-->
Menu

Manual Prosedur Rapid Test COVID-19 Antigen Kaset COV-TEST

Monday, June 7, 2021

Manual Prosedur Rapid Test COVID-19 Antigen Kaset COV-TEST. Coronavirus baru (SARS-CoV-2) termasuk dalam genus β. COVID-19 adalah penyakit infeksi saluran pernapasan akut. Orang pada umumnya rentan. Saat ini, pasien yang terinfeksi novel coronavirus merupakan sumber utama penularan; Orang yang terinfeksi tanpa gejala juga dapat menjadi sumber penularan. Berdasarkan penyelidikan epidemiologi saat ini, masa inkubasi adalah 1 sampai 14 hari, kebanyakan 3 sampai 7 hari. Manifestasi utama termasuk demam, kelelahan dan batuk kering. Hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, mialgia dan diare ditemukan dalam beberapa kasus. 

 

Manual Prosedur Rapid Test COVID-19 Antigen Kaset COV-TEST

Rapid Test COVID-19 Antigen Kaset adalah immunoassay aliran lateral yang ditujukan untuk deteksi kualitatif antigen nukleokapsid SARS-CoV-2 pada usap nasofaring dan usap orofaring dari individu yang diduga COVID-19 oleh penyedia layanan kesehatan mereka. 


Hasilnya untuk identifikasi antigen nukleokapsid SARS-CoV-2. Antigen umumnya dapat dideteksi pada usap nasofaring dan usap orofaringeal selama fase infeksi akut. Hasil positif menunjukkan adanya antigen virus, tetapi korelasi klinis dengan riwayat pasien dan informasi diagnostik lain diperlukan untuk menentukan status infeksi. Hasil positif tidak menutup kemungkinan infeksi bakteri atau koinfeksi dengan virus lain. Agen yang terdeteksi mungkin bukan penyebab pasti penyakit. 


Hasil negatif tidak mengesampingkan infeksi SARS-CoV-2 dan tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya dasar untuk pengobatan atau keputusan manajemen pasien, termasuk keputusan pengendalian infeksi. Hasil negatif harus dipertimbangkan dalam konteks ekposur pasien baru-baru ini, riwayat dan adanya tanda dan gejala klinis yang konsisten dengan COVID-19, dan dikonfirmasi dengan uji molekuler, jika diperlukan untuk manajemen pasien. 


Rapid Test COVID-19 Antigen Kaset ini digunakan untuk orang-orang profesional dalam bidang kesehatan atau teknisi yang sudah terlatih dalam melakukan pemeriksaan aliran lateral. 


Prinsip Pemeriksaan Rapid Test COVID-19 Antigen Kaset

Pemeriksaan Rapid Test COVID-19 Antigen adalah immunoassay aliran lateral berdasarkan prinsip teknik sandwich antibodi ganda. Antibodi monoklonal protein nukleokapsid SARS-CoV-2 yang dikonjugasikan dengan partikel mikro warna digunakan sebagai detektor dan disemprotkan pada bantalan konjugasi. Selama pengujian, antigen SARS-CoV-2 dalam spesimen berinteraksi dengan antibodi SARS-CoV-2 yang terkonjugasi dengan mikropartikel warna membuat antigen-antibodi berlabel kompleks. Kompleks ini bermigrasi pada membran melalui aksi kapiler sampai garis uji, dimana ia akan ditangkap oleh antibodi monoklonal protein nukleokapsid SARS-CoV-2 yang telah dilapisi sebelumnya. Garis uji berwarna (T) akan terlihat dijendela hasil jika antigen SARS-CoV-2 ada dalam spesimen. Tidak adanya garis T menunjukkan hasil negatif. Garis kontrol (C) digunakan untuk kontrol prosedural, dan harus selalu muncul jika prosedur pengujian dilakukan dengan benar. 


Alat dan Bahan Pemeriksaan Rapid Test COVID-19 Antigen Kaset

Alat dan Bahan :

  • Kaset uji
  • Reagen ekstraksi (setiap ampul mengandung 0,3 mL reagen ekstraksi)
  • Usap steril (Usap sekali pakai untuk pengambilan spesimen)
  • Tabung ekstraksi
  • Pipet tetes
  • Timer
  • Spesimen nasofaring/orofaring


Penyimpanan dan Stabilitas Reagen/kaset Antigen SARS-CoV-2

  • Simpan sebagai dikemas dalam kantong tertutup pada suhu (4-30 0C atau 40-86 0F). Kit ini stabil dalam tanggal kadaluarsa yang tercetak pada label. 
  • Setelah kantong terbuka, tes harus digunakan dalam waktu satu jam. Kontak yang terlalu lama dengan lingkungan yang panas dan lembab menyebabkan kerusakan pada kit. 
  • LOT dan tanggal kadaluarsa dicetak pada label.


Cara Pengambilan Usap Nasofaring

  • Buka swab dakron pada kepasan
  • Miringkan kepala pasien ke belakang sekitar 70 derajat
  • Masukkan swab melalui lubang hidung sejajar dengan langit-langut (tidak ke atas) sampai ditemukan resistensi atau jarak yang setara dengan jarak dari telinga ke lubang hidung pasien, yang mengindikasikan kontak dengan nasofaring. Gosok perlahan dan gulung swab. Biarkan swab ditempatnya selama beberapa detik untuk menyerap sekresi. 
  • Lepaskan swab secara perlahan sambil memutarnya. 


Spesimen dapat diambil dari kedua sisi dengan menggunakan usap yang sama, tetapi tidak perlu mengumpulkan spesimen dari kedua sisi jika ujung usap sudah jenuh dengan cairan dari koleksi pertama. Jika septum yang menyimpang atau penyumbatan menimbulkan kesulitan dalam mengambil spesimen dari satu lubang hidung, gunakan swab yang sama untuk mengambil spesimen dari lubang hidung lainnya. 


Cara Pengambilan Usap Orofaring

Masukkan swab ke area faring posterior dan tonsil. Gosokkan swab pada kedua pilar tonsil dan orofaring posterior dan hindari menyentuh lidah, gigi dan gusi. 


Transportasi dan Penyimpanan Spesimen

Jangan mengembalikan swab kedalam kemasan swab aslinya. Spesimen yang baru dikumpulkan harus diproses secepat mungkin, tetapi tidak lebih dari satu jam setelah pengambilan spesimen. Spesimen yang dikumpulkan dapat disimpan pada suhu 2-8 0C tidak lebih dari 24 jam; Simpan pada -70 0 untuk waktu yang lama, tetapi hindari siklus pembekuan-pencairan yang berulang. 



Prosedur Pemeriksaan Rapid Test COVID-19 Antigen Kaset COV-TEST

Catatan : Diamkan kaset uji pada suhu kamar sebelum dilakukan pemeriksaan. 

  • Letakkan tabung ekstraksi di rak tabung (tersedia dalam box kit reagen)
  • Buka tutup reagen ekstraksi. Tambahkan semua reagen ekstraksi ke dalam tabung ekstraksi
  • Pengambilan sampel mengacu pada bagian 'Pengumpulan Spesimen'

Prosedur Pemeriksaan Swab Langsung

  1. Masukkan spesimen swab ke dalam tabung ekstraksi yang berisi reagen ekstraksi. Gulung ujung swab setidaknya 5 kali sambil menekan kepala ke bagian bawah dan samping tabung ekstraksi. Biarkan swab didalam tabung selama satu menit. 
  2. Lepaskan swab sambil menekan sisi tabung untuk mengeluarkan cairan dari kapas. Cairan yang telah di ekstraksi tersebut akan digunakan sebagai sampel pengujian
  3. Tutup tabung ekstraksi itu dengan ujung pipet dengan erat
  4. Keluarkan kaset uji dari kantung plastiknya 
  5. Teteskan tabung ekstraksi yang berisi cairan spesimen, peganglah tabung dengan posisi tegak, teteskan sekitar 3 tetes (kira-kira 100 mikron) secara perlahan ke dalam sumur spesimen (S) yang berada pada kaset uji, kemudian mulai lakukan penghitungan waktu. 
  6. Tunggulah hingga garis berwarna muncul. Interpretasikan hasil tes tersebut dalam 15 menit. Jangan baca hasil setelah 20 menit. 

Prosedur Pemeriksaan Spesimen Swab Antigen pada VTM (Viral Transport Media)

  1. Masukkan spesimen swab kedalam tabung VTM yang berisi maksimal 3 mL tanpa agen denaturasi
  2. Campur spesimen yang disimpan dalam VTM denan vortexing
  3. Pindahkan 300 mikron larutan VTM yang berisi spesimen ke dalam tabung ekstraksi yang berisi reagen ekstraksi dengan mikropipet terkalibrasi. Campur homogen dengan pipet keatas dan kebawah. 
  4. Tutupi tabung ekstraksi dengna ujung pipet dengan erat, dan biarkan larutan yang diekstraksi berdiri selama satu menit. 
  5. Ikuti langkah 4 sampai 6 pada Prosedur Pemeriksaan Swab Langsung diatas. 

Interpreatasi hasil pemeriksaan antigen SARS-CoV-2.
Interpreatasi hasil pemeriksaan antigen SARS-CoV-2. (Foto : https://www.liputan6.com/)


INTERPRETASI HASIL Pemeriksaan Rapid Test COVID-19 Antigen Kaset COV-TEST

  • Positif : Dua Garis Muncul. Satu garis berwarna muncul di wilayah kontrol (C), dan garis berwarna lainnya muncul di wilayah pengujian (T), terlepas dari intensitas garis pengujian. 
  • Negatif. Satu garis berwarna muncul di wilayah kontrol (C), dan tidak ada garis yang muncul di wilayah pengujian (T). 
  • Invalid : Garis Kontrol Gagal Muncul. Volume spesimen yang tidak mencukupi atau teknik prosedural yang salah adalah alasa yang paling mungkin untuk kegagalan jalur kontrol. Tinjau prosedur dan ulangi pengujian dengan menggunakan kaset pengujian baru. Jika masalah terus berlanjut, segera hentikan penggunaan lot dan hubungi distributor / penyalur reagen kit Anda. 

BATASAN PENGUJIAN Rapid Test COVID-19 Antigen Kaset COV-TEST

  • Produk dibatasi untuk memberikan deteksi kualitatif. Intensitas garis uji tidak selalu berkolerasi dengan konsentrasi antigen spesimen. 
  • Hasil negatif tidak menghalangi infeksi virus SARS-CoV-2 dan tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya dasar untuk keputusan manajemen pasien. 
  • Seorang dokter harus menafsirkan hasil dalam hubungannya dengan riwayat pasien, temuan fisik, dan prosedur diagnostik lainnya. 
  • Hasil negatif dapat terjadi jika jumlah antigen SARS-CoV-2 yang ada dalam spesimen dibawah ambang batas deteksi uji, atau virus telah mengalami mutasi asam amino minor diwilayah epitop target yang dikenali oleh monoklonal antibodi digunakan dalam tes. 

Sumber 

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *