Persiapan Pasien Sebelum Prosedur dan Diagnostik Laboratorium

Persiapan Pasien Sebelum Prosedur dan Diagnostik Laboratorium. Langkah pertama di setiap laboratorium atau prosedur diagnostik adalah persiapan pasien atau pengajaran pasien sebelum pelaksanaan prosedur. Penjelasan pra-tes kepada pasien atau pengasuh ini pada dasarnya mengikuti pola yang sama untuk semua lokasi dan jenis penelitian dan mencakup hal-hal berikut:

Persiapan Pasien Sebelum Prosedur dan Diagnostik  Laboratorium


• Pernyataan tujuan penelitian. Tingkat detail yang diberikan kepada pasien tentang tujuan tes bergantung pada banyak faktor dan harus disesuaikan secara individual di setiap pengaturan tertentu.

• Deskripsi prosedur, termasuk situs dan metode. Sebaiknya jelaskan kepada pasien bahwa Anda akan mengenakan sarung tangan selama prosedur berlangsung. Penjelasan tersebut akan membantu pasien memahami bahwa penggunaan sarung tangan adalah praktik standar yang ditetapkan untuk perlindungannya dan juga perlindungan Anda. Banyak institusi mengharuskan mencuci tangan di awal dan akhir setiap pengambilan spesimen di loket dan di antara setiap pasien.

• Deskripsi sensasi, termasuk ketidaknyamanan dan nyeri, yang mungkin dialami pasien selama prosedur pengambilan spesimen. Tangani kekhawatiran tentang rasa sakit yang terkait dengan prosedur dan sarankan teknik pernapasan atau visualisasi untuk meningkatkan relaksasi. Untuk pasien anak-anak, boneka dapat digunakan untuk "menunjukkan" prosedur tersebut. Jika sesuai, penggunaan obat penenang atau agen anestesi dapat membantu menghilangkan kecemasan yang mungkin dialami pasien yang berhubungan dengan antisipasi nyeri yang terkait dengan prosedur. Kepekaan terhadap masalah budaya dan sosial, serta kepedulian terhadap kesopanan, penting dalam memberikan dukungan psikologis.

• Instruksi tentang persiapan pra-tes yang berkaitan dengan diet, cairan, obat-obatan, dan aktivitas serta segala batasan terkait diet, cairan, obat-obatan, aktivitas, alergi yang diketahui, terapi, atau prosedur lain yang mungkin memengaruhi hasil tes. Untuk meningkatkan kepatuhan pasien, instruksi harus mencakup penjelasan mengapa kepatuhan yang ketat terhadap instruksi diperlukan.

• Pengakuan kecemasan terkait dengan hasil tes. Berikan lingkungan yang penuh kasih dan penenteraman. Bersiaplah untuk mendidik pasien tentang akses ke layanan konseling yang sesuai. Dorong pasien untuk mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan kekhawatirannya secara verbal.

Teknik pengumpulan khusus dan persiapan pasien berbeda-beda di setiap tempat, studi yang diperlukan, dan tingkat invasi. Teknik-teknik ini dijelaskan dalam monograf individu. 

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
Baca juga :

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments