Tes Rumpel leede

Teknik pemeriksaan pada tes Rumpel leede adalah dengan memberikan sejumlah tekanan berdasarkan hasil tekanan darah sistolik dan diastolik pasien. Tekanan diberikan selama beberapa menit, kemudian diamati apakah timbul petekie pada area pemeriksaan. Tes Rumpel Leede utamanya digunakan dalam skrining awal infeksi dengue, namun juga bisa ditemukan positif pada trombositopenia, Rocky Mountain spotted fever, meningococcemia, disseminated intravascular coagulation, immune thrombocytopenic purpura, embolisme lemak, dan sindroma Cushing. (Alomedika)


Tes Rumpel leede


Pra Analitik Tes Rumpel leede

1. Persiapan pasien: tidak memerlukan persiapan khusus

2. Prinsip: Terhadap kapiler diciptakan suasana anoksia dengan jalan membendung alir¬an darah vena. Terhadap anoksia dan penambahan tekanan internal akan terlihat kemampuan kapiler bertahan . Jika ketahanan kapiler turun akan tim¬bul "' Petechiae "' di kulit.

3. Alat dan bahan:

    - Tensimeter dan Stetoskop

    - Timer

    - Spidol



Analitik Tes Rumpel leede

Cara Kerja
  1. Pasang manset tensimeter pada lengan atas. Carilah tekanan sistolik (TS) dan tekanan diastolik (TD).
  2. Buat lingkaran pada bagian volar lengan bawah : Radius 3 cm, Titik pusat terletak 2 cm di bawah garis lipatan siku.
  3. Pasang lagi tensimeter dan buatlah tekanan sebesar 1/2 X (TS+TD) pertahankan tekanan ini selama 5 menit.
  4. Longgarkan manset lalu perhatikan ada tidaknya petechieae da¬lam lingkaran yang telah dibuat


Pasca Analitik Tes Rumpel leede

Nilai Rujukan :
                         < 10 : Normal ( Negatif)
10   20 : Dubia ( Ragu – ragu )
> 201 : Abnormal ( Positif )

Tes Rumple Leede merupakan tes yang sederhana untuk melihat gangguan pada vaskuler maupun trombosit. Tes Rumple Leede akan positif bila ada gangguan pada vaskuler maupun trombosit. 


Sumber : Anonim. 2009. Penuntun Praktikum Hematologi. UNHAS : Makassar 

PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com.

Baca juga :

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments