Menu

Virus Corona Jenis Baru Muncul di Jawa Timur

Saturday, May 9, 2020

Tim peneliti dari laboratorium lembaga penyakit tropis Universitas Airlangga, Jawa timur berhasil mendeteksi dua jenis mutasi baru virus corona yang bermutasi dan berkembang di Jawa Timur.

Ilustrasi. (Foto : Detik)

Mutasi pertama merupakan turunan dari Wuhan Tiongkok, yang bermutasi ke Jepang, India dan masuk ke Indonesia. 

Mutasi kedua dari daratan Eropa, virus ini bermutasi dari Inggris, Jerman, Rep Ceko, dan Italia. 

Diduga virus corona Eropa ini masuk dan berkembang di Jatim dibawa oleh warga yang berkunjug ke daerah tersebut. 

Temuan mutasi ini merupakan hasil penelitian swab pasien yang di rawat di Jawa Timur. 

Mohammad Nasih Rektor Unair Surabaya mengatakan, "Kemudian kita juga sedang mencari virus-virus yang dari daerah lain, seperti dari daerah Indonesia Timur, mungkin dari Makassar, dari Bali. Sehingga kita punya whole genome lebih sempurna dan akurat lagi untuk menggambarkan sebenarnya Indonesia itu seperti apa"

Sampai saat ini tim peneliti belum mengetahui keganasan mutasi virus covid-19 yang berkembang di Jawa timur. Haisl penelitian ini akan dilaporkan ke lemaga penelitian dunia, GSID sehingga dapat dlakukan penelitian lebih lanjut. 

Mutasi Virus Corona Di Amerika Serikat


Para peneliti di Amerika Serikat, menemukan adanya mutasi virus Corona COVID-19 yang diinformasikan memiliki strain yang jauh lebih mematikan dari sebelumnya. Mutasi virus Corona ini telah menyerang Eropa dan Amerika Serikat, bahkan bisa menginfeksi kembali pasien yang telah sembuh.

Mengutip dari Sky News, peneliti di Los Alamos National Laboratory menjelaskan telah mendeteksi 14 mutasi protein pada virus ini, salah satunya dikenal dengan nama Spike D614G. Dalam risetnya menunjukkan bahwa mutasi yang pertama kali teridentifikasi di Eropa ini berbeda dengan yang menyebar di awal pandemi. (Sumber : CNN dan Detik)

Baca juga :


DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *