-->
Menu

Pitriasis versikolor | Gejala Klinis dan Pemeriksaan

Tuesday, April 6, 2021

Pitriasis versikolor | Gejala Klinis dan Pemeriksaan. Pitriasis versikolor disebabkan oleh Malassezia furfur. Pitriasis versikolor adalah suatu penyakit jamur kulit yang kronik dan asimtomatik serta ditandai dengan bercak putih sampai coklat yang bersisik. 

Pitriasis versikolor Gejala Klinis dan Pemeriksaan



Kelainan ini umumnya menyerang badan dan kadang-kadang terlihat di ketiak, sela paha, tungkai atas, leher, muka, dan kulit kepala. 


Gejala Klinis Pitriasis versikolor

Pada orang kulit berwarna, lesi yang terjadi biasanya tampak sebagai bercak hipopigmentasi, tetapi pada yang berkulit pucat lesi bisa berwarna kecoklatan atau kemerahan. 

Di atas lesi terdapat sisik halus. Bentuk lesi tidak teratur dapat berbatas tegas sampai difus dan ukuran lesi dapat miliar, lentikular, numular sampai plakat. 

Ada dua bentuk yang sering di dapat, yaitu :
  • Bentuk makular, berupa bercak-bercak yang agak lebar dengan skuama halus diatasnya dengan tepi tidak meninggi.
  • Bentuk folikular, (seperti tetesan air) sering timbul di sekitar folikel rambut. 

Pemeriksaan Pitriasis versikolor 

Selain mengenal kelainan yang khas yang disebabkan Malassezia furfur seperti dikemukakan diatas. Oleh karena itu, pitiraisis versikolor harus dibantu dengan pemeriksaan sebagai berikut :

Pemeriksaan langsung Pitriasis versikolor dengan KOH 10%

Bahan-bahan kerokan kulit diambil dengan cara mengerok bagian kulit yang mengalami lesi. Sebelumnya kulit dibersihkan dengan kapas alkohol 70%, lalu dikerok dengan skalpel steril dan hasil kerokan kulit ditampung dalam lempeng-lempeng steril pula. 

Sebagian dari bahan tadi kita periksa langsung dengan KOH 10% yang diberi tinta Parker Biru Hitam. Dipanaskan sebentar, ditutup dengan gelas penutup dan diperiksa dibawah mikroskop. 

Bila penyebabnya memang jamur akan kelihatan garis yang memiliki indeks bias lain dari sekitarnya dan jarak-jarak terntentu dipisahkan oleh sekat-sekat, atau seperti butir-butir yang bersambung seperti kalung. 

Pada pitiriasis versikolor hifa tampak pendek-pendek, lurus atau bengkok disertai banyak butiran kecil yang bergerombol. 

Gambaran spaghetti and meatballs Malassezia pada preparat KOH
Gambar : Gambaran spaghetti and meatballs Malassezia pada preparat KOH.



Pembiakan Pitriasis versikolor 

Organisme penyebab Tinea versikolor belum tentu dapat dibiakan pada media biakan. 

Pemeriksaan dengan sinar Wood dapat memberi perubahan warna pada seluruh daerah lesi sehingga batas lesi lebih mudah dilihat. Daerah yang terkena infeksi akan memperlihatkan fluoresensi warna emas sampai orange. 

Gambaran klinis PV berdasarkan bentuk lesi bentuk perifolikuler
Gambar : Gambaran klinis Pitriasis versikolor berdasarkan bentuk lesi bentuk perifolikuler. 



Sumber : 
Siregar, R.S, 2005. Penyakit Jamur Kulit Edisi 2. EGC : Jakarta.


PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *