Interpretasi Hasil Tes Urinalisis

Urinalisis merupakan tes saring yang paling sering diminta oleh dokter, karena persiapannya tak membebani pasien seperti pengambilan darah, cairan otak atau punksi sumsum tulang. Lagipula dengan perkembangan tes carik celup ditambah peralatan seperti Midtron, Urilux, atau Clinitk, pemeriksaan urin menjadi tes saring ganda. 
Interpretasi Hasil Tes Urinalisis

Sampel urin harus baru, sebaiknya dalam 1 jam sudah diperika. Bila tak segera diperiksa, harus disimpan dalam lemari es. Bila dibiarkan lama dalam suhu kamar, akan terjadi lysis sel serta torak dan urin berubah menjadi alkalis.

Tujuan tes urin adalah untuk evaluasi umum terhadap sistem uropoetik maupun status kesehatan badan. Tes utin dapat secara makrosopik yang dapat diterima panca indra dan kimiawi serta mikroskopik untuk mengevaluasi sedimen urin. 

Analisis makroskopik secara fisik meliputi tes warna, kejernihan, bau, berat jenis dan pH. Analisis kimiawi meliputi tes protein, glukosa, keton, darah, bilirubin, urobilinogen, nitrit, dan lekosit esterase. Tes mikroskopik untuk melihat eritrosit, lekosit, sel epitel, torak, bakteri mukus, kristal, jamur dan parasit. 

Indikasi tes urin adalah untuk :
  1. Tes Saring pada tes kesehatan, keadaan patologik maupun sebelum operasi,
  2. Menentukan infeksi saluran kemih, terutama yang berbau busuk karena nitrit, lekosit dan atau bakteri,
  3. Menentukan kemungkinan gangguan metabolisme misalnya diabetes melitus atau komplikasi kehamilan,
  4. Menentukan berbagai jenis penyakit ginjal seperti glomerulonephritis, sindroma nefrotik dan pyelonephritis.

Sumber : 
  1. Hardjoeno, dkk. 2003. Interpretasi Hasil Tes Laboratorium Diagnostik. Lephas : Makassar.
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.