Total Pageviews

Check Page Rank

Hematologi | Pengertian dan Pemeriksaannya - Seri Edukasi Teknologi Laboratorium Medik

Posted by On 4:42 AM



Hematologi, dapat dieja juga sebagai haematologi (dari bahasa Yunani yaitu αἷμα , haima "darah," dan -λoγία, logi "ilmu"), adalah cabang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan studi, diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan darah. 

Sedangkan menurut American Society of Hematology, menyebutkan bahwa pengertian dari hematologi ialah studi tentang darah baik kesehatan dan juga  penyakit. Termasuk didalamnya adalah masalah dengan sel darah merah, sel darah putih, trombosit, pembuluh darah, sumsum tulang, kelenjar getah bening, limpa, dan protein yang terlibat dalam perdarahan dan pembekuan (hemostasis dan trombosis).



Secara umum, hematologi terbagi atas 3 bagian kecil menurut jenis dan grup sel darah yang dipelajari, yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), Plasma darah dan pembekuan darah.

PEMERIKSAAN HEMATOLOGI

Pemeriksaan hematologi adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui keadaan darah dan komponen-komponennya. Darah terdiri dari bagian padat yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), trombosit dan bagian cairan yang berwarna kekuningan yang disebut plasma. Pemeriksaan hematologi rutin dapat menentukan kualitas kesehatan.(Hi lab, 2016)

Pemeriksaan hematologi yang umum dilakukan untuk menyelidiki masalah hematologi terdiri dari: 
Demikianlah artikel tentang Hematologi | Pengertian dan Pemeriksaanya, yang sangat penting untuk setiap tenaga Laboratorium Medik menguasi secara menyeluruh meliputi pemahaman pemeriksaan, metode dan sebagainya. 

Baca juga :

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Sumber :
  1. Wikipedia. (2017). Hematology. [online]. Tersedia ; https://en.wikipedia.org/wiki/Hematology. (10 Maret 2017).
  2.  Wikipedia. (2017). Hematologi. [online]. Tersedia ; https://id.wikipedia.org/wiki/Hematologi. (10 Maret 2017).
  3. American Society of Hematology. (2017). Blood Disorders. [online]. Tersedia ; http://www.hematology.org/Patients/Blood-Disorders.aspx. (10 Maret 2017)



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »