-->
Menu

Manual Prosedur ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test

Wednesday, June 9, 2021

Manual Prosedur ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test. SARS-CoV-2 termasuk dalam keluarga besar virus corona yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit, mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah. Infeksi SARS-CoV-2 menyebabkan penyakit COVID-19 yang mengakibatkan berbagai gejala klinis, mulai asimptomatik hingga demam, kelelahan dan batuk kering, serta kemungkinan menyebabkan penyakit parah bahkan kematian. Sebagian besar pasien dapat sembuh tanpa perawatan khusus. Menurut data terbaru, sekitar 15-20% orang yang terinfeksi menjadi sakit parah dan sulit bernapas. Orang tua dan mereka yang memiliki masalah kesehatan medis, seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung, atau diabetes, cenderung lebih mudah terserang penyakit parah.


Manual Prosedur ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test
Ilustrasi. (Foto : https://www.alodokter.com/) 


Penularan virus dari orang ke orang telah dikonfirmasi dan terutama terjadi melalui percikan napas dari batuk dan bersin dalam jarak sekitar 6 kaki (1,8 m)3. RNA virus juga telah ditemukan pada sampel feses pasien. Kemungkinan virus ini dapat menular meskipun dalam periode inkubasi, namun teori ini belum terbukti. 


Saat ini, metode laboratorium untuk mendeteksi COVID-19 adalah PCR. Namun, metode ini memerlukan peralatan canggih dan teknisi laboratorium yang sangat terlatih. ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test adalah pengujian yang mudah digunakan dan hemat biaya yang dapat dilakukan di pengatran tempat perawatan. 


ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test mendeteksi adanya antigen dari virus SARS-CoV-2 dalam tujuh hari pertama sejak timbulnya gejala. Hasil tes terus diinterpretasi dalam waktu 15 menit. Hasil tidak boleh diinterpretasi setelah 20 menit. Tenaga dengan keahlian minimal dapat melakukan tes, tanpa menggunakan peralatan laboratorium yang rumit. 


Prinsip Pemeriksaan  ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test


ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test adalah tes berbasis pengujian immunikromatografi aliran lateral. Kaset tes terdiri atas : 1) bantalah konjugasi berwarna yang mengandung antibodi anti-SARS-CoV-2 yang dikonjugasikan dengan emas koloid (konjugasi antibodi) dan, 2) strip membran nitroselulosa yang terdiri atas satu garis tes (garis Ag) dan satu garis kontrol (garis C). Garis tes telah dilapisi sebelumnya dengan antibodi anti-SARS-CoV-2 dan garis C telah dilapisi sebelumnya dengan antibodi kontrol. 


Spesimen dikumpulkan dengan swab nasofaring atau nasal dan antigen SARS-CoV-2 diekstraksi dari swab dengan buffer ekstraksi. Atau, sampel yang disimpan dalam VTM (viral transport medium) dapat langsung dites. Bila diterapkan ke sampel dengan baik, spesimen yang diesktraksi akan bermigrasi melintasi strip tes dengan aksi kapiler. Jika ada dalam ekstrak, antigen SARS-CoV-2 akan terikat dengan konjugasi antibodi dan imunokompleks yang kemudian ditangkap di membran oleh antibodi anti-SARS-CoV-2 yang telah dilapisi sebelumnya, sehingga membentuk garis Ag berwarna yang menunjukkan hasil tes positif COVID-19. 


Tes terdiri atas kontrol internal (garis C) yang akan menampilkan garis berwarna, apapun perkembangan warna yang terjadi pada garis Ag. Jika garis C tidak berubah, hasil tes menjadi tidak valid, dan spesimen harus dites ulang dengan perangkat baru. 


Alat dan Bahan Pemeriksaan ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test 

Alat dan Bahan yang disediakan :
- Kaset yang dibungkus kantong foil
- Tabung ekstraksi sampel
- Rak tabung ekstraksi sampel
- Buffer ekstraksi9 sampel (2 botol, masing-masing 5 mL)
- Nosel
- Swab steril

Alat dan Bahan lain :
- Stopwatch
- Sarung tangan, gown (APD) yang sesuai standar


Pengumpulan dan Penanganan Sampel Untuk Pemeriksaan Antigen (Ag) COVID-19


Pertimbangankan setiap bahan yang berasal dari manusia sebagai berpotensi penularan, dan tangani dengan prosedur keamanan biologi standar. 

1. Bersihkan lendir dari hidung pasien. Masukkan swab dengan hati-hati ke dalam hidung yang mengeluarkan sekresi terbanyak dibawah inspeksi visual.

2. a. Pengambilan spesimen swab nasofaring (NP)

Pengambilan spesimen swab nasofaring (NP)



Masukkan swab steril yang disediakan beserta kit kedalam lubang hidung pasien, letakkan swab di dekat dasar septum hidung sambil dorong secara perlahan ke dalam nasofaring posterior seperti ditunjukkan pada gambar A. Putar swab beberapa kali, lalu keluarkan dari nasofaring. Tarik swab dari rongga hidung, lalu lanjutkan ke tahap ekstraksi spesimen dengan mengikuti Prosedur Pengujian yang dijelaskan di bawah ini. 


b. Pengambilan spesimen nasofaring swab

Pengambilan spesimen nasofaring swab


Masukkan swab steril yang disediakan beserta kit ke dalam lubang hidung pasien. Sambil memutar perlahan, dorong swab hingga mencapai resistensi di tingkat turbinate (kurang dari satu inci ke dalam lubang hidung) seperti ditunjukkan pada gambar B. Putar swab beberapa kali menyentuh hidung, lalu keluarkan dari lubang hidung. Dengan swab yang sama, ulang proses tersebut pada lubang hidung kedua untuk  memastikan bahwa sampel didapatkan dari kedua rongga hidung. Tarik swab dari rongga hidung, lalu lanjutkan ke tahap eksraksi spesimen dengan mengikuti Prosedur Pengujian yang dijelaskan dibawah ini. 


3. Pengiriman dan Penyimpanan Spesimen : Lakukan tes pada spesimen segera setelah diambil, dengan mengikuti prosedur pengujian berikut. Jika tidak segera diuji, spesimen yang diambil dari swab dapat disimpan pada suhu-2-8 derajat C hingga 8 jam sebelum pengujian. Spesimen VTM dapat disimpan dalam keadaan beku hingga digunakan. 


PROSEDUR PENGUJIAN ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test


Prosedur pengujian untuk menguji spesimen swab :

Langkah 1 : Bawa spesimen dan komponen uji ke suhu ruang (15-30 derajat C) jika diperlukan.

Langkah 2 : Tambahkan buffer ekstraksi sampel ke dalam tabung ekstraksi hingga meniskus mencapai garis horizontal yang tertera pada tabung (~0,3 mL, 9-10 tetes). Jaga agar tabung selalu tegak lurus menggunakan rak tabung ekstraksi sampel yang disediakan. 

Langkah 3 : Masukkan swab ke dalam buffer ekstraksi dalam tabung. Kocok swab minimal 5 kali. Tekan tabung pada kapas yang terendam beberapa kali untuk memfasilitasi ekstraksi spesimen. Angkat dan buang kapas dengan cara yang aman. 

Langkah 4: Pasang nosel ke tabung ekstraksi sampel yang berisi spesimen yang telah diekstraksi. Spesimen yang telah diekstraksi dalam tabung kini siap diuji. 

Langkah 5 : Lepas perangkat kaset dari kantong yang tertutup rapat sesaat sebelum pengujian. Letakkan perangkat pada permukaan rata dan bersih. Tandai perangkat dengan nomor ID spesimen. 

langkah 6 : Balik tabung dan tambahkan 3 tetes (~80-90 uL) dari spesimen yang diekstraksi ke dalam wadah sampel perangkat kaset dengan menekan tabung secara perlahan. 


PROSEDUR PENGUJIAN ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test


Langkah 7 : Atur perangkat penghitung waktu.

Langkah 8 : Baca hasil setelah 15 menit. Hasil positif dapat segera dilihat dalam waktu 3 menit. Hasil yang dibaca setelah 20 menit akan dianggap tidak valid dan harus diulang dengan perangkat baru. Buang perangkat yang telah digunakan sebagai limbah bahaya hayati dengan mengikuti undang-undang setempat yang mengatur pembuangan perangkat. 


Prosedur alternatif untuk spesimen yang disimpan dalam VTM

Tambahkan 90 uL spesimen VTM  secara langsung ke dalam wadah sampel perangkat kaset, lalu lanjutkan ke langkah 7 diatas. 

Catatan : Metode ini disarankan untuk sampel yang disimpan dalam VTM yang tidak mengandung pewarna indikator pH, karena warna pewarna dapat mengganggu pengujian. 


Interpretasi Hasil Pemeriksaan ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test


Interpretasi Hasil Pemeriksaan ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test NEGATIF


Hasil NEGATIF : Jika hanya garis C yang muncul, berarti tes menunjukkan tidaka da virus SARS-CoV-2 (antigen) yang terdeteksi dalam spesimen. Hasilnya Negatif atau Non Reaktif


Interpretasi Hasil Pemeriksaan ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test REAKTIF POSITIF


Hasil POSITIF : Jika garis C dan garis Ag yang muncul, virus SARS-CoV-2 ataus SARS-CoV-2 (antigen) ada dalam spesimen. Hasilnya POSITIF atau REAKTIF. Beberapa spesimen mungkin menghasilkan pita samar, namun setiap pita garis uji yang terlihat menunjukkan hasil positif terlepas dari intensitas pita. 


Interpretasi Hasil Pemeriksaan ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test INVALID


TIDAK VALID. Jika garis C tidak terlihat, pengujian menjadi tidak valid, terlepas munculnya warna pada garis Ag. Ulangi pengujian dengan perangkat baru. 


Sumber : Insert Kit ANSWER COVID-19 Ag Rapid Test

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Protected by Copyscape