-->
Menu

Pemeriksaan Anti HAV IgG/IgM Metode Rapid Tes

Tuesday, December 17, 2019

Pemeriksaan Anti HAV IgG/IgM Metode Rapid TesHepatitis A merupakan peradangan hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A (HAV).  Hepatitis A disebabkan oleh virus RNA, transmisi penyakit ini ditularkan secra fecal-oral dari makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dengan sampel yang terinfeksi, penularan bahkan bisa terjadi meskipun mengkonsumsinya dalam jumlah yang sangat kecil dan dapat juga ditularkan melalui hubungan seksual.

Pemeriksaan Anti HAV IgGIgM Metode Rapid Tes

Penyakit ini terutama menyerang golongan sosial rendah yang sanitasi dan higiennya kurang baik. Masa inkubasi penyakit ini dalah 14-50 hari. Dengan rata-rata 28 hari berlangsung dengan cepat. Gejala umum yang sering muncul saat seseorang terinfeksi virus Hepatitis A yaitu : Kelelahan, Mual dan muntah, Nyeri atau ketidaknyamanan perut, terutama di area hati di sisi kanan di bawah rusuk bawah, Hilang nafsu makan, Demam ringan, Urin gelap seperti teh, Nyeri sendi, Menguningnya kulit dan mata. 

Tes virus hepatitis A adalah tes darah yang dilakukan untuk mencari protein (antibodi) yang diproduksi oleh tubuh sebagai reaksi dari virus hepatitis A. Jenis protein ini hanya akan terdeteksi dalam tubuh jika Anda saat ini sedang terjangkit virus hepatitis A atau pernah memiliki riwayat medis serupa sebelumnya.

Infeksi HAV menyebar melalui makanan atau air yang telah terkontaminasi oleh feses dari orang pengidap HAV.
  • Antibodi IgM anti-HAV menunjukan bahwa infeksi hepatitis A baru terjadi belakangan ini. Antibodi IgM anti-HAV umumnya dapat terdeteksi dalam darah kurang lebih 2 minggu setelah kontak pertama dengan HAV. Antibodi jenis ini akan menghilang setelah 3 – 12 bulan setelah infeksi.
  • Antibodi IgG anti-HAV menunjukan bahwa Anda pernah terjangkit infeksi virus hepatitis A. Antibodi IgG anti-HAV akan muncul 8 – 12 bulan setelah kontak pertama infeksi dan akan terus menetap selamanya dalam darah sebagai perlindungan (imunitas) dari HAV.

Prinsip Kerja
pengikatan antigen oleh antibodi monoklonal yang spesifik. Diagnosa berupa uji stik untuk mendeteksi keberadaan antigen ataupun dalam sampel yang berupa darah, plasma,dan serum.

Cara Kerja

  1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan 
  2. SD HAV IgM/IgG rapid dikeluarkan dari wadah dan diletakkan pada tempat kering dan datar.
  3. Serum dipipet sebanyak 5µl dengan menggunakan dispossible pipet atau mikropipet  kemudian diletakkan pada sumur bertanda ‘s’.
  4. Reagen diluents ditambahkan ke dalam sumur diluents sebanyak 4 tetes.
  5. Hasil diinterpretasikan pada waktu 20 menit

Interpretasi Hasil
Foto : www.HAV-IgG-IgM-COMBO-ENG.pdf

  • Negatif : Hanya garis pada kontrol yang  terlihat  di perangkat  uji. Menandakan Tidak ada antibodi igG dan igM yang terdeteksi.
  • IgM Positif : Garis kontrol (C) dan garis IgM (M) terlihat pada perangkat uji. Menandakan positif untuk antibodi IgM terhadap virus Hepatitis A
  • IgG Positif : Garis kontrol (C) dan garis IgG (G) terliht pada perangkat uji. Menandakan positif untuk antibodi IgG.
  • IgG dan IgM Positif : Garis kontrol (C), garis IgM (M) dan garis IgG (G) terlihat atau muncul pada perangkat uji. Menandakan positif untuk keduanya antara antibodi IgM dan IgG.
  • Invalid : Garis kontrol gagal muncul. Menandakan Volume sampel yang tidak cukup atau teknik   prosedur   yang   salah   adalah     kemungkinan   terbesar   untuk gagalnya garis kontrol muncul pada alat uji. Ulangi tes menggunakan perangkat uji yang baru.


Sumber 
  • Anonym. 2019. Tersedia : lika parilia tersedia: https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/hepatitis/penyebab-gejala-hepatitis-a/
  • Asriah N. 2018. Pemeriksaan HAV (Hepatitis A Virus). Tersedia : https://dokumen.tips/documents/pemeriksaan-hav-imunnoserologi.html
  • Fitri. 2016. Hepatitis A Virus. Tersedia : http://fitrivivi96.blogspot.com/2016/12/hav.html
  • Samaida L Aprilia. 2018. Tes Hepatitis A. Tersedia : https://hellosehat.com/kesehatan/tes-kesehatan/tes-hepatitis-a/
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *