Menu

Waktu Tahan Virus Corona Dipermukaan Benda Mati

Monday, April 6, 2020

Waktu Tahan Virus Corona Dipermukaan Benda Mati. Pada saat ini, virus corona menjadi sebuah wabah baru untuk dunia yang penyebarannya sangat cepat.  Virus ini pada awalnya berasal dari Wuhan, Tiongkok. Virus corona yang menyerang saluran pernapasan ini merupakan virus jenis baru (SARS-CoV-2) yang mana penyebarannya ke negara-negara eropa dan asia, seperti Italia, Iran, Korea Selatan, Malaysia, bahkan Indonesia.

Waktu Tahan Virus Corona Dipermukaan Benda Mati

Penularannya yang sangat cepat ternyata tidak hanya antar manusia melainkan virus ini dapat bertahan pada suatu permukaan benda mati yang terkontaminasi droplet dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi. Menjadi sebuah tantangan tentunya, berapa lamakah sebenarnya virus corona ini dapat bertahan pada benda mati?

Berapa lamakah virus corona bertahan pada benda mati?

Penyebaran COVID-19 dapat dilakukan dari orang ke orang melalui percikan-percikan (droplet) yang keluar dari hidung atau mulut orang yang terinfeksi saat bersin, batuk, atau mengeluarkan napas. Begitu Anda menghirupnya, otomatis virus akan masuk menjadi bagian Anda, dengan begitu Anda bisa terjangkit. 

Beberapa percikan-percikan yang juga bisa terdapat pada benda dan permukaan di sekitar Anda. Ketika Anda menyentuh benda atau permukaan tersebut, kemudian Anda secara sadar ataupun tida menyentuh mata, hidung, atau mulut maka virus akan leluasa masuk ke dalam tubuh.

Penyebaran seperti ini tentu saja membuat banyak orang merasa cemas, apakah benda-benda atau permukaan di sekelilingnya telah terkontaminasi virus SARS-CoV-2.

Maka Anda akan bertanya-tanya mengenai seberapa lama virus tersebut dapat bertahan pada sebuah benda? Sayangnya, dikarenakan virus penyebab COVID-19 ini merupakan jenis baru, maka belum banyak penelitian yang akurat mengenai seberapa lama virus ini dapat bertahan pada sebuah benda atau permukaan. 

Untuk sebuah acuan,  telah dilakukan penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Hospital Infection pada bulan Februari, yang mana penelitian tersebut menganalisis 22 studi mengenai virus-virus corona sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat lebih banyak gambaran mengenai berapa lamakah virus tersebut dapat bertahan hidup pada sebuah benda dan atau permukaan.

https://sehatqcontent.s3.amazonaws.com/content/article/Infografis/IG%20mar180320%202.jpg

Hasil dari pengujian ini, dari 22 studi yang dilakukan tersebut mengungkap bahwa virus corona, seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) coronavirus, Middle East Respiratory Syndrome (MERS) coronavirus, atau endemic human coronavirus (HCoV), dapat bertahan pada permukaan benda mati, seperti logam, kaca, atau plastik hingga 9 hari lamanya. Berikut ini mrerupakan uraian yang lebih lengkap mengenai berapa lama coronavirus dapat bertahan pada benda atau permukaan:

  • Pada baja, virus corona dapat bertahan selama 48 jam atau 2 hari
  • Pada alumunium, virus corona dapat bertahan selama 2-8 jam
  • Pada logam, virus corona dapat bertahan selama 5 hari
  • Pada kayu, virus corona dapat bertahan selama 4 hari
  • Pada kertas, virus corona dapat bertahan selama 4-5 hari
  • Pada kaca, virus corona dapat bertahan selama 4 hari
  • Pada plastik, virus corona dapat bertahan selama 5 hari atau kurang
  • Pada karet silikon, virus corona dapat bertahan selama 5 hari
  • Pada lateks, virus corona dapat bertahan selama 8 hari
  • Pada keramik, virus corona dapat bertahan selama 5 hari
  • Pada teflon, virus corona dapat bertahan selama 5 hari.

Meski belum dapat dipastikan, namun penelitian ini setidaknya menjadi bahan acuan kita untuk mengetahui seberapa lama virus corona ini dapat bertahan pada benda mati atau permukaan. Penelitian ini berlandaskan bahwa viris corona ini masih satu keluarga dengan virus corona lainnya sehingga kemungkinan akan memiliki kemiripan satu sama lain.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menginformasikan untuk menghindari benda-benda yang rawan menjadi tempat penularan virus corona, yaitu pegangan pintu, pegangan tangga, tombol lift, alat makan, gadget, dan tangan orang yang sakit.

Sumber : Disarikan dari sehatq.

GRATIS DOWNLOAD : Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (Covid-19)
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *