Pemeriksaan Retikulosit Metode Supravital

Pemeriksaan Retikulosit Metode Supravital. Retikulosit merupakan eritrosit muda yang sitoplasmanya masih terdapat sebagian besar dari sisa-sisa ribosome dan RNA yang berasal dari sisa inti dari bentuk penuh sebelumnya. Ribosome sendiri mempunyai kemampuan dalam bereaksi dengan pewarna tertentu seperti Brilliant Cresyl Blue atau New Methylene Blue untuk membentuk endapan granula atau filamen yang berwarna biru. Hasil dari reaksi ini hanya terjadi pada pewarnaan terhadap sel yang masih hidup dan tidak difiksasi. Oleh karena itu pewarnaan ini disebut dengan pewarnaan supravital. Ribosom banyak ditemukan pada retikulosit muda atau imatur, sedangkan retikulosit tertua hanya memiliki beberapa titik ribosome.

Pemeriksaan Retikulosit,pemeriksaan retikulosit pdf,pemeriksaan retikulosit metode bcb,pemeriksaan retikulosit untuk,pemeriksaan retikulosit cara basah,pemeriksaan retikulosit menilai,pemeriksaan retikulosit metode manual,pemeriksaan retikulosit manual,pemeriksaan retikulosit cara kering,pemeriksaan retikulosit count,tujuan pemeriksaan retikulosit,laporan pemeriksaan retikulosit,jurnal pemeriksaan retikulosit pdf,metode pemeriksaan retikulosit,prosedur pemeriksaan retikulosit,pembahasan pemeriksaan retikulosit,pemeriksaan lab retikulosit,sop pemeriksaan retikulosit,manfaat pemeriksaan retikulosit,sampel pemeriksaan retikulosit,hasil pemeriksaan retikulosit,pemeriksaan retikulosit adalah,pemeriksaan retikulosit untuk apa,pemeriksaan lab retikulosit adalah,cara pemeriksaan retikulosit,dasar teori pemeriksaan retikulosit cara kering,fungsi pemeriksaan retikulosit,guna pemeriksaan retikulosit,pemeriksaan hitung retikulosit,laporan pemeriksaan hitung retikulosit,prinsip pemeriksaan hitung retikulosit,laporan praktikum pemeriksaan hitung retikulosit,indikasi pemeriksaan retikulosit,pemeriksaan jumlah retikulosit,pemeriksaan hitung jumlah retikulosit,jurnal pemeriksaan retikulosit,kegunaan pemeriksaan retikulosit,pemeriksaan laboratorium retikulosit,pemeriksaan retikulosit metode basah,makalah pemeriksaan retikulosit,stabilitas pemeriksaan hitung retikulosit metode supravital,stabilitas pemeriksaan retikulosit metode supravital,prinsip pemeriksaan retikulosit,pengertian pemeriksaan retikulosit,praktikum pemeriksaan retikulosit,pemeriksaan retikulosit sediaan basah
Pemeriksaan Retikulosit Manual

Pemeriksaan Retikulosit Metode Supravital

Pemeriksaan hitung jumlah retikulosit adalah pemeriksaan untuk menentukan jumlah retikulosit dalam darah. Pemeriksaan jumlah retikulosit yang rutin dilakukan di laboratorium yaitu menggunakan secara manual menggunakan apusan darah atau menggunakan alat otomatis. Pemeriksaan jumlah retikulosit menggunakan apusan darah dilakukan dengan pewarnaan supravital dan dinyatakan dalam satuan persen (%) atau permil (%o). (Nugraha, G & Badrawi, I,2018 56-57)

Dalam buku Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik, yang ditulis oleh Gilang Nugraha, pemeriksaan Retikulosit secara manual ini dapat dilakukan oleh dua cara yaitu cara basah dan cara kering. Namun, pada artikel ini akan kami tuliskan satu metode pemeriksaan Retikulosit cara kering saja. 

Pemeriksaan Retikulosit Cara Kering

  1. Masukan 3 tetes zat warna supravital kedalam tabung serologi
  2. Tambahkan 3 tetes darah ke dalam tabung berisi zat warna tersebut
  3. Kocok hingga kedua campuran tersebut homogen
  4. Pipet dan teteskan sebanyak 1 tetes dalam kaca objek
  5. Buat sediaan apus dan biarkan kering di udara
  6. Periksa sediaan dibawah mikroskop dengan pembesaran 100 kali
  7. Pilih area dimana ertirosit tersebar merata, hitung jumlah retikulosit dalam 1000 eritrosit
  8. Tentukan hasilnya dengan menggunakan perhitungan berikut :

Hitung Retikulosit = Jumlah Retikulosit/Jumlaheritrosit x 100
Sumber : 
  1. Nugraha, G & Badrawi, I. 2018. Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik. Trans Info Media : Jakarta
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
Baca juga :

  1. Thalassemia dan Penyebarannya di Indonesia
  2. Pemeriksaan Hemoglobin Metode Sahli
  3. Reagen untuk Pemeriksaan Hematologi dan Cara Pembuatanya
  4. Pemeriksaan Trombosit Metode Direct Counting
  5. Pemeriksaan Leukosit Metode Bilik Hitung
  6. Pemeriksaan Retikulosit Dengan Alat Sysmex XT-2000i

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.