-->
Menu

Pemeriksaan Clotting Time (Waktu Pembekuan) Metode Lee-White

Friday, September 3, 2021

Tes masa masa pembekuan menurut Lee-White merupakan tes yang paling tua yang paling dan kurang ketelitiannya. Tes ini mengukur waktu yang diperlukan oleh darah lengkap untuk membeku di dalam tabung.


https://www.infolabmed.com/2021/09/pemeriksaan-bleeding-time-waktu-perdarahan-metode-duke-dan-ivy.html


Metode Lee-White menggunakan 4 tabung masing-masing terisi 1 ml darah lengkap, di inkubasi dalam suhu 370C. Tabung perlahan-lahan dimiringkan setiap 30 detik supaya darah bersentuhan dengan dinding tabung sekaligus melihat sudah terjadinya pembekuan. Darah normal membeku 4-10 menit dalam suhu 370C.

Defisiensi faktor pembekuan dari ringan sampai sedang belum dapat dideteksi dengan metode ini, defisiensi faktor pembekuan yang berat baru dapat.dideteksi. Heparin memperpanjang masa pembekuan sehingga dapat digunakan untuk memantau terapi dengan heparin..


Pra Analitik Pemeriksaan Clotting Time (Waktu Pembekuan) Metode Lee-White

1. Persiapan pasien: tidak memerlukan persiapan khusus

2. Persiapan sampel: darah vena

3. Prinsip: Diambil darah vena dan dimasukkan kedalam tabung kemudian dibiarkan membe¬ku . Selang waktu dari saat pengambilan darah sampai saat darah membeku dicatat sebagai masa pembekuan

4. Alat dan bahan

   - Tabung reaksi 10 X 100 mm = 4 buah

   - Stop watch

   - Water bath



Analitik Pemeriksaan Clotting Time (Waktu Pembekuan) Metode Lee-White

Cara kerja : 
  1. Tempatkan ke 4 tabung reaksi ke dalam water bath (370C)
  2. Ambil darah vena 4 ml, segera jalankan stop watch pada saat darah tampak di dalam jarum . Tuangkan 1 ml kedalam setiap tabung.
  3. Setelah 3 menit mulailah mengamati tabung 1 . Angkat tabung keluar dari water bath dalam posisi tegak lurus, lalu miringkan, perhatikan apakah darah masih bergerak atau tidak (membeku). Lakukan hal ini pada tabung 1 setiap selang waktu 30 detik sampai terlihat darah dalam tabung sudah tidak bergerak ( darah sudah membeku ).
  4. Catat selang waktu dari saat pengambilan darah sampai darah membeku sebagai masa pembekuan.

Rumus : Rata   rata dari tabung 2,3,dan 4, hasil dibulatkan 0,5 menit.
                :  waktu   2+3+4 / 3

Catatan : Nlilai rujukan 4 10 menit (370C). Tes dapat dilakukan tanpa menggunakan water bath, masa pembekuan pada suhu kamar lebih panjang. Disarankan tiap laboratorium untuk membuat nilai rujukan masing   masing. 


Pasca Analitik Pemeriksaan Clotting Time (Waktu Pembekuan) Metode Lee-White

Nilai rujukan : 4 – 10 menit (37oC)


Sumber : Anonim. 2009. Penuntun Praktikum Hematologi. UNHAS : Makassar 

PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com.

Baca juga :
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Protected by Copyscape