Pemeriksaan Vitamin E (Serum)

Pemeriksaan Vitamin E (Serum). Vitamin E adalah vitamin larut lemak yang banyak terdapat pada syuran berdaun hijau, telur, gandum, minyak, ayam, dan ikan. 

Pemeriksaan vitamin E serum



Defisiensi vitamin E jarang terjadi, kecuali jika terjadi akibat malnutrisi atau malabsorpsi Vitamin E berdosis besar dapat menggangu abosrpsi Vitamin D dan K. 


Vitamin E diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otot, fungsi reproduksi yang adekuat, serta fungsi neruologik.


Tujuan Pemeriksaan Vitamin E

  • Untuk mendeteksi terjadinya defisiensi Vitamin E.
  • Untuk memperbaiki fungsi reproduksi dan neurologik.

Nilai Rujukkan Pemeriksaan Vitamin E

Dewasa : 5-20 ug/ml; 0,5-1,8 mg/dl; 12-42 umol/l (satuan SI)
Anak : 3-15 ug/ml; 0,3-1,0 mg/dl; 7-13 umol/l (satuan SI)


Masalah Klinis Pada Peningkatan dan Penurunan Kadar Vitamin E

PENURUNAN KADAR : Malabsorpsi, malnutrisi, abnormalitas neurologik, hiperagregasi trombosit, absorpsi lemak yang tidak adekuat, alkoholisme, anemia hemolitik, kistik fobrosis. Pengaruh obat: Alkohol, fenitoin, kolestiramin, minyak mineral. 
PENINGKATAN KADAR : Vitamin E berdosis besar, hiperlipidemia. 


Prosedur Persiapan Spesimen Pemeriksaan Vitamin E

  • Tidak terdapat pembatasn asupan makanan atau cairan.
  • Kumpulkan 3 sampai 5 ml darah vena dalam tabung bertertutup merah. Letakkan sampel darah tersebut di dalam kantong kertas untuk melindunginya dari pajanan cahaya. Kirim segera sampel darah tersebut ke laboratorium dalam waktu 2 jam. 

Faktor yang Mempengaruhi Hasil Pemeriksaan Laboratorium Vitamin E

  • Sampel darah terpajan sinar matahari.

Jika telah dilakukan pemeriksaan terkadang pasien meminta penjelasan terkait hasil pemeriksaan Vitamin E.  Anjurkan kepada pasien untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi vitamin E. Jelaskan bahwa vitamin E membantu dalam perkembangan otot, fungsi reproduksi dan fungsi neurologik. Selain itu, mengkonsumsi vitmain E dalam jumlah besar juga tidak dianjurkan. 


Sumber : LeFever Kee, J. 2007. Pedoman Pemeriksaan Laboratorium & Diagnostik. EGC : Jakarta.


PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments