-->
Menu

BAKTERIOLOGI KLINIS | Ciri Umum Bakteri

Friday, August 21, 2020

BAKTERIOLOGI KLINIS | Ciri Umum Bakteri. Bakteri terdiri dari kelompok mikroorganisme bersel tunggal yang besar dan beragam. Mereka biasanya berkembang biak dengan fission, suatu proses di mana tubuh induk membelah menjadi dua sel independen yang identik. Bakteri adalah organisme tunggal. Ketika banyak bakteri tumbuh dari satu organisme, mereka membentuk koloni.

BAKTERIOLOGI KLINIS Ciri Umum Bakteri


Morfologi Bakteri

Bakteri dapat dibagi menjadi tiga kelompok umum berdasarkan morfologi, atau bentuknya. Ketiga jenis tersebut adalah kokus (bulat), basil (batang), dan bakteri spiral. Jenis cocci tertentu terjadi berpasangan dan disebut diplococci. Beberapa basil berserabut, yang berarti mereka membentuk pola bercabang banyak sel.

Tiga jenis morfologi bakteri: (A) cocci; (B) basil; dan (C) spiral. Bakteri yang ditunjukkan di A dan B diwarnai Gram; C adalah Borrelia burgdorferi yang dilihat menggunakan mikroskop medan gelap
Gambar : Tiga jenis morfologi bakteri: (A) cocci; (B) basil; dan (C) spiral. Bakteri yang ditunjukkan di A dan B diwarnai Gram; C adalah Borrelia burgdorferi yang dilihat menggunakan mikroskop medan gelap. 

Reaksi Pewarnaan Gram

Pewarnaan Gram adalah prosedur yang menodai bakteri secara berbeda menurut komposisi dinding selnya. Pewarnaan Gram dilakukan pada apusan bakteri dengan mengaplikasikan kristal violet, yodium Gram, penghilang warna, dan safranin counterstain. Bakteri yang mempertahankan kristal violet dan tampak biru-ungu disebut gram positif. Bakteri yang tidak mempertahankan kristal violet dan noda merah muda-merah dengan safranin disebut gram negatif.

Persyaratan Pertumbuhan

Media adalah zat yang digunakan untuk memberikan nutrisi bagi mikroorganisme yang sedang tumbuh. Banyak bakteri dapat tumbuh di media umum seperti agar darah. Namun, bakteri lain hanya dapat tumbuh pada media khusus dan disebut bakteri spesifik. Bakteri aerob tumbuh dengan adanya oksigen, dan bakteri anaerob hidup dan berkembang biak tanpa adanya (atau penurunan kadar) oksigen. Pertumbuhan beberapa jenis bakteri ditingkatkan dengan menumbuhkannya di atmosfer 5% hingga 10% karbon dioksida (CO2). Contoh beberapa bakteri penyebab penyakit dan kebutuhan pertumbuhannya ditunjukkan pada Tabel dibawah ini.

Contoh beberapa bakteri penyebab penyakit dan kebutuhan pertumbuhannya
Tabel : Contoh beberapa bakteri penyebab penyakit dan kebutuhan pertumbuhannya
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *