-->
Menu

Manfaat Pemeriksaan dan Berapa Biaya Cek Hb (Hemoglobin) di Puskesmas

Saturday, February 27, 2021

Manfaat Pemeriksaan dan Berapa Biaya Cek Hb (Hemoglobin) di Puskesmas. Hemoglobin merupakan salah satu pemeriksaan yang sering diminta di layanan kesehatan seperti puskesmas. Puskesmas tertentu saat ini sudah memiliki fasilitas penunjang seperti laboratorium klinik, namun tidak semua parameter lainnya tersedia. Biasanya, fasilitas laboratorium di puskesmaspun terbatas dalam menjalankan pemeriksaan laboratorium.  

Manfaat Pemeriksaan dan Berapa Biaya Cek Hb (Hemoglobin) di Puskesmas



Laboratorium Kesehatan di Puskesmas merupakan salah satu bagian pelayanan utama yang menunjang kegiatan pelayanan  kesehatan di setiap Puskesmas. Peranan Laboratorium di Puskesmas saat ini telah menjadi bagian yang cukup diperhitungkan, penegakan diagnosa penyakit telah banyak mensyaratkan untuk didukung dengan data hasil pemeriksaan laboratorium.

Pengelolaan laboratorium kesehatan puskesmas didasarkan pada Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2012. Menurut PMK ini, yang dimaksud dengan Laboratorium Puskesmas adalah sarana pelayanan kesehatan di Puskesmas yang melaksanakan pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebaran penyakit, kondisi kesehatan, atau faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.

Manfaat Pemeriksaan Hemoglobin (HGB) di Puskesmas

Pemeriksaan hemoglobin dapat membantu menentukan diagnosa klinis, penurunan kadar hemoglobin dapat menentukan klinis pasien seperti Anemia (defisiensi zat besi, aplalstik, hemolitik) perdarahan hebat, sirosis hati, leukemia penyakit Hodkin, sarkoidosis, kelebihan cairan IV, kanker (usus besar dan usus halus), kehamilan, serta penyakit ginjal. 

Biaya Pemeriksaan Hemoglobin (Hb) di Puskesmas

Pemeriksaan laboratorium memiliki tarif yang berbeda tergantung kebijakan institusi penyelenggaranya. Sehingga setiap puskesmas di Indonesia akan memiliki tarif yang beragam. Tarif tersebut mengacu kepada peraturan daerah yang mengikat selama beberapa periode, sampai dengan ada perubahan tarif terbaru yang di usulkan dari puskesmas atau fasilitas kesehatan terkait seperti Rumah Sakit daerah dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya seperti laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) dan puskesmas. 

Kami kutip dari laman Kabupaten Banjarnegara, terkait peraturan Bupati Banjarnegara No. 36 tahun 2017. Berdasarkan tahunnya, maka pemeriksaan laboratorium di tingkat puskesmas belum terlalu jauh dengan tulisan ini yang dibuat tahun 2021. Sehingga, tarif atau biaya cek hemoglobin di puskesmas setidaknya akan mewakili dari puskesmas lainnya. 

TARIF PEMERIKSAAN LABORATORIUM PADA UPT DINKES  PUSKESMAS DAN LABKESDA

Pada artikel ini, Kami mengangkat informasi terkait tarif biaya cek Hb (hemoglobin) khususnya yang berada pada fasilitas kesehatan seperti puskesmas, sebagai berikut ; 

  • Hemoglobin Metode Sahli Adam                  Rp. 5.000
  • Hemoglobin Metode Cyamet hemoglobin     Rp. 7.000
  • Hemoglobin Metode Stik                               Rp. 10.000
  • Hematologi Analyzer                                     Rp. 42.000
Berdasarkan jenis tarif atau biaya cek Hemoglobin tersebut diatas, Anda dapat menanyakan terlebih dahulu jenis pemeriksaan hemoglobin (hgb) nya menggunakan metode apa? Tapi, tidak semua orang memahami metode yang baik dalam pemeriksaan hemoglobin tersebut apa, sehingga Anda dapat memperkirakan berapa uang yang harus Anda bawa dengan estimasi biaya tertinggi dalam pemeriksaan hemoglobin menggunakan alat canggih seperti hematologi analyzer. 


Pemeriksaan Penunjang Diagnostik Laboratorium Tingkat Pertama di Puskesmas 

Seperti dikutip dalam laman Dinas Kesehatan Sukoharjo, pemeriksaan penunjang diagnostik pada laboratorium di puskesmas meliputi ; 

Hematologi

Hemoglobin, Hematokrit, Hitung eritrosit, Hitung trombosit, Hitung leukosit, Hitung jenis leukosit, LED, Masa perdarahan, dan Masa Pembekuan

Kimia klinik

Glukosa, Protein, Alnumin, Bilirubin total, Bilirudin direk, SGOT, SGPT, Alkali fosfatase, Asam urat, Ureum/BUN, Kreatinin, Trigliserida, Kolesterol total, Kolesterol HDL dan Kolesterol LDL

Mikrobiologi dan Parasitologi

BTA, Diplococcus gram negatif, Trichomonas vaginalis, Candida albicans, Bacterial vaginosis, Malaria, Microfilaria dan Jamur permukaan.

Imunologi

Tes kehamilan, Golongan darah, Widal, VDRL, HbsAg, Anti Hbs, Anti HIV,dan Antigen/antibody dengue

Urinalisa

Makroskopis (Warna, Kejernihan, Bau, Volume) pH, Berat Jenis, Protein, Glukosa, Bilirubin, Urobilinogen, Keton, Nitrit, Leukosit, Eritrosit, dan Mikroskopik (sedimen)

Tinja

Makroskopik, Darah samar, Mikroskopik


Demikian informasi terkait artikel Manfaat Pemeriksaan dan Berapa Biaya Cek Hb (Hemoglobin) di Puskesmas, semoga artikel ini membantu Anda dan rekan-rekan ATLM yang akan bekerja di fasilitas kesehatan seperti puskesmas. Yang perlu di ingat adalah tidak semua daerah memiliki kebijakan tarif atau biaya cek Hb (hemoglobin) di puskesmas ini sama. 

PENTING Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama media pubhlikasi, kirim e mail ke : laboratorium.medik@gmail.com.
Baca juga :
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *