Total Pageviews

Check Page Rank

Penjelasan Tentang Trigliserida

Posted by On 9:55 PM


Trigliserida adalah sejenis lemak dalam darah Anda. Minyak, margarin, mentega, dan sebagian besar lemak lainnya dalam makanan Anda adalah trigliserida. Darah Anda menyerapnya setelah Anda makan. Tapi semua itu bukanlah satu-satunya sumber trigliserida. Tubuh Anda juga mengubah kalori ekstra - terutama dari "karbohidrat sederhana" seperti kue kering, roti putih, permen, gula, dan alkohol - menjadi trigliserida dan menyimpannya dalam sel-sel lemak.

Penjelasan Tentang Trigliserida
Penjelasan tentang Trigliserida

Apa yang Dimaksud Dengan Trigliserida Kolesterol?

Keduanya dikenal sebagai “lipid,” tetapi hanya trigliserida yang merupakan lemak. Kolesterol adalah zat lilin yang dibuat oleh hati dan usus Anda (Anda mendapatkan beberapa dari makanan juga) yang membantu membuat selaput sel dan hormon. Ini juga membantu tubuh Anda mencerna makanan.

Apakah Mereka Baik untuk Anda?

Ya, dalam kadar yang tepat. Tubuh Anda menggunakannya untuk mentransfer dan menyimpan energi untuk digunakan pada saatnya. Tetapi jika kadarnya terlalu banyak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, terutama jika Anda sudah memiliki kadar  "jahat" (LDL)-kolesterol  yang tinggi.

Apa itu Lipoprotein?

Trigliserida tidak bisa mengambang di dalam darah Anda sendirian. Jadi mereka naik pada protein tertentu, yang disebut "lipoprotein." Dengan begitu, mereka dapat bergerak di sekitar tubuh Anda sampai Anda menyimpannya dalam sel-sel lemak.

Bagaimana Anda Mengetahui Level Anda?

Dokter Anda mungkin akan memberikan formulir pemeriksaan laboratorium untuk melakukan pemeriksaan trigliserida dan kolesterol Anda bersama-sama. Flebotomists akan mengambil sampel darah, dan mereka mungkin meminta Anda untuk menghindari makanan atau minuman tertentu atau berhenti makan selama setengah hari atau lebih sebelumnya, untuk membuat hasilnya lebih akurat. Laboratorium akan melaukan pemeriksaan terhadap darah Anda.

Apa itu Profil Lipid?

Pemeriksaan ini bertujuan untuk memberitahu Anda kadar kolesterol "baik" (HDL), kolesterol "jahat" (LDL), dan trigliserida dalam darah Anda. Dokter Anda mungkin memasukkan angka-angka itu ke dalam rumus untuk mendapatkan angka tunggal yang menunjukkan "kolesterol darah total." Kadar yang tinggi dapat meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit jantung. Usia, riwayat keluarga, merokok, tekanan darah, dan hal-hal lain dapat memengaruhi kadar pemeriksaan Anda. Jadi bicarakanlah persiapan pemeriksaan laboratorium sebelum dilakukan pengambilan darah terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Haruskah Saya Berpuasa Sebelum Pengambilan Darah?

Kadar trigliserida biasanya lebih tinggi setelah Anda makan. Itu sebabnya dokter terkadang meminta Anda untuk tidak makan atau minum (kecuali air) dalam 12 jam sebelum tes darah Anda dilakukan. Informasikan jika Anda sedang diet, mengkonsumsi alkohol, apakah Anda sedang mengalami menstruasi (untuk wanita), waktu, dan olahraga terbaru juga dapat memengaruhi hasil pemeriksaan Anda.

Cara Membaca Hasil Pemeriksaan Laboratorium?

Hasil pemeriksaan kadar trigliserida akan berupa print-out yang dikeluarkan oleh laboratorium yaitu berupa nilai atau angka-angka, hasil pemeriksaan itu didasarkan pada keadaan Anda puasa selama 12 jam :
  • Diinginkan: Kurang dari 150 mg / dL (1,7 mmol / L)
  • Garis batas tinggi: 150 hingga 199 mg / dL (1,7-2,2 mmol / L)
  • Tinggi: 200 hingga 499 mg / dL (2,3-5,6 mmol / L)
  • Sangat tinggi: 500 mg / dL atau lebih besar (5,6 mmol / L)

Apakah Hasil Pemeriksaan yang Tinggi Merupakan Gejala?

Biasanya tidak. Itulah mengapa sebaiknya Anda menguji kadar lipid Anda, termasuk trigliserida, secara teratur. Seiring waktu, kadar trigliserida tinggi bisa menjadi tanda kondisi lain yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Mereka juga terikat pada obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan penyakit tiroid.

Kapan Saya Harus Melakukan Pemeriksaan Laboratorium?

Anda harus berbicara dengan dokter Anda, yang akan datang dengan rencana seberapa sering untuk melakukan pemeriksaan darah berdasarkan riwayat keluarga, usia, dan jenis kelamin Anda. Dokter Anda juga akan mempertimbangkan kondisi medis lain yang Anda miliki dan obat-obatan yang sedang Anda minum.

Trigliserida Tinggi? Sekarang Bagaimana?

Pertama Anda perlu tahu penyebabnya. Mungkin Anda hanya perlu mengubah pola makan dan berolahraga lebih banyak. Tetapi masalah dengan hati Anda, tiroid, atau kondisi lain seperti diabetes juga dapat menyebabkan kadar trigliserida meningkat. Atau mungkin kombinasi. Setelah dokter Anda mengetahuinya, Anda dapat mengobati akar masalahnya.

Apakah Harus Diet?

Ya, harus. Tapi tidak seperti yang Anda pikirkan. Meskipun mereka terdiri dari lemak, sebagian besar trigliserida dibuat oleh tubuh Anda dari karbohidrat ekstra. Yang mengandung gula dan bertepung adalah jenis yang terburuk. Carilah karbohidrat "kompleks" seperti sayuran dan biji-bijian sebagai gantinya. Bagian lemak jenuh (terutama ditemukan dalam produk hewani) demi lemak “baik” yang ditemukan dalam minyak zaitun, kacang, biji-bijian, dan ikan.

Bagaimana dengan Berat Badan?

Jika Anda kelebihan berat badan, kehilangan beberapa pon pada berat badan Anda dapat menurunkan kadar trigliserida Anda. Bahkan 5 hingga 10 pon dapat membuat perbedaan pada kadar trigliserida. Hal ini sebaiknya fokus pada manfaat untuk lebih banyak melepaskan energi dan menjaga kesehatan dengan lebih baik, bukan hanya angka dalam skala. Dan ingat bahwa jika Anda makan berlebihan, tubuh Anda mengubah kalori ekstra menjadi trigliserida dan menyimpannya sebagai lemak.

Apakah Diperlukan Menggerakan Badan?

Betul sekali. Usahakan setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu. Olahraga teratur dapat menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol "baik". Berjalan-jalan, berenang, atau menari - apa pun yang Anda nikmati dan yang membuat jantung Anda berdetak lebih cepat. Bahkan jika Anda tidak dapat melakukannya selama 30 menit, Anda dapat melakukan pressure dalam 10 menit setiap saat, seperti : Berjalan pada waktu makan siang, push-ups saat Anda menonton acara TV favorit Anda, pesta dansa dengan anak-anak Anda.

Bagaimana dengan Alkohol?

Alkohol ini memiliki kadar tinggi kalori dan gula, yang dengan sendirinya merupakan suatu yang buruk. Selain itu alkohol tampaknya buruk untuk kadar trigliserida. Bahkan dalam asupan atau konsumsi alkohol anda dalam skala kecil dapat meningkatkan level trigliserida Anda.

Obat-obatan apa yang diperlukan?

Anda tetap harus melakukan diet sehat, olahraga teratur, dan menajga berat badan Anda. Jika itu tidak cukup, mungkin dokter Anda akan merekomendasikan penambahan obat atau suplemen. Hal ini mungkin termasuk statin (yang juga dapat mengekang kolesterol "jahat"), suplemen omega-3, niacin (vitamin, tetapi jangan mengkonsumsinya tanpa berbicara terlebih dahulu dengan dokter Anda karena kemungkinan efek samping yang dapat ditimbulkannya), dan ada beberapa dari jenis obat yang disebut fibrat

Sumber :
  1. Web MD. (2018). All About Triglycerides. [Online]. Tersedia : https://www.webmd.com/cholesterol-management/ss/slideshow-about-triglycerides?icd=oas_chl_180313_cons_SS_triglycerides. (20 September 2019)
PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com
Baca juga :


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »