-->
Menu

Manual Prosedur HEALGEN Coronavirus Antigen Rapid Test Cassette (SWAB)

Wednesday, July 7, 2021

Manual Prosedur HEALGEN Coronavirus Antigen Rapid Test Cassette (SWAB). Rapid Test (Swab) Coronavirus Ag adalah sebuah alat tes in vitro imunokromatigrafi untuk deteksi kualitatif protein nukleokapsid antigen dari SARS-CoV-2 dalam spesimen usap /swab nasofaring (NP) secara langsung atau setelah usap ditambahkan ke media transportasi virus dari individu yang dicurigai terpapar COVID-19 oleh penyedia layanan kesehatan. Ini dimaksudkan untuk membantu dalam diagnosis cepat infeksi SARS-CoV-2. Rapid Test Ag Coronavirus (Swab) tidak membedakan antara SARS-CoV dan SARS-CoV-2. 

Manual Prosedur HEALGEN Coronavirus Antigen Rapid Test Cassette swab



Coronavirus baru termasuk dalam genus β. COVID-19 adalah saluran pernapasan akut penyakit menular. Orang pada umumnya rentan. Saat ini, para pasien terinfeksi oleh novel coronavirus adalah sumber utama infeksi;asimtomatik orang yang terinfeksi juga dapat menjadi sumber penularan. Berdasarkan arus investigasi epidemiologi, masa inkubasi adalah 1 sampai 14 hari, atau umumnya 3 sampai 7 hari. Gejala utama termasuk demam, kelelahan dan batuk kering. Sengau hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, mialgia dan diare ditemukan di beberapa kasus. Tes ini untuk mendeteksi antigen protein nukleokapsid SARS-CoV-2. Antigen umumnya terdeteksi pada spesimen saluran pernapasan atas selama fase akut infeksi. Diagnosis cepat infeksi SARS-CoV-2 akan membantu perawatan kesehatan profesional untuk merawat pasien dan mengendalikan penyakit dengan lebih efisien dan efektif. 


Prinsip Pemeriksaan Rapid HEALGEN Coronavirus Antigen

Coronavirus Ag Rapid Test Cassette (Swab) adalah alat imunokromatografi uji membran yang menggunakan antibodi monoklonal yang sangat sensitif untuk deteksi protein nukleokapsid SARS-CoV-2 di swab  nasoparing (NP). Strip untuk pengujian terdiri dari beberapa bagian, diantaranya : pad sampel, bantalan reagen, reaksi membran dan bantalan penyerap. Bantalan reagen mengandung koloid-emas terkonjugasi dengan antibodi monoklonal melawan protein nukleokapsid dari SARS-CoV-2; membran reaksi mengandung antibodi sekunder untuk protein nukleokapsid SARS-CoV-2. Seluruh strip dipasang di dalam alat. Ketika sampel ditambahkan ke dalam lubang sampel, konjugat yang dikeringkan dalam bantalan reagen dilarutkan dan bermigrasi bersama dengan sampel. Jika SARS-CoV-2 antigen hadir dalam sampel, kompleks yang terbentuk diantara anti-SARS-2 dan virus akan ditangkap oleh anti-SARS-2 khusus monoklonal antibodi dilapisi pada daerah garis uji (T). Tidak adanya garis T menunjukkan hasil negatif. Untuk berfungsi sebagai kontrol prosedural, garis merah akan selalu muncul di wilayah garis kontrol (C) yang menunjukkan bahwa volume sampel yang tepat telah ditambahkan dan penyerapan membran telah terjadi. 


Alat dan Bahan yang disediakan dalam Boks

  • 20 kaset uji / test
  • 20 swab steril
  • 20 tabungekstraksi dan ujung pipet, 1 workstation
  • 2 buffer
  • 1 paket tata cara penggunaan

Penyimpanan dan Stabilitas Reagen Healgen 

  • Kit dapat disimpan pada suhu kamar atau didinginkan (2-30 derajat celcius)
  • Jangan bekukan komponen alat test
  • Jangan gunakan alat tes dan reagen setelah tanggal kadaluarwa
  • Tutup kembali wadah yang telah dikeringkan segera setelah alat test dilepas
  • Alat test yang telah berada diluar wadah lebih dari 1 jam harus dibuang

Pengumpulan Spesimen Coronavirus 

cara pengumpulan spesimen swab antigen rapid healgen covid19



Gunakan swab nasofaring yang ada didalam kit/kemasan.
  1. Masukkan alat swab dengan hati-hati ke dalam lubang hidung pasien, mencapai permukaan nasofaring posterior, yang menyajikan sekresi paling banyak dibawah inspeksi visual. 
  2. Oleskan pada permukaan nasofaring posterior. Putar swab beberapa kali. 
  3. Tarik kapas dari rongga hidung. 

Prosedur Persiapan Pemeriksaan SARS-CoV-2 Rapid Antigen HEALGEN

  1. Masukkan tabung ekstraksi reaksi ke dalam work station di produk ini. Pastikan bahwa tabung berdiri kokoh dan mencapai bagian bawah workstation.
  2. Tambahkan 0,3 mL (sekitar 10 tetes) buffer ekstraksi sampel kedalam ekstraksi tabung. 
  3. Masukkan swab kedalam tabung ekstraksi yang berisi 0,3 mL ekstraksi buffer. 
  4. Putar swab setidaknya 6 kali sambil menekan kepala kabagian bawah swab dan sisi tabung ekstraksi. 
  5. Remas tabung beberapa kali dengan jari dari luar tabung untuk merendam swab. Angkat swab. Hasil yang diesktraksi akan digunakan sebagai sampel uji. 
persiapan sampel spesimen swab antigen covid19 antigen


 Transportasi dan Penyimpanan Spesimen

Spesimen harus di uji secepat mungkin setelah diperoleh. Jika transportasi sampel dengan media transport virus (VTM) diperlukan, pengenceran minimal sampel dianjurkan, meskipun pengenceran dapat menyebabkan penurunan sensitivitas alat. Jika memungkinkan, 1 mililiter atau kurang adalah yang terbaik untuk menghindari pengenceran yang berlebihan sampel pasien. Sambil memegang kapas, lepaskan tutup dari tabung. Masukkan kapas ke dalam tabung sampai breakpoint sejajar dengan lubang tabung. Tekuk batang swab paa sudut 180 derajat untuk mematahkannya pada titik putus. Anda mungkin perlu memutar batang swab dengan hati-hati untuk meminimalisir kerusakan. Berdasarkan data yang dihasilkan dengan virus influenza, atau usapan nasofaring di VTM stabil hingga 72 jam pada 2 derajat hingga 8 derjat celcius. 

Catatan : Saat menggunakan media transport virus (VTM), penting untuk memastikan bahwa VTM  yang berisi sampel dihangatkan hingga suhu kamar. Sampel dingin tidak akan mengalir dengan benar dan dapat menyebabkan hasil yang salah atau tidak valid. Beberapa menit diperlukan untuk membawa sampel dingin ke suhu kamar. 


Prosedur Pemeriksaan SARS-CoV-2 Rapid Antigen HEALGEN

prosedur pemeriksaan rapid antigen healgen covid19



Biarkan perangkat uji, sampel uji dan buffer untuk didiamkan pada suhu ruangan (15-30 derajat celcius) sebelum pengujian. 
  1. Lepaskan alat tes dari kantong tertutup sesaat sebelum pengujian dan letakkan diatas alas pengerjaan. 
  2. Masukkan nosel dengan filter ke dalam tabung ekstraksi sampel dengan erat
  3. Balik tabung ekstraksi sampel, dan tambahkan 4 tetes (sekitar 100 mikron) uji sampel dengan menekan tabung larutan yang telah diesktraksi ke dalam window sampel. 
  4. Tunggu hingga pita berwarna muncul. Hasulnya harus dibaca dalam 15 menit. 
  5. Jangan menafsirkan hasilnya setelah 20 menit. 

Interpretasi Hasil Pemeriksaan SARS-CoV-2 Rapid Antigen HEALGEN

interpretasi hasil swab antigen rapid test healgen covid19



  • POSITIF : munculnya dua garis pada garis kontrol (C) dan garis uji (T) dalam window test menunjukkan hasil yang positif.
  • NEGATIF : kemunculan hanya pada garis kontrol (C) dalam window test menunjukkan hasil negatif. 
  • TIDAK VALID : Jika garis kontrol (C) tidak terlihat dalam window test setelah melakukan tes, hasilnya, dianggap tidak valid. Beberapa penyebab hasil tidak valid adalah karena tidak mengikuti petunjuk dengan benar atau alat test mungkin telah melebihi tanggal kadaluarsa. Dianjurkan agar spesimen diuji ulang dengan menggunakan tes baru. 

Catatan :
  1. Intensitas warna diwilayah garis uji (T) dapat bervariasi tergantung pada konsentrasi analisis yang aa dalam spesimen. Karena itu, warnanya samar pun diwilayah garis uji (T) harus dianggap positif. Harap dicatat bahwa ini adalah uji kualitatif saja, dan tidak dapat menentukan konsentrasi analit pada spesimen. 
  2. Volume spesimen yang tidak mencukupi, prosedur operasi yang salah atau tes yang kadaluarsa alasan yang paling mungkin untuk kegagalan garis kontrol (C). 





Sumber : Insert Kit HEALGEN COVID-19 Ag Rapid Test

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Protected by Copyscape