Pemeriksaan Retikulosit Dengan Alat Sysmex XT-2000i

Pemeriksaan Retikulosit Dengan Alat Sysmex XT-2000i. Retikulosit adalah sel yang belum matang dari seri eritroid tidak berinti yang dapat dilihat dengan pewarnaan supravital. Pewarnaan supravital yang dapat digunakan adalah larutan Brilliant Cresyl Blue, New Methylene Blue, Azure B, Acridine orange untuk metoda visual dan zat warna fluorokrom seperti Thiazole orange, Auramine O, Oxazine dan Polymethene yang bisa digunakan pada metode otomatik. Kekurangan pemeriksaan hitung retikulosit dengan cara manual adalah dalam pengerjaannya terlalu rumit, perlu ketelitian dan ketepatan dalam pengujiannya.
Pemeriksaan Retikulosit,pemeriksaan retikulosit pdf,pemeriksaan retikulosit metode bcb,pemeriksaan retikulosit untuk,pemeriksaan retikulosit cara basah,pemeriksaan retikulosit menilai,pemeriksaan retikulosit metode manual,pemeriksaan retikulosit manual,pemeriksaan retikulosit cara kering,pemeriksaan retikulosit count,tujuan pemeriksaan retikulosit,laporan pemeriksaan retikulosit,jurnal pemeriksaan retikulosit pdf,metode pemeriksaan retikulosit,prosedur pemeriksaan retikulosit,pembahasan pemeriksaan retikulosit,pemeriksaan lab retikulosit,sop pemeriksaan retikulosit,manfaat pemeriksaan retikulosit,sampel pemeriksaan retikulosit,hasil pemeriksaan retikulosit,pemeriksaan retikulosit adalah,pemeriksaan retikulosit untuk apa,pemeriksaan lab retikulosit adalah,cara pemeriksaan retikulosit,dasar teori pemeriksaan retikulosit cara kering,fungsi pemeriksaan retikulosit,guna pemeriksaan retikulosit,pemeriksaan hitung retikulosit,laporan pemeriksaan hitung retikulosit,prinsip pemeriksaan hitung retikulosit,laporan praktikum pemeriksaan hitung retikulosit,indikasi pemeriksaan retikulosit,pemeriksaan jumlah retikulosit,pemeriksaan hitung jumlah retikulosit,jurnal pemeriksaan retikulosit,kegunaan pemeriksaan retikulosit,pemeriksaan laboratorium retikulosit,pemeriksaan retikulosit metode basah,makalah pemeriksaan retikulosit,stabilitas pemeriksaan hitung retikulosit metode supravital,stabilitas pemeriksaan retikulosit metode supravital,prinsip pemeriksaan retikulosit,pengertian pemeriksaan retikulosit,praktikum pemeriksaan retikulosit,pemeriksaan retikulosit sediaan basah
Pemeriksaan Retikulosit

Pemeriksaan Retikulosit Automatis dengan Alat Sysmex XT-2000i

Di Laboratorium tertentu yang sudah menggunakan hematology analyzer khusunya Heamatology Analyzer dengan merk dagang Sysmex XT-2000i sudah dapat menghitung jumlah sel retikulosit. Penghitungan dilakukan dengan metode otomatik menggunakan fluorescence polimetin yang dibaca dengan alat Sysmex XT-2000i. 

Pada prinsipnya, perhitungan retikulosit dengan cara otomatik ini menggunakan darah lengkap dengan anti-koagulan K3EDTA yang kemudian darah akan dicampur dengan zat warna polimetin yang dilalui oleh sinar laser sehingga terjadi fluoresensi yang dapat ditangkap oleh optical detector blocked. Berdasarkan intensitas cahaya flourescence yang ditimbulkan, retikulosit dibedakan menjadi retikulosit dengan Low Fluorescence Ratio (LFR), Middle Fluorescence Ratio (MFR) dan High Fluorescence Ratio (HFR). Penjumlahan dari HFR dan LFR retikulosit dilaporkan sebagai Immature Retikulocyte Ratio

Dengan alat tersebut, retikulosit dapat dilaporkan secara relatif dalam satuan persen (%) atau secara absolut dalam mikroliter (µL).

Nilai rujukan hitung retikulosit pada orang Indonesia dewasa, 120 pria dan 120 wanita, berusia 20 – 50 tahun klinis sehat dengan data pemeriksaan hematologi dan kreatinin normal menggunakan Sysmex XT-2000i didapatkan hasil seperti dibawah ini :
Parameter                                                     Nilai Rujukan
Hitung Retikulosit Relative (HRR)               0.5 – 2.0%
Immature Retikulocyte Fraction (IRF)         1.4 – 14.6%
Low Fluorescence Reticulocyte (LFR)         85.4 – 98.6%
Middle Fluorescence Reticulocyte (MFR)   1.3 – 12.0%
High Fluorescence Reticulocyte (HFR)        0 – 3.1%
Hitung Retikulosit Absolut (HRA) pria        24,000 – 110,000/µL
Hitung Retikulosit Absolut (HRA) wanita   24,000 – 95,000/µL

Pada keadaan patologik, hitung retikulosit absolut meningkat pada anemia hemolitik, anemia pasca perdarahan dan anemia yang berhasil dalam pengobatan. Pada anemia hemolitik, hitung retikulosit absolut dapat meningkat sampai 10x batas nilai rujukan dan disertai peningkatan nilai HFR yang tinggi. Dijumpai korelasi yang terbalik antara nilai hitung retikulosit absolut dengan kadar hemoglobin, makin tinggi nilai hitung retikulosit makin rendah kadar hemoglobin. Selain itu, hitung retikulosit absolut dapat meningkat pada polisitemia vera. Sebaliknya pada anemia hipogeneratif seperti anemia aplastik, uremia, hitung retikulosit absolut dan IRF akan menurun karena aktifitas eritropoisis tertekan.

Sumber : 
  • Wirawan R. 2006. Uji Ketelitian, Ketepatan dan Nilai Rujukan Parameter Retikulosit Orang Indonesia Dewasa di Jakarta Menggunakan Alat Hitung Sel Darah Otomatik Sysmex XT-2000i. Balai Penerbit FKUI. 1st ed. Agustus 2006. Page 1 – 31.
PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com.
Baca juga :

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.