Tes Lactate dehydrogenase (LD atau LDH) Pada Infark Miokard Akut (IMA)

Lactate dehydrogenase (LD atau LDH) adalah enzim yang terlibat dalam produksi energi yang ditemukan di hampir semua sel tubuh, dengan kadar paling tinggi ditemukan di berbagai sel  yang terdapat pada jantung, hati, otot, ginjal, paru-paru, dan dalam sel darah; Bakteri juga menghasilkan lactate dehydrogenase. Tes ini bertujuan mengukur kadar lactate dehydrogenase dalam darah atau kadar yang terkadang dalam cairan tubuh lainnya.
Tes Lactate dehydrogenase (LD atau LDH)

Hanya sejumlah kecil lactate dehydrogenase yang biasanya terdeteksi dalam bagian cairan darah (serum atau plasma). Lactate dehydrogenase dilepaskan dari sel ke dalam serum saat sel rusak atau hancur. Dengan demikian, tingkat lactate dehydrogenase dalam darah merupakan penanda non-spesifik untuk adanya kerusakan jaringan pada suatu tempat yang ada di dalam tubuh. Dengan kata lain, pemeriskaan ini tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi penyebab atau lokasi kerusakan seluler. Namun, ini dapat digunakan, bersamaan dengan tes darah lainnya, untuk membantu mengevaluasi dan / atau memantau kondisi yang menyebabkan kerusakan jaringan, seperti penyakit hati atau darah atau kanker.

Manfaat Pemeriksaan Lactate dehydrogenase

Lactate dehydrogenase ditemukan di seluruh sel tubuh dan ada dalam 5 bentuk molekul (isoenzim). Perubahan isoenzim LD (LD1/LD2 flip) mengindikasikan adanya Infark Miokard Akut, dan mencapai puncaknya setelah CK dan CK-MB. Interval LD1 dan LD2 (anodal fraction) dikaitkan dengan jantung dan RBC. Normalnya LD2 lebih besar dari LD1. Pada kerusakan miokardial seperti Infark Miokard Akut, dan juga pada keadaan anemia hemolitik dan megaloblastik akan terjadi flip atau inversi LD1:LD2 (kadar LD1 menjadi lebih besar dari LD2).

Pemeriksaan Lactate dehydrogenase (Pre Analitik, Analitik dan Pasca Analitik)

Persiapan pasien : Tidak ada persiapan khusus.

Persiapan sampel : Serum, plasma heparin atau plasma EDTA. LDH dalam serum stabil selama 2 hari pada suhu 4C.

Prinsip Pemeriksaan Lactate dehydrogenase

Metode : Kinetik UV.
Prinsip : Piruvat+ NADH +H+ ---->(LDH) L-Laktat+NADv

Alat dan Bahan 
Alat : Cara automatik 
               - Rak dan tabung mikro, pipet volumetrik, instrumen Cobas Mira.
          Cara semiautomatik :
               - Rak dan tabung reaksi, pipet volumetrik, instrumen fotometer 4020.
Bahan : 
1. Fosfat buffer (pH 7,5): 50 mmol /L; Piruvat:0,6 mmol/L.
2. NADH: 0,18 mmol/L.

Larutan Kerja : Larutkan 1 tablet reagen dari botol 2 kedalam satu botol 1. Biarkan mencapai suhu pemeriksaan sebelum digunakan. Larutan stabil selama 24 jam (2-8C) atau 5 jam (5-25C).

Cara Kerja Pemeriksaan Lactate dehydrogenase (LDH)

Cara automatik :
  1. Masukkan sampel ke dalam tabung mikro dan letakkan pada raknya sesuai nomor pemeriksaann.
  2. Tempatkan reagen pada raknya sesuai program LDH.
  3. Masukkan nomor identitas pasien dan program pemeriksaan.
  4. Pengukuran akan dilakukan secara otomatis.
  5. Hasil tes akan keluar pada print out.

Cara semiautomatik :
  1. Program fotometer : panjang gelombang 340 nm, suhu 30C.
  2. Isi tabung 1 (reagen blank) dengan larutan kerja 1000 ul. Tabung 2 isi larutan kerja 1000 ul dan sampel 20 ul, campur dengan baik.
  3. Lakukan pembacaan konsentrasi LDH pada fotometer 4020 system Boehringer Mannheim


Nilai Rujukkan Lactate dehydrogenase (LDH)

  • Dewasa : 120 - 240 u/l (25C)

Interpretasi Hasil Pemeriksaan Lactate dehydrogenase (LDH)

Peningkatan LDH pada infark miokard akut (IMA) dapat mencapai 3-5 kali nilai rujukkan.

Sumber : 
  1. Hardjoeno, dkk. 2003. Interpretasi Hasil Tes Laboratorium Diagnostik. Lephas : Makassar.
  2. Labtest Online. 2019. Lactate dehydrogenase (LD). [Online] Tersedia : https://labtestsonline.org/tests/lactate-dehydrogenase-ld. (20 mei 2019). 
  3. Prodia Lab. 2019. LDH. [Online]. Tersedia : http://www.prodia.co.id/id/produklayanan/pemeriksaanlaboratoriumdetails/ldh?Abjad=L. (20 Mei 2019).
Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.