Jenis Dan Fungsi Leukosit Pada Tubuh

Leukosit merupakan sel dalam darah, dimana nama lainnya adalah Sel Darah Putih (White Blood Cell) yang bekerja sebagai sistem pertahanan daripada tubuh kita atau sebagai sistem imun.

fungsi leukosit,fungsi leukosit brainly,fungsi leukosit eritrosit dan trombosit,fungsi leukosit terdapat pada nomor,fungsi leukosit ditunjukkan oleh angka,fungsi leukosit dalam melindungi tubuh,fungsi leukosit pdf,fungsi leukosit dalam darah,fungsi leukosit granulosit,fungsi leukosit ditunjukkan dengan nomor,fungsi leukosit basofil,fungsi leukosit pada jaringan ikat,fungsi leukosit polimorfonuklear,fungsi leukosit dan plasma darah,fungsi leukosit esterase,fungsi leukosit pada peradangan,fungsi leukosit menghancurkan antigen,fungsi leukosit darah,fungsi leukosit agranulosit,fungsi leukosit eosinofil,fungsi leukosit pada ikan,fungsi leukosit adalah,fungsi leukosit apa saja,fungsi leukosit apa,fungsi leukosit adalah brainly,leukosit fungsinya adalah,fungsi dari leukosit adalah,fungsi sel darah putih atau leukosit,fungsi utama leukosit adalah,yang merupakan fungsi leukosit adalah,fungsi leukosit granulosit dan agranulosit,apakah fungsi leukosit,apa fungsi leukosit dan trombosit,fungsi leukosit ditunjukan oleh angka,apa fungsi leukosit dalam melindungi tubuh,apa fungsi leukosit trombosit,fungsi leukosit bagi tubuh,fungsi dan bentuk leukosit,bagaimana fungsi leukosit sebagai proteksi,fungsi leukosit pada bayi,fungsi cek leukosit,fungsi leukosit dan ciri cirinya,fungsi dan ciri leukosit,fungsi leukosit dalam tubuh,fungsi leukosit dan trombosit,leukosit fungsi dan ciri,fungsi lekosit dan trombosit,perbedaan fungsi leukosit dan trombosit,fungsi eritrosit leukosit dan trombosit pdf,fungsi sel leukosit dalam sistem imun,apa fungsi dari leukosit,fungsi eritrosit leukosit trombosit plasma darah,fungsi eritrosit leukosit trombosit pdf,fungsi eritrosit leukosit plasma darah,perbedaan fungsi eritrosit leukosit dan trombosit,apa fungsi eritrosit leukosit trombosit,perbedaan fungsi eritrosit leukosit trombosit,ciri dan fungsi eritrosit leukosit trombosit,fungsi sel darah eritrosit leukosit trombosit,struktur dan fungsi eritrosit leukosit trombosit,fungsi fungsi leukosit,fungsi dan gambar leukosit,fungsi hb leukosit trombosit,fungsi hitung leukosit,fungsi leukosit pada hewan,fungsi leukosit pada rongga hidung,fungsi leukosit jurnal,fungsi jenis leukosit,fungsi hitung jenis leukosit,fungsi dan jenis leukosit,fungsi dari jenis leukosit,fungsi hitung jumlah leukosit,jelaskan fungsi leukosit dalam melindungi tubuh,jelaskan fungsi leukosit,fungsi masing masing jenis leukosit,fungsi pemeriksaan hitung jenis leukosit,fungsi pemeriksaan hitung jumlah leukosit,fungsi bentuk ukuran jumlah leukosit,jelaskan fungsi leukosit dan eritrosit,fungsi khusus leukosit,fungsi eritrosit leukosit dan keping darah,fungsi leukosit limfosit,fungsi lain leukosit,fungsi leukosit pada manusia,fungsi sel darah merah leukosit trombosit,menyebutkan fungsi leukosit
Ilustrasi Pemeriksaan Leukosit

Sel darah putih dapat melacak keberadaan mikroorganisme atau molekul asing dan melawannya. Mikroorganisme atau molekul asing ini merupakan biasanya dapat menyebabkan berbagai penyakit atau infeksi, seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. 

Jenis lekusot ini ada 5 jenis sel leukosit, dimana diantaranya ada yang langsung bekerja membunuh kuman penyakit sampai tuntas, selain itu juga ada beberapa yang menghasilkan senjata dalam bentuk antibodi untuk melindungi tubuh. Sel darah putih juga ada yang memiliki fungsi sebatas memberi sinyal kepada  sel leukosit “penyerang” lainnya, bahwa telah terjadi penyakit pada organ tubuh.

Jenis-Jenis Leukosit (Sel Darah Putih) dan Fungsinya 

Leukosit memiliki beberapa jenis dan tugas spesifik berdasarkan kemampuan masing-masing dan jenis molekul asing yang dilawan. Lima komponen sel darah putih ini disebut neutrofil, basofil, eosinofil, monosit, dan limfosit.

1. Neutrofil

Jumlah sel darah putih yang dominan dan beredar didalam darah normalnya adalah sel neutrofil. Neutrofil merupakan sel pertama dari sistem imunitas tubuh yang akan merespons dengan cara menyerang bakteri atau virus.

Sebagai pelindung utama, neutrofil bahkan mengirimkan sinyal untuk memperingati sel-sel lain dalam sistem imunitas tubuh kita dalam merespon bakteri atau virus tersebut. Neutrofil pada umumnya terdapat pada nanah yang keluar dari infeksi atau luka yang terjadi pada tubuh Anda.

Sel darah putih bentuk netrofil akan keluar setelah dilepaskan oleh sumsum tulang, dan bertahan di tubuh kuranglebih sekitar 8 jam. Produksi yang dihasilkan oleh tubuh sekitar 100 miliar sel neutrofil tiap harinya.

2. Eosinofil

Eosinofil adalah bagian dari jenis leukosit yang berfungsi melawan berbagai jenis bakteri dan infeksi parasit (seperti cacing) yang masuk kedalam tubuh. Selain itu, eosinofil juga bekerja ketika seseorang mengalami reaksi alergi. Ketika jumlah eosinofil didalam tubuh berlebihan, pada umumnya merupakan hasil dari respon imun terhadap zat penyebab alergi.  

Jumlah eosinofil dalam tubuh hanya sekitar 3 persen dari jumlah keseluruhan sel darah putih dalam aliran darah Anda, namun jumlahnya akan lebih tinggi pada sistem pencernaan Anda.

3. Basofil

Basofil adalah bentuk sel darah putih lainnya yang memiliki jumlah sekitar 1 persen didalam tubuh Anda. Fungsi dari basofil yaitu meningkatkan respons imun non-spesifik terhadap patogen. Basofil juga merupakan sel yang paling dikenal karena ketika jumlahnya berlebihan merupakan indiksi adanya asma.

Ketika disekitar Anda terdapat pemicu asma, seperti debu, sel basofil akan melepaskan sebuah zat bernama histamin. Sel basofil inilah yang dapat menyebabkan peradangan dan bronkokonstriksi di saluran pernapasan Anda.

4. Limfosit (limfosit B dan limfosit T)

Limfosit adalah sel darah putih yang memiliki peranan sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Jenis limfosit seperti limfosit T bertanggung jawab untuk  membunuh berbagai bakteri dan virus secara langsung. Sedangkan jenis limfosit lain seperti limfosit B berfungsi membentuk antibodi untuk melawan antigen.

5. Monosit

Monosit adalah sel darah putih memiliki peranan 'istimewa' yaitu sebagai truk pengangkut sampah. Sel monosit didalam tubuh jumlahnya berkisar 5 persen dari keseluruhan sel darah putih. Fungsi 'istimewa' sebagai truk sampah ini maksudnya adalah sel monosit dapat berpindah ke berbagai jaringan dalam tubuh dan membersihkan sel-sel mati yang ada di dalamnya.

PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com.
Baca juga :

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.