diantaranya adalah untuk mengevaluasi kesehatan secara menyeluruh, melihat kemungkinan adanya penyakit yang dapat dideteksi dari peningkatan ataupun penurunan kadar sel darah, mendiagnosis penyebab gangguan kesehatan, terutama jika pasien mengalami gejala tertentu, seperti demam, kelelahan, lemas, bengkak, dan perdarahan, memantau perkembangan kesehatan pasien dengan penyakit yang memengaruhi kadar sel darah dan memantau penanganan penyakit, terutama yang memengaruhi kadar sel darah dan memerlukan tes hematologi lengkap secara teratur. 

Alur Pemeriksaan Hematologi Lengkap di Fasilitas Kesehatan

Pemeriksaan hematologi sangat penting dilakukan karena dapat menjadikan acuan klinisi dalam memantau dan juga mendiagnosa penyakit pada pasien yang sedang ditanganinya. Sehingga, pemeriksaan hematologi lengkap sudah menjadi standar minimal pemeriksaan kesehatan disebuah instansi dan fasilitas kesehatan pada umumnya. 

Apakah Anda bingung bagaimana alur yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan pemeriksaan hematologi lengkap dan juga hematologi rutin? Berdasarkan peraturan yang diterbitkan pemerintah, setiap dokter atau klinis harus melakukan pemeriksaan laboratorium dalam penentuan diagnosa penyakit pasien. Minimal pemeriksaan hematologi seperti hematologi rutin yang meliputi pemeriksaan Hemoglobin (HGB), Leukosit (WBC / Sel darah putih), Hematokit (HCT), Eritrosit (RBC / Sel darah Merah) dan Trombosit (PLT). 

Pemeriksaan hematologi lengkap yang diminta oleh dokter / klinisi biasanya dokter akan membuat sebuah surat pengantar pemeriksaan laboratorium. Dalam surat pengantar pemeriksaan laboratorium tersebut, terdiri dari berbagai informasi pasien seperti Nama Lengkap, Alamat Lengkap, Nomor Rekam Medis, Dokter Pengirim, Jenis Pemeriksaan yang akan di periksa dan sebagainya. 

Surat pengantar pemeriksaan laboratorium
Sumber : https://rebanas.com/



Surat pengantar pemeriksaan laboratorium itu akan diserahkan kepada Anda, untuk dibawa ke laboratorium. Namun, perhatikan instruksi dokter sebelum Anda melakukan pemeriksaan. Seperti apa penjelasan yang biasa diberikan oleh dokter? Dokter akan menjelaskan, apakah Anda harus membatasi makanan, membatasi minum, membatasi rokok, serta obat apa saja yang harus di stop terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan laboratorium. 


Serahkan surat pengantar pemeriksaan laboratorium tersebut ke petugas administrasi laboratorium di fasilitas kesehatan tersebut atau sebuah laboratorium klinik. Anda akan diminta menunggu kemudian Anda akan diminta melakukan pembayaran jika Anda tidak di cover oleh asuransi BPJS Kesehatan. Setelah itu, Anda akan di panggil oleh petugas flebotomi (flebotomist) untuk mendapatkan spesimen yang dibutuhkan. Dalam artikel ini, berupa pemeriksaan hematologi lengkap maka darah yang akan di ambil berupa whole blood  atau darah lengkap. 

Petugas flebotomi akan bertanya kepada Anda, seperti Nama Anda, Alamat Anda dan juga beberapa parameter pemeriksaan yang harus diambil. Selain itu petugas flebotomis akan menjelaskan bagaimana prosedur pengambilan spesimen yang akan dilakukan. Darah Anda akan di tampung dalam sebuah tabung berwarna ungu. Tabun khusus tersebut berisi antikoagulan EDTA yang sering digunakan untuk pemeriksaan hematologi rutin atau hematologi lengkap. 

Biaya Cek Hematologi Lengkap

Biaya pemeriksaan atau cek hematologi lengkap di berbagai fasilitas kesehatan cenderung tidak sama, artinya setiap fasilitas kesehatan dapat menentukan kebijakannya masing-masing untuk menentukan tarif pemeriksaan hematologi lengkap. 

Untuk pemeriksaan hematologi rutin / CBC (complete Blood Count) saja di salah satu laboratorium klinik swasta untuk saat ini (2021) berkisar Rp. 100.000. Untuk beberapa fasilitas kesehatan lainnya seperti yang kami ungkapkan, terjadi berbeda tarif. 

Sedangkan untuk tarif cek hematologi lengkap berkisar diatas Rp. 100.000. Mungkin Anda akan bertanya-tanya bagaimana tarif di antara fasilitas kesehatan berbeda. Tentu saja akan berbeda, karena setiap fasilitas kesehatan menggunakan alat, cairan laboratoraium, fasilitas, laboratorium terkareditasi dan lain sebagainya berbeda. Selain itu, untuk alat laboratorium dan juga cairannya kebanyakan masih import dari negara luar, sehingga harga mengikuti kenaikan dolar yang kita tahu setiap tahun akan mengalami invlasi. Mau tidak mau, harga pemeriksaan laboratorium setiap tahunnya akan meningkat. 

Demikian informasi terkait Berapa Biaya Cek Hematologi Lengkap di Fasilitas Kesehatan dapat kami sampaikan untuk rekan-rekan infolabmed, semoga artikel ini dapat memberikan wawasan kepada teman-teman ATLM khususnya. 


PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

Baca juga :
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Protected by Copyscape