-->
Menu

Peranan Seorang Laboratorium Profesional

Thursday, February 20, 2020

Peranan Seorang Laboratorium Profesional. Profesional laboratorium adalah integral partner dalam pelayanan perawatan kesehatan. Pekerja laboratorium dapat ditemukan dalam berbagai jenis pelayanan kesehatan, mulai dari pelaynan kesehatan setingkat puskesmas hingga laboratorium canggih seperti yang ada di National Institutes of Health (NIH) dan Centers for Disease Control (CDC), mungkin terasa asing, berbagai penyakit yang muncul mereka akan pelajari. 

Peranan Seorang Laboratorium Profesional

Profesional laboratorium yang paling sering terlihat adalah pekerja yang bekerja di laboratorium rumah sakit. Para pekerja ini berinteraksi setiap hari dengan orang lain dalam tim layanan kesehatan — dokter, staf perawat, terapis, petugas pencegahan infeksi, dan berbagai anggota tim layanan kesehatan lainnya — untuk memberikan perawatan pasien yang berkualitas. 

Pekerjaan profesional laboratorium sangat penting apakah mereka dipekerjakan di laboratorium besar atau kecil. Staf di laboratorium besar akan memiliki staf yang meliputi profesional yang sangat terampil, seperti scientist laboratorium klinis (ahli teknologi medis dan scientist laboratorium medis) dan teknisi laboratorium klinis (medis) (Gambar 1-10). 

Teknisi bank darah yang bekerja di laboratorium klinis
Gambar 1-10. Teknisi bank darah yang bekerja di laboratorium klinis

Untuk sebuah laboratorium yang lebih kecil, terutama yang hanya melakukan tes rutin, seringkali dikelola oleh personel yang multiskilled yang dilatih untuk melakukan beberapa tes laboratorium disamping keperawatan dan beberapa prosedur kantor. Personel seperti ini dapat menjadi asisten medis, asisten laboratorium, asisten perawat bersertifikat, dan biasnaya mereka ada yang memiliki berbagai tingkat pelatihan keperawatan.  

Sumber : 
Barbara H. Estridge dan Anna P. Reynolds. 2012. Basic Clinical Laboratory Techniques Edisi ke-6. Delmar. Amerika Serikat

PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com
Baca juga :
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *