Contoh Hasil Tes Sedimen Urin

Hasil tes saring ganda dengan "dipstick" atau tes carik celup bersama tes sedimen urin dapat memberikan gambaran berbagai keadaan patologi antara lain infeksi saluran kemih, batu ginjal atau saluran kemih, nephritis, keganasan dan penyakit hati. 
Sedimen Urin,sedimen urin adalah,sedimen urin pdf,sedimen urine lengkap,sedimen urine leukosit,sedimen urine epitel,sedimen urine silinder,sedimen urine bakteri positif,sedimen urine eritrosit,sedimen urine kristal amorf,sedimen urine dan keterangan,sedimen urine organik dan anorganik,sedimen urine kristal,sedimen urine amorf,urinary sediment,sedimen urin asam urat,sedimen urin adalah pdf,sedimen urine atlas,sedimen urin epitel adalah,sedimen urin pada ph asam,atlas sediment urine pdf,sedimen urin bakteri positif,sedimen urine bakteri,sedimen urin beserta keterangannya,sedimen urin basa,bentuk sedimen urin,gambar sedimen urin beserta keterangan,unsur unsur sedimen urin beserta penjelasannya,sedimen urin ca oksalat,cek sedimen urin,sedimen urin dan keterangannya,sedimen dalam urin,sedimen di urin,sedimen eritrosit dalam urin,sedimen leukosit dalam urin,sedimen urin pada penderita diabetes,gambar sedimen urin organik dan anorganik,unsur sedimen urin organik dan anorganik,unsur unsur sedimen dalam urin,sedimen urine epitel positif
Contoh Hasil Tes Sedimen Urin

Infeksi saluran kemih merupakan keadaan patologi yang sering dijumpai dan ditandai urin kurang jernih, dapat berbau, nitrit, lekosit dan bakteri positif. Bila belum jelas dapat dilakukan biakan dari urin baru dan steril yang biasanya sekaligus dengan tes kepekaan. Dengan demikian hasil tes akan memberi petunjuk untuk terapi yang tepat. Hal ini penting terutama untuk infeksi saluran kemih yang sering berulang misalnya karena komplikasi diabtes melitus atau nephropati lainnya. 

Batu kemih atau saluran kemih ditandai dengan keadaan tersebut diatas ditambah heamturia dan dysuri, sedang pada nephritis ditambah proteinuri, berbagai torak misalnya torak granuler, eritrosit dan lekosit. Bila urinalisis ditambah tes lain misalnya cystoscopy dan patologi anatomi belum memastikan diagnosis kelainan dysuri digolongkan dalam "cystitis interstisialis". Pada keganasan dapat ditemukan sel-sel ganas misalnya dengan tes Papnicoloau.

Pada penyakit hati dengan ikterus terjadi bilirubinuri dan dapat juga torakbilirubin dan atau tirosin, leusin, kolesterol. Untuk kepastian penyakit hati seterusnya dilakukan tes faal hati. 

No
Pemeriksaan Sedimen
Nilai Rujukkan
Contoh Abnormal
Tes diagnosis antara lain
1
Eritrosit
<5/LPB
Batu atau penyakit ginjal dan saluran kemih
Tes faal Ginjal
2
Lekosit
<5/LPB
Penyakit ginjal dengan inflamasi
Tes faal ginjal, evaluasi torak, biopsy
3
Torak
Negative(-) atau (+) torak hialin
>pada penyakit ginjal dan saluran kemih (berbagai jenis torak)
Tes faal ginjal
4
Bakteri
,2/LPB atau <1000/ml
Infeksi saluran kemih bila >105/cc
Biakan dari specimen baru
5
Sel
Epitel pipih
Sel bulat, sel ganas
-tes faal ginjal, tes pap.
6
Kristal
-kalsium oksalat, asam urat (dalam urin asam)
-amorf, triplefosfat (urin alkalis)
Asam urat >
Asam amino >
Tes pirai (gout)
Tes aminoasiduri
7
Lain-lain
Lemak
Sperma
Negative
Negative
Positif
Positif
Tes faal ginjal sesuaikan denga keperluan

Penyakit ginjal dan lainnya yang dapat menimbulkan eritrosit positif dalam sedimen urin antara lain : glumerulonephritis akut/kronis, pyelonephritis akut/kronis, gagal ginjal akut/kronis, nephrolithiasis, preeklampsia, eklampsia, lupus eritematosis sistemik, tumor Grawitz dan multipelmyeloma. Biasanya bila terjadi hematuria, juga disertai proteinuri tetapi sensitifitas eritrosit lebih tinggi daripada tes untuk protein hingga mungkin saja terjadi eritrosit positif tanpa protein positif.

Sumber : 
  1. Hardjoeno, dkk. 2003. Interpretasi Hasil Tes Laboratorium Diagnostik. Lephas : Makassar.
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.