Total Pageviews

Check Page Rank

Prinsip Dasar Laboratorium Medik

Posted by On 4:18 AM


Prinsip Dasar Laboratorium Medik
Prinsip Dasar Laboratorium Medik

Infolabmed. Mendengar kata laboratorium tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. ketika Anda sakit dan pergi ke rumah sakit atau ke dokter, sebelum tindakan pengobatan biasanya Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke laboratorium. 



Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa harus diperiksa dahulu di laboratorium? Mengapa dokter tidak langsung saja memberi obat atau  tindakan medis selanjutnya? Seberapa penting hasil pemeriksaan laboratorium itu berpengaruh  terhadap tindakan pengobatan? 

Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, maka tentu Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu laboratorium medik. Sekarang, dengan tugas Anda sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM), mengetahui apa itu laboratorium medik tentu menjadi sangat penting untuk meningkatkan mutu layanan Anda.

Dalam beberapa kondisi laboratorium medik juga biasanya dikenal hanya dengan istilah laboratorium saja. Maka tidak heran bila Anda berada di rumah sakit istilah yang tertulis pada nama ruangan hanya “Laboratorium”. 

Tetapi pada beberapa rumah sakit yang cukup besar -dengan jumlah laboratorium yang cukup banyak- biasanya laboratorium ini juga memiliki nama-nama khusus tergantung dari jenis pemeriksaannya, seperti Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Patologi, dan lain-lain. 

Keberadaan laboratorium ini sangat penting untuk rumah sakit khususnya bagi para dokter dalam menentukan jenis dan cara pengobatan. Selain di rumah sakit, beberapa laboratorium medik juga dikelola secara mandiri/swasta. Fungsinya sama saja, hanya pengelolaannya yang berbeda.

Dalam dunia laboratorium akan ada banyak istilah dan singkatan-singkatan yang harus dipelajari untuk memahami hasil dari pemeriksaan dan cara melakukan pemeriksaannya. Beberapa di antaranya mungkin pernah Anda dengar dan Anda ketahui artinya, beberapa juga mungkin pernah Anda dengar tetapi Anda tidak tahu artinya, atau mungkin juga tidak pernah Anda dengar sama sekali. 

Sumber : 
  1. Mardiana & Rahayu, Ira Gustiara. (2017). Bahan Ajar Teknologi Laboratorium Medis ; Pengantar Laboratorium Medik. Hal : 1-3. BPPSDMKes : Jakarta.
PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Baca juga :


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »