Total Pageviews

Check Page Rank

Pemantapan Mutu Pada Prosedur Pemeriksaan Urin

Posted by On 5:08 PM


 

Analisis urin melibatkan beberapa proses yang berbeda, beberapa di antaranya dapat dilakukan secara manual atau dengan alat instrumentasi. Metode pemantapan mutu untuk penanganan dan pengujian spesimen urin meliputi:
  1. Penjelasan tentang cara pengumpulan spesimen yang tepat harus jelas di informasikan kepada pasien. Teknik pengumpulan urin ini harus bersih ketika menampung merupakan yang terbaik pada pengujian urinalisis untuk memberikan sampel yang bebas kontaminan.
  2. Sebuah wadah penampung steril dengan label yang sesuai harus diberikan kepada pasien. Hal ini memungkinkan spesimen tetap bebas kontaminasi jika ada pemeriksaan kultur  yang ditambahkan ke spesimen setelah urinalisis dilakukan.
  3. Pengujian harus dilakukan dalam waktu 1 jam jika memungkinkan. Jika ini tidak memungkinkan, sampel didinginkan atau diawetkan pada suhu 4 ° sampai 6 ° C , pemeriksaan diharuskan tidak lebih dalam waktu 1 jam.
  4. Kalibrasi dan penggunaan Quality Control spesimen pada refraktometer jika digunakan untuk uji gravitasi spesifik harus diimplementasikan.
  5. Pelatihan staf harus terus dilakukan untuk standarisasi persyaratan yang digunakan untuk melaporkan hasil pemeriksaan fisik urin dan hasil lainnya.
  6. Penggunaan Quality Control spesimen eksternal harus terjadi; Quality Control Spesimen positif dan negatif harus disiapkan untuk semua parameter yang dilaporkan pada spesimen pasien. Frekuensi pengujian tergantung pada jumlah tes urinalisis yang dilakukan, rekomendasi pabrikan, dan kebijakan laboratorium yang diadopsi.
  7. Strip reagen harus disimpan dengan benar; strip urine tersebut harus tetap berada dalam wadah aslinya dengan kemasan yang berasal dari pabriknya, dan jangan sampai terkena cahaya langsung dan terlindungi dari lingkungan yang lembab. Tutup harus tetap berada di wadah agar kelembaban tidak mempengaruhi strip, yang akan mengakibatkan hasil yang salah.
  8. Sentrifugal yang digunakan untuk memutar spesimen urin harus dikalibrasi secara teratur.
  9. Quality Control spesimen komersil harus diperiksa oleh semua yang melakukan pemeriksaan mikroskopis urine. Slide dan gambar yang digunakan untuk pengujian keahlian mungkin juga berguna.



Sumber :
Sonstance L. Lieseke dan Elizabeth A. Zeibig. 2012. Essentials of Medical Laboratory Practice. F.A. Davis Company ; Philadelphia


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »