Tes Troponin T Pada Infark Miokard Akut (IMA)

Tes troponin mengukur kadar protein troponin T atau troponin I dalam darah. Troponin adalah sekelompok protein yang ditemukan dalam serat otot rangka dan jantung (kardio) yang mengatur kontraksi otot. Tes Troponin mengukur tingkat troponin spesifik jantung dalam darah untuk membantu mendeteksi cedera jantung. Protein ini dilepaskan ketika otot jantung mengalami kerusakan, seperti yang terjadi pada serangan jantung. Semakin banyak kerusakan pada jantung, semakin besar jumlah troponin T dan I yang ada dalam darah.
Tes Troponin T Pada Infark Miokard Akut (IMA)

Ketika seseorang mengalami serangan jantung, kadar spesifik kardio troponin I dan T  dapat meningkat dalam darah selama 3 atau 4 jam setelah cedera dan dapat tetap meningkat selama 10 hingga 14 hari. 

Pemeriksaan Troponin T (Pre Analitik, Analitik dan Pasca Analitik)

 Persiapan pasien : Tidak ada persiapan khusus.

Persiapan sampel : Gunakan darah vena dengan antikoagulan EDTA atau heparin. Jangan menggunakan sampel yang telah didinginkan atau beku. Stabul selama 8 jam pada suhu ruang. 

Prinsip Pemeriksaan Troponin T

Metode : Enzym immunoassay (kwalitatif)
Prinsip : Menggunakan 2 monoklonal antibody spesifik yang berlabel emas dan biotin yang akan membentuk kompleks sandwich dengan CTnT dalam sampel dan menghasilkan warna merah pada garis tes dan garis kontrol.

Alat dan Bahan : Trop T Rapid Test

Cara Kerja Pemeriksaan Troponin T

Lepaskan disposible test Trop T dari sampulnya kemudian letakkan pada tempat datar.
Gunakan pipet syringe untuk mengisap sampel hingga tanda 150 uL.
Teteskan sampel pada disposible test Trop T. 
Bacalah hasil 15 menit kemudian.

Nilai Rujukkan Troponin T

  • < 0,1 ng/dL

Interpretasi Hasil Pemeriksaan Troponin T

  • Negatif : bila terbentuk hanya 1 garis (garis kontrol) (>0,1 ug/L)
  • Positif : bila terbentuk 2 garis (garis kontrol dan garis tes) (<0,10 ug)

Sumber : 
  1. Hardjoeno, dkk. 2003. Interpretasi Hasil Tes Laboratorium Diagnostik. Lephas : Makassar.
  2. Medilineplus. 2019. Troponin Test. [Online]. Tersedia ; https://medlineplus.gov/ency/article/007452.htm. (20 Mei 2019)
  3. Labtestonline. 2019. Troponin. [Online]. Tersedia ; https://labtestsonline.org/tests/troponin. (20 Mei 2019)
Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.