Tes Klirens Kreatinin (TKK) Dalam Mendiagnosis Gagal Ginjal Kronik (GGK)

Kreatinin serum dapat membantu mengevaluasi fungsi ginjal seseorang. Kreatinin Klirens (Ccr atau CrCl) untuk mengukur berapa banyak kreatinin yang dibersihkan oleh tubuh, atau seberapa baik fungsi penyaringan filter. Kreatinin Klirens adalah kombinasi dari pemeriksaan urin dan darah. (Sumber : Honestdocs)
Tes Klirens Kreatinin (TKK) 

Prinsip Pemeriksaan Klirens Kreatinin 

 Tes Klirens Kreatinin  (TKK) mengukur LFG secara langsung, memerlukan tes kreatinin serum. Bila hendak lebih teliti, nilai kreatinin serum dikaitkan dengan umur, jenis kelamin dan massa tubuh (yang menggambarkan massa otot).

Persiapan pasien : Tidak memerlukan persiapan khusus.

Persiapan sampel : Pada prinsipnya sama dengan tes kreatinin.

Alat dan Bahan :
- Pada dasarnya sama yang dilakukan untuk tes kreatinin. 
- Alat timbang berat badan.

Cara Kerja :
- Berat badan penderita ditimbang.
- Sampel darah diambil untuk tes kreatinin.
- TKK dihitung dengan menggunakan rumus Cockroff-Gault.
- Rumus Cockroft-Gault:
  pria : (140-umur)x BB (kg)/ 72 x Kreatinin serum (mg/dL)
  Wanita : 0,85 x klirens kreatinin pria.

Nilai Rujukkan Pemeriksaan Klirens Kreatinin 

  • Normal : 125-100 ml/menit
  • Insufisiensi ginjal berkurang : 100-76 ml.menit
  • Insufisiensi ginjal kronik : 75-26 ml/menit.
  • Gagal Ginjal Kronik : 25-5 ml/menit.
  • Gagal Ginjal Terminal : <5 ml/menit. Pada tingkat ini merupakan indikasi dilakukan hemodialisa. 

Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"

PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.