Pemeriskaan Air Liur Dapat Meningkatkan Kontrol dan Pengobatan Diabetes

Device Pemeriksaan Diabetes dengan Spesimen Air Liur.

Infolabmed. Protein dalam air liur dapat mengidentifikasi diabetes tipe 1 yang tidak terkontrol pada anak-anak dan remaja, membantu memprediksi dan mencegah komplikasi yang terkait dengan sebuah penyakit.



Saat ini pemeriksaan diabetes bergantung pada pengukuran kadar gula darah - tetapi sampel air liur secara sederhana dapat menggantikan pengujian ini, menurut sebuah penelitian terbaru. Studi yang diterbitkan pada Frontiers in Physiology, dan yang paling komprehensif dari jenisnya hingga saat ini, menemukan bahwa protein dalam air liur mencerminkan gula darah tinggi dan proses penyakit terkait pada pasien muda dengan diabetes tipe 1, jauh sebelum munculnya gejala klinis. Ini dapat menyebabkan prediksi yang lebih baik dan pencegahan komplikasi jangka panjang dari penyakit diabetes ini.

Orang dengan diabetes tipe 1 menghasilkan terlalu sedikit insulin. Hormon ini diperlukan bagi tubuh untuk menggunakan gula dan mengubahnya sebagai energi, sehingga kekurangan insulin menyebabkan gula yang tidak terpakai menumpuk di dalam darah. Gula berlebih ini pada gilirannya menyebabkan komplikasi seperti kerusakan kardiovaskular, ginjal, mata dan saraf.

Tanpa obat yang diketahui untuk diabetes tipe 1, kunci untuk mencegah komplikasi ini adalah pengendalian kadar gula darah secara hati-hati. Ini dicapai dengan suntikan insulin — seimbang dengan faktor gaya hidup seperti diet dan olahraga — dan membutuhkan tes darah secara teratur untuk memantau kontrol kadar gula dalam darah.

Namun pemantauan invasif ini bisa menimbulkan masalah, terutama pada anak-anak dan remaja.

“Proses pengumpulan darah melalui pengambilan sampel berulang menyebabkan ketidaknyamanan dan menghalangi kepatuhan pasien,” jelas salah satu peneliti Profesor Heleni Vastardis dari Northern Kentucky University (NKU) Sekolah Kedokteran Gigi Athena. “Pengumpulan spesimen ludah yang mudah, sederhana, tidak menyakitkan, non-invasif adalah media diagnostik yang paling menarik ketika memeriksa diabetes pada anak-anak.”

Air liur kita mengandung ribuan protein yang dihasilkan oleh kelenjar liur dan gusi kita, dengan peran penting seperti penyembuhan, pencernaan, dan melawan penyakit. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa jumlah masing-masing protein ini - secara kolektif disebut "protease saliva" - berbeda antara orang sehat dan mereka yang menderita diabetes.



Vastardis dan rekan melihat potensi besar dalam temuan ini. "Saliva dianggap sebagai cerminan dari kesehatan tubuh dan penyakit dan kemungkinan perubahan tujuan dalam perawatan kesehatan dan klinis," katanya.

Studi baru mereka adalah karakterisasi paling komprehensif dari protease saliva hingga saat ini. Ini menganalisis sampel air liur dari diabetes tipe 1 yang dimulai dengan kontrol gula darah rendah dan mencocokan dengan subjek yang sehat, menggunakan teknik yang sangat sensitif untuk mengidentifikasi dan mengukur lebih dari 2.000 protein yang berbeda.

Para peneliti menemukan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang dimulai dengan kontrol gula darah yang baik (normal) memiliki profil protein air liur yang mirip dengan non-diabetes.

Sebaliknya, diabetes pada anak-anak dengan diabetes tipe 1 yang tidak terkontrol menunjukkan profil protein air liur yang sangat berbeda. Perbedaannya adalah protein yang diketahui memiliki peran kunci dalam peradangan, pembekuan dan fungsi pembuluh darah - proses tersebut  terganggu oleh gula darah tinggi dan dengan demikian mendasari komplikasi jangka panjang utama diabetes.

Yang penting, tidak ada pasien dengan diabetes usia muda ini memiliki tanda klinis seperti kerusakan mata, ginjal, atau saraf.

"Dengan kata lain, tanda-tanda patologi diabetes sudah di identifikasi jauh sebelum manifestasi komplikasi klinis terjadi," Vastardis menjelaskan.

Ini menunjukkan bahwa protease saliva diabetik dapat digunakan untuk memprediksi komplikasi — dan membantu mencegahnya. “Diagnosa saliva memungkinkan penilaian pasien diabetes asimptomatik dan identifikasi pasien berisiko tinggi yang kemungkinan menghadapi komplikasi diabetes. Pengetahuan ini dapat menawarkan akses ke titik-titik baru intervensi. ”

Untuk menunjukkan metode pengjuian ini, kelompok peneliti ini menggunakan hasil data mereka untuk mengidentifikasi pengobatan dan pencegahan baru yang potensial pada pasien diabetes dengan usia muda dengan kontrol diabetes yang buruk. Dengan mencari database gen, mereka menemukan kandidat obat yang mampu membalikkan perubahan protease saliva terkait dengan gula darah tinggi.

Vastardis percaya bahwa bukti-konsep penelitian ini menunjukkan adanya kekuatan analisis pada protein saliva dalam penelitian diabetes - dan akan segera dilakukan diabetes klinis.

“Kami membayangkan bahwa dalam waktu dekat kami akan dapat mendiagnosis dan memantau strategi terapi pada diabetes dengan hanya setetes air liur, melalui teknik ultra-sensitif dan sangat spesifik seperti Multiple Reaction Monitoring  yang digunakan dalam penelitian kami dan  real-time, non-invasif,  alat pemantauan glukosa saliva. "

“Namun demikian, kelompok yang lebih besar diperlukan untuk sepenuhnya memanfaatkan informasi dan memperhitungkan varians potensial.” (Sumber: MLO Online)

PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Baca juga :

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.