Menu

Mengamati Morfologi Mikroba Pada Medium Padat dan Medium Cair

Thursday, October 31, 2019

Mengamati Morfologi Mikroba Pada Medium Padat dan Medium Cair. Pada agar lempengan koloni tampak berupa bulat, tidak teratur, titik-titik, serupa akar, kumparan. Pada permukaan koloni nampak timbul datar, mendatar, melengkung, cembung, membukit dan tonjolan tumpul Tepi koloni utuh, berombak, seperti filamen, bergerigi, keriting.

Mengamati Morfologi Mikroba Pada Medium Padat dan Medium Cair

Pada agar miring, bentuk dan tepi koloni meliputi seperti benang, seperti pohon bercabang, titik-titik, seperti dun atau seperti akar. Bagaimana topografi, warna, elevasi dan wama medium. Pada medium agar tegak perhatikan pertumbuhannya, merata atau tidak bagaiman pertumbuhan pada bekas tusukan filiform, echinulate, beaded, villois, rhizoid atau arbescent.

Pada medium cair, perhatikan pertumbuhan pada permukaannya apakah berbentuk seperti cincin, bentuk seperti selaput atau tidak. Perhatikan pula kekeruhannya, sedikit, sedang atau sangat keruh. Jika ada bau, seperti apa baunya dan perhatikan pula endapannya (granuler, berlapis-lapis, kental atau tidak ada endapan sama sekali).

Langkah Kerja Pengamatan Morfologi Mikroba

  • Amatilah bentuk koloni dari hasil biakan kemudian catat dan beri keterangan mengenai bentuk, elevasi, dan bagian tepi/margin dari koloni bakteri
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *