Tes Kreatinin Darah Dalam Mendiagnosis Gagal Ginjal Kronik (GGK)

Kreatinin adalah molekul limbah kimia yang dihasilkan dari metabolisme otot. Kreatinin diproduksi dari kreatin, molekul yang sangat penting untuk produksi energi di otot. Sekitar 2% dari kreatin tubuh dikonversi menjadi kreatinin setiap hari. Kreatinin diangkut melalui aliran darah ke ginjal. Ginjal menyaring sebagian besar kreatinin dan membuangnya dalam urin. Ginjal mempertahankan kreatinin darah dalam kisaran normal. Kreatinin telah ditemukan sebagai indikator fungsi ginjal yang cukup andal. Tingkat kreatinin yang meningkat menandakan gangguan fungsi ginjal atau penyakit ginjal.
Kreatinin Darah,kreatinin darah adalah,kreatinin darah meningkat,kreatinin darah rendah,kreatinin darah tinggi artinya,kreatinin darah dibawah normal,kreatinin darah diatas normal,kreatinin darah pdf,kreatinin darah itu apa,kreatinin darah rendah adalah,kreatinin dalam darah tinggi,pemeriksaan kreatinin darah pdf,menurunkan kreatinin darah,pemeriksaan kreatinin darah,jurnal kreatinin darah,kreatinin cuci darah,penyebab kreatinin darah tinggi,laporan kreatinin darah,pengertian kreatinin darah,batas kreatinin darah,tes kreatinin darah,kadar kreatinin darah adalah,kreatinin darah rendah artinya,apa kreatinin darah,cuci darah kreatinin berapa
Tes Kreatinin Darah Dalam Mendiagnosis Gagal Ginjal Kronik

Prinsip Pemeriksaan Kreatinin Darah

Yang digunakan adalah metode Jaffe reaction. Pengukuran juga dilakukan secara fotometriks dengan prinsip : Kreatinin bereaksi dengan picric acid membentuk suatu kompleks.

Persiapan Pasien : Tidak memerlukan persiapan khusus.

Persiapan Sampel :
Sampel serum atau plasma heparin lebih disukai.
Hindari pemakaian spesimen yang keruh, ikterik, dan hemolisis.
Bila terpaksa disimpan selama beberapa hari, sampel paling baik disimpan di dalam suhu dingin.

Alat dan Bahan
Cara manual/semi automatik :
- Tabung reaksi dan rak tabung
- Pipet volumetrik (50 Âµl, 1000µl)
- Fotometer 4020 (λ 492 nm)
- Reagensia : R1 Sodium hydrozide 0,20 mol/l.
                      R2 Picric acid 25 mmol/l
                      R1 dan R2 larutan siap pakai

Cara automatik :
- Alat automatik Cobas Mira
- Tabung mikro dan rak sampel
- Pipet volumetrik 500 µl
- Reagensia : seperti yang digunakan pada cara manual/semi automatik.

Cara Kerja Pemeriksaan Ureum dalam Darah

Cara Manual/semi automatik :
  • Campur larutan R1 dan r2 dengan perbandingan 5:1 sesuai dengan keperluan. 
  • Biarkan campuran larutan selama 30 menit pada suhu kamar. Larutan stabil selama 5 jam pada suhu 15-250C.
  • Masukkan ke dalam tabung 50 ml sampel dan 1000 ml larutan reagen. Campur dan isapkan ke fotometer 4020. (Jalankan sesuai prosedur fotometer 4020).
  • Kadar kreatinin akan didapatkan dalam lembar print out.

Cara Automatik :
  • Masukkan 500 mL serum penderita ke tabung mikro.
  • Letakkan tabung mikro pada tempatnya di Cobas Mira.
  • tekan tombol Kreatinin pada Cobas Mira (jalankan sesuai prosedur).
  • Hasil secara automatik, berupa lembar print out.

Nilai rujukkan kreatinin darah :


  • Pria : 0,7-1,1 mg/dL
  • Wanita : 0,6-0,9 mg/dL

Interpretasi Hasil Pemeriksaan Kreatinin Darah

Pada GGK dijumpai peningkatan kadar kreatinin.

Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"

PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com


DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.