-->
Menu

Kelenjar Tiroid Menghasilkan Tiroksin Yang Berperan Mempengaruhi Metabolisme Tubuh

Friday, February 28, 2020

Kelenjar Tiroid Menghasilkan Tiroksin Yang Berperan Mempengaruhi Metabolisme Tubuh. Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar yang ada pada tubuh manusia. Kelenjar tiroid dapat ditemui pada bagian depan leher, sedikit di bawah laring. Kelenjar tiroid juga berfungsi dalam pengaturan kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Kelenjar Tiroid Menghasilkan Tiroksin Yang Berperan Mempengaruhi Metabolisme Tubuh

Tiroid mengeluarkan dua hormon penting, yaitu: Triiodotironin (T3) dan Tiroksin (T4).  Kedua kelenjar ini mengubah laju metabolisme yaitu dengan cara mengalir bersama-sama darah dan memicu sel untuk mengubah lebih banyak glukosa. 

Fungsi Hormon Tiroksin Pada Tubuh 

Hormon tiroksin merupakan salah satu hormon yang sangat penting bagi tubuh manusia. Fungsi utama hormon tiroksin adalah mengatur metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, kadar dan fungsi hormon tiroksin perlu dijaga kadarnya agar tetap dalam batas normal, sehingga metabolisme tubuh tidak terganggu.

Hormon tiroksin dalam bentuk aktif inilah yang nantinya akan bekerja dalam mengatur semua fungsi organ tubuh dan memastikan tubuh tetap sehat. Dibawah ini adalah beberapa fungsi hormon tiroksin di dalam tubuh: 
  1. Mengatur metabolisme tubuh
  2. Memelihara fungsi dan kerja jantung
  3. Menjaga fungsi otak
  4. Menjaga fungsi organ reproduksi
  5. Merangsang produksi hormon pertumbuhan

Kadar hormon tiroksin dalam tubuh harus tetap terjaga dalam batas normal, dikarenakan akan menggangu fungsi organ tubuh secara keseluruhan. Kadar hormon tiroksin dalam tubuh terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat memicu berbagai masalah kesehatan. 

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *