Apa Itu Gula Darah : Berapa Kadar Gula Darah Rendah dan Gula Darah Tinggi Pada Tubuh

Gula Darah dalam ilmu kedokteran medis adalah istilah yang mengacu kepada kadar glukosa yang ada di dalam darah. Konsentrasi gula darah, atau bisa disebut juga tingkat glukosa pada serum, kadarnya diatur sangat ketat di dalam tubuh. Kadar glukosa akan dialirkan melalui pembuluh darah, dimana glukosa merupakan sumber utama energi untuk sel-sel tubuh.
Glukosa darah,glukosa darah sewaktu,glukosa darah puasa,glukosa darah normal,glukosa darah sewaktu normal,glukosa darah puasa normal,glukosa darah pdf,glukosa darah puasa adalah,glukosa darah puasa terganggu,glukosa darah tinggi,glukosa darah rendah,glukosa darah puasa tinggi,glukosa darah puasa rendah,glukosa darah puasa adalah pdf,glukosa darah normal menurut who,glukosa darah adalah,glukosa darah adalah pdf,gula darah adalah,gula darah acak normal,gula darah acak,gula darah adalah pdf,gula darah asam urat kolesterol normal,gula darah anak normal,gula darah apakah sama dengan diabetes,gula darah adalah penyakit,glukosa darah sewaktu adalah,glukosa darah bayi normal,gula darah bahasa inggrisnya apa,gula darah bayi baru lahir,gula darah bayi normal,gula darah bayi baru lahir rendah,gula darah bangun tidur,gula darah bahasa inggris,gula darah bayi,gula darah batas normal,gula darah bisa disembuhkan,gula darah basal adalah,gula darah bisa sembuh,gula darah bayi baru lahir normal,gula darah bisa sembuh total,gula darah bayi tinggi,gula darah batas,gula darah bahaya,glukosa dalam darah berasal dari,gula darah check,gula darah ciri ciri,gula darah cara menurunkan,gula darah.com,cara menurunkan gula darah,glukosa dalam darah,gula darah dalam,gula dalam darah normal,gula dalam darah tinggi,gula dalam darah rendah,gula dalam darah yang normal,gula dalam darah kurang,gula darah drop,gula darah diabetes,gula darah diatas 200,gula darah diatas 300,gula darah diatas 400,gula darah diatas 500,gula darah dan kolesterol normal,gula darah dewasa normal,gula darah english,pemeriksaan glukosa darah metode enzimatik,pemeriksaan glukosa darah metode end point,ebook glukosa darah,gula darah fluktuatif,fungsi glukosa darah,pemeriksaan glukosa darah dengan fotometer,pemeriksaan glukosa darah menggunakan fotometer,fungsi glukosa darah dalam tubuh,fisiologi glukosa darah,faktor glukosa darah,pemeriksaan glukosa darah metode fotometer,gula darah gejala,gula darah gejala rendah,pemeriksaan glukosa darah metode god-pap pdf,pemeriksaan glukosa darah metode god-pap,glukosa darah,glukosa darah 2 jam pp adalah,glukosa darah postprandial adalah,glukosa darah puasa terganggu adalah,glukosa darah puasa pdf,glukosa darah jurnal,glukosa darah itu apa,gula darah hamil,gula darah hba1c,gula darah hi,glukosa darah ikan,gula darah ibu hamil,gula darah itu apa,gula darah ibu hamil normal,gula darah jurnal,gula darah jahat,gula darah jelaskan,glukosa darah 2 jam pp,glukosa darah 2 jam post prandial adalah,glukosa darah 2 jam post prandial,glukosa darah 2 jam,glukosa darah 2jpp,metabolisme glukosa darah jurnal,glukosa dalam darah jurnal,gula darah keto,gula darah kurva harian,gula darah kering,gula darah kolesterol asam urat normal,gula darah kurang,gula darah kering dan basah,gula darah ketofastosis,gula darah kolesterol asam urat,gula darah kadar,gula darah kolesterol dan
Apa itu Gula Darah

Kadar gula dalam darah akan bertahan pada nilai rentang tertentu setiap harinya, yaitu : 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl). Nilai rentang ini dapat saja meningkat setelah Anda makan, dan biasanya berada pada level terendah pada pagi hari, sebelum seseorang untuk makan.

Penyakit yang ditimbulkan akibat tidak terkontrolnya jumlah kadar Gula dalam Darah biasa disebut dengan Diabetes Mellitus. Kadar gula darah Anda dikatakan lebih dari nilai normal dan dikatakan hiperglikemia jika melebihi angka 200 mg/dL. 

Kondisi ini bisa terjadi ketika tubuh tidak mampu menyediakan insulin yang cukup atau tubuh benar-benar tidak mampu memproduksi insulin, yaitu hormon yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengurai energi. 

Nilai Normal Kadar Gula Darah

Kadar gula darah dalam tubuh dikatakan normal jika berada pada batas nilai yang ditetapkan oleh Persadia (Persatuan Diabetes Indonesia)  dibedakan dengan dua kondisi yaitu Glukosa Puasa dan Tidak Puasa. Batas normal untuk Glukosa puasa  (tidak mendapatkan asupak kalori selama 8-10 jam) adalah 100 mg/dL. Sedangkan untuk Glukosa Sewaktu  batasnya adalah 140 mg/dL. 

Namun, pada beberapa instansi Rumah Sakit dan Laboratorium memiliki ketetapan berbeda-beda. Nilai kadar gula dalam darah bisa di tanyakan kembali kepada petugas laboratorium atau dokter dimana Anda konsultasi kesehatan Anda. 

Penyebab dan Tanda Glukosa Darah Bisa Tinggi 

Penyebab Glukosa darah tinggi, atau Hiperglikemia seperti yang kami kutip dari Alodokter, adalah : 
  • Stres.
  • Mengonsumsi obat-obatan steroid.
  • Sedang menjalani operasi.
  • Sedang terinfeksi penyakit tertentu.

Pada keadaan normal dimana Anda tidak menderita diabetes, bisa saja pada kondisi terntentu Anda akan terkena hiperglikemia, terutama jika Anda sedang menderita penyakit berat.

Tanda-tanda ketika Anda mengalami kadar gula darah terlalu tinggi adalah badan terasa lelah, nafsu makan berlebihan, bobot tubuh cepat menyusut, sering merasa haus, dan sering buang air kecil.

Jika kadar gula dalam darah Anda melebihi kadar 350 mg/dL, ada beberapa gejala yang akan Anda rasakan seperti perasaan mudah gelisah, tingkat kesadaran menurun, merasa sangat haus, penglihatan mulai tidak jelas, dan pusing. Selain itu, perubahan juga akan terjadi pada kondisi kulit, seperti memerah, kering, dan terasa panas.

Penyebab dan Tanda Glukosa Darah Bisa Turun

Penyebab glukosa darah turun, atau Hipoglikemik adalah ;
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Mengidap penyakit kritis tertentu, seperti hepatitis, anoreksia nervosa, atau tumor langka pada pankreas.
  • Kekurangan hormon tertentu.
  • Mengonsumsi obat anti-diabetes milik orang lain atau obat seperti quinine.

Glukosa dalam darah akan turun atau rendah jika kadar gula darah Anda kurang dari 70 mg/dL. Kondisi ini juga sering terjadi pada penderita diabetes. Disebabkan karena efek samping dari obat-obatan yang digunakan untuk mengobati diabetes bisa menurunkan kadar gula darah secara berlebihan.

Berikut ini dampak yang akan terjadi ketika kadar gula darah Anda terlalu rendah (di bawah 40 mg/dL), antara lain:
  • Bicara yang melantur.
  • Sulit untuk berkonsentrasi.
  • Tidak mampu berdiri atau berjalan.
  • Otot berkedut.
  • Kejang.
  • Stroke.
  • Koma.
  • Meninggal.

Untuk mengetahui berapa kadar gula darah Anda, yang dapat Anda lakukan adalah dengen cek langsung kadar gula darah Anda ke sebuah Laboratorium Klinik terdekat, atau Rumah Sakit terdekat. Jangan panik ketika kadar dalam darah Anda tinggi, segera konsultasikan kepada dokter spesialis dalam untuk mendapatkan perawatan rutin dan saran untuk mencegah adanya beberapa komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes ini. 
PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com.
Baca juga :

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.